STEPN: Aplikasi Jalan Kaki Dapat Kripto dengan Move-to-Earn
icon search
icon search

Top Performers

STEPN: Menggabungkan GameFi dalam Gaya Hidup Digital

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

STEPN: Menggabungkan GameFi dalam Gaya Hidup Digital

STEPN: Menggabungkan Game-Fi dalam Gaya Hidup Digital

Daftar Isi

Beberapa tahun terakhir, dunia digital telah mengalami perubahan yang dinamis. Perubahan ini tidak hanya terjadi pada teknologi, tetapi juga pada gaya hidup masyarakat. Meningkatnya minat masyarakat terhadap gaya hidup sehat & ramah lingkungan, menjadi salah satu perubahan yang paling menonjol. Merespon perkembangan tersebut, salah satu proyek Web3 yang memanfaatkan tren ini adalah STEPN. 

 

STEPN adalah aplikasi berbasis blockchain yang cocok bagi penyuka aktivitas gerak badan, karena akan memberikan kompensasi berbentuk token GST dan GMT dengan berolahraga. Dengan aset digital seperti GST dan GMT, pengguna dapat menggunakannya untuk membeli sepatu NFT, sampai dengan ditukarkan dengan mata uang fiat.

 

Apa Itu STEPN? dan Apa yang Membuatnya Unik?

STEPN adalah aplikasi gaya hidup Web3 yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan imbalan dalam bentuk token GST dan GMT dengan kegiatan olahraga seperti  berjalan, berlari, atau bersepeda. Imbalan yang pengguna terima,  dapat digunakan untuk membeli sepatu NFT, memperbarui NFT, atau ditukarkan dengan mata uang fiat.

 

Beberapa fitur unik yang membuat STEPN berbeda dengan aplikasi gaya hidup lainnya, antara lain:

 

Pertama, STEPN menggunakan teknologi blockchain untuk menyimpan data dan imbalan pengguna. Hal ini membuat data pengguna lebih aman dan tentunya transparan.

 

Kedua, STEPN menggunakan elemen GameFi dan SocialFi. Elemen GameFi membuat STEPN lebih menarik dan interaktif bagi pengguna. 

 

Ketiga, elemen SocialFi memberikan layanan bagi pengguna untuk berinteraksi satu sama lain dan membentuk komunitas, contohnya di mana pengguna dapat bergabung dengan komunitas STEPN untuk berbagi tips & pengalaman Olahraga.

 

Konsep Move-to-Earn pada STEPN 

 

STEPN: Menggabungkan Game-Fi dalam Gaya Hidup Digital

 

Konsep Move-to-Earn pada STEPN masih tergolong baru di dunia teknologi, Namun, konsep ini memiliki potensi untuk menjadi tren baru di masa depan. Konsep ini mirip yang digunakan oleh aplikasi CashStep, yang diluncurkan di Google Play Store sejak 21 Mei 2021, di mana pengguna dapat berjalan dan menukarkan jumlah langkah kaki dengan imbalan berupa uang.

 

Dapat dikatakan aplikasi Web3 berbasis blockchain STEPN ini adalah perpaduan antara aplikasi Strava, Pokemon Go, dan CashStep. Adanya gagasan Move-to-Earn pada STEPN tentu memacu masyarakat termotivasi untuk berolahraga. Hal ini karena pengguna dapat mendapatkan kompensasi dalam bentuk token digital yang bernilai ekonomi.

 

Bagaimana Cara Memulainya? 

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi STEPN:

 

  1. Buka App Store atau Google Play Store pada perangkat kamu, lalu cari dan unduh aplikasi STEPN
  2. Kemudian, buat akun STEPN melalui registrasi pengguna 
  3. Selanjutnya, sambungkan akun STEPN ke dompet digital kripto 

 

Bagaimana Cara Agar Menghasilkan dari STEPN?

 

1. Tips agar dapat menghasilkan dari aplikasi STEPN

  • Beli sepatu NFT yang berkualitas. Sepatu NFT yang berkualitas akan menghasilkan lebih banyak imbalan
  • Olahraga dengan disiplin, maka imbalan yang kamu dapat dari STEPN akan semakin berlipat
  • Tingkatkan level sepatu NFT, maka akan meningkatkan jumlah imbalan yang didapatkan
  • Ikut bergabung di komunitas STEPN, karena dapat  memberikan informasi dan dukungan yang dibutuhkan untuk menghasilkan dari aplikasi STEPN

 

2. Penggunaan Energy 

Energy adalah satuan waktu yang digunakan untuk berolahraga di STEPN. Setiap sneakers memiliki 2 unit Energy, atau sama dengan 10 menit latihan. Untuk selanjutnya, Energy akan kembali pulih setiap 24 jam. Saat pengguna menghabiskan seluruh Energy, maka mereka tidak bisa mendapatkan imbalan. Untuk mendapatkan lebih banyak imbalan, pengguna diwajibkan membeli sneakers ekstra. Sneakers dengan kualitas yang lebih tinggi akan menghasilkan lebih banyak Energy.

 

3. Mekanisme menghindari kecurangan

Tentu, kreator dan founder STEPN sudah berpikir cukup visioner untuk melakukan mitigasi agar tidak terjadi kecurangan dalam penggunaan aplikasi ini, karena menjunjung tinggi nilai sportivitas. STEPN memiliki beberapa mekanisme untuk menghindari kecurangan dari penggunanya. Mekanisme ini antara lain:

 

  • Penggunaan GPS untuk melacak aktivitas olahraga penggunanya. Misalnya, pengguna berolahraga di tempat yang tidak mungkin, seperti di area indoor,  STEPN akan mendeteksi kecurangan dan mengurangi imbalan yang diberikan.

 

  • Penggunaan sensor pada perangkat untuk melacak aktivitas olahraga pengguna. Apabila pengguna tidak berolahraga, tetapi tetap mendapatkan imbalan, STEPN akan mendeteksi kecurangan lalu mengurangi imbalan yang diberikan.

 

  • STEPN memanfaatkan komunitas yang aktif. Jika ada pengguna yang diduga curang, komunitas STEPN dapat melaporkannya kepada tim STEPN.

 

4. Cara membeli sepatu NFT Sneaker

Saat ingin membeli sepatu NFT sneaker untuk olahraga, kamu wajib memiliki token SOL di dompet digital. Setelah memiliki token SOL, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk membeli sepatu NFT:

 

  1. Buka aplikasi STEPN
  2. Kilk Marketplace
  3. Pilih sepatu NFT yang ingin dibeli
  4. Klik Buy atau Beli
  5. Konfirmasi pembelian

 

Tiga Mode Permainan STEPN

 

  • Mode Solo

Mode ini adalah mode paling dasar dalam STEPN, di mana pengguna dapat berolahraga secara bebas di mana saja. Semakin jauh jarak tempuh yang dicapai, semakin banyak token GST yang akan didapatkan. Saat memulai mode Solo, pengguna akan diberikan 2 unit energi. Satu unit energi setara dengan 5 menit olahraga. Setiap kali pengguna berolahraga, mereka akan menggunakan energi. Energi akan kembali terisi secara bertahap setiap 24 jam. Bila pengguna ingin meningkatkan jumlah energi yang mereka miliki, pengguna dapat melakukannya dengan membeli sepatu NFT tambahan. Sepatu NFT yang lebih mahal akan memiliki lebih banyak energi.

 

  • Mode Marathon

Pada mode ini, memungkinkan pengguna untuk mengikuti marathon virtual, baik yang diadakan secara mingguan atau bulanan. Pengguna yang menyelesaikan marathon akan mendapatkan hadiah berupa token GST dan GMT. Pendaftaran biasanya dibuka 24 jam sebelum marathon dimulai. Jarak tempuh marathon yang harus dicapai pengguna ditentukan oleh penyelenggara. Pengguna yang berhasil menyelesaikan marathon akan mendapatkan token GST dan GMT sebagai hadiah.

 

  • Mode Background

Mode ini bisa dibilang paling mudah dilakukan, karena memungkinkan pengguna untuk mendapatkan token GST bahkan saat mereka tidak berolahraga. Hanya saja, pengguna harus tetap mengenakan sepatu NFT mereka agar mode ini aktif. Mode Background akan menghasilkan token GST secara perlahan. Jumlah token GST yang dihasilkan tergantung pada kualitas sepatu NFT yang digunakan.

 

Tokenomics STEPN

 

STEPN: Menggabungkan Game-Fi dalam Gaya Hidup Digital

 

Dalam implementasinya, STEPN memanfaatkan 3 token sebagai alat utama untuk keberlangsungan di dalam ekosistem, antara lain:

 

  • Green Satoshi Token  (GST)

Token ini digunakan untuk membeli item di aplikasi STEPN, seperti sepatu NFT, sol, dan item-item lain. Token GST dapat ditukarkan dengan mata uang fiat. Jumlah token GST yang dihasilkan tergantung pada beberapa faktor, termasuk:

    • Jenis sepatu NFT yang digunakan
    • Kecepatan pengguna saat berolahraga
    • Jarak yang ditempuh

 

  • Green Metaverse Token (GMT)

Token ini digunakan untuk mengelola aplikasi STEPN. Token GMT juga dapat ditukarkan dengan mata uang fiat sehingga bernilai ekonomi. Token GMT dihasilkan oleh pengguna saat mereka berolahraga di aplikasi STEPN dan mencapai level tertentu. Jumlah token GMT yang dihasilkan tergantung pada level pengguna. Token GMT juga digunakan untuk staking. Staking token GMT memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hadiah, seperti token GST dan GMT.

 

  • Solana (SOL)

Melalui aset digital berupa Solana, pengguna bisa memanfaatkan token asli dari jaringan Solana ini untuk membeli sepatu NFT, hingga sneakers baru. Secara keseluruhan, tokenomics STEPN dirancang untuk memberikan imbalan kepada pengguna yang berolahraga secara teratur. Hal ini diharapkan dapat mendorong gaya hidup sehat dan ramah lingkungan.

 

Keunggulan dan Kekurangan STEPN

 

  • Keunggulan

Berikut adalah beberapa keunggulan STEPN:

 

  1. Meningkatkan motivasi pengguna untuk berolahraga secara teratur
  2. Mendorong gaya hidup sehat
  3. Meningkatkan kesadaran akan lingkungan

 

  • Kekurangan

Sementara itu, berikut adalah beberapa kekurangan STEPN:

 

  1. Biaya awal yang tinggi, karena pengguna harus membeli sepatu NFT. Harga sepatu NFT bervariasi, mulai dari ratusan hingga ribuan dolar
  2. Berpotensi adanya risiko kecurangan oleh pengguna, dengan tujuan untuk mendapat imbalan

 

Mengenai Token GMT

Token GMT adalah salah satu token yang digunakan dalam aplikasi STEPN. Token ini memiliki beberapa fungsi, salah satunya adalah untuk meningkatkan status pengguna STEPN. Untuk meningkatkan level pengguna STEPN, kamu harus mengumpulkan token GMT. Setiap kali pengguna mengumpulkan 100 token GMT, maka akan naik ke tingkat atau level yang lebih tinggi.

 

Tingkat pengguna STEPN dibagi menjadi lima level, yaitu:

  • Beginner (level 1-10)
  • Novice (level 11-20)
  • Intermediate (level 21-30)
  • Advanced (level 31-40)
  • Expert (level 41-50)

 

Berikut adalah keuntungan peningkatan level pengguna STEPN:

 

  • Meningkatkan jumlah token GST yang dihasilkan, semakin tinggi level pengguna STEPN, semakin banyak token GST yang dihasilkan saat berolahraga.
  • Meningkatkan peluang untuk mendapatkan imbalan, pengguna dengan level yang lebih tinggi memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan imbalan, seperti token GST dan GMT.
  • Meningkatkan akses ke fitur-fitur tertentu, pengguna dengan level yang lebih tinggi dapat mengakses fitur-fitur tertentu yang tidak tersedia untuk pengguna dengan level yang lebih rendah.

 

Cara Membeli Token GMT di INDODAX

Bagi kamu yang ingin membeli aset kripto STEPN (GMT) coin, kamu bisa membelinya di INDODAX, dengan mengikuti cara di bawah ini:

 

  • Lakukan register di INDODAX jika belum terdaftar sebagai Member INDODAX atau masuk ke akun INDODAX yang dimiliki
  • Selanjutnya, lakukan deposit dengan membaca cara melakukan deposit berikut
  • Setelah berhasil melakukan deposit dan saldo telah masuk ke akun INDODAX, kunjungi market INDODAX
  • Cari STEPN (GMT to IDR)  pada market IDR, dan klik untuk mengunjungi halaman aset kripto tersebut
  • Pada halaman aset kripto tersebut, tentukan dan masukkan saldo serta harga beli GMT coin yang diinginkan, atau langsung beli secara instan (dengan harga saat itu)
  • Selanjutnya, tunggu harganya meningkat (bullish) selama beberapa waktu
  • Setelah harganya meningkat, aset dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi dengan metode Instan
  • Jika menjual menggunakan metode Limit, order jual dapat dilakukan setelah membeli aset dan pastikan angka jual yang dimasukkan lebih tinggi 

 

Kesimpulan 

STEPN dapat mengubah gaya hidup digital dengan mendorong pengguna untuk berolahraga secara teratur. Hal ini karena aplikasi ini memberikan imbalan dalam bentuk token GST dan GMT kepada pengguna yang berolahraga. Imbalan ini dapat menjadi motivasi bagi pengguna untuk berolahraga secara teratur. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran pengguna, serta mengurangi risiko penyakit kronis. STEPN dapat memberikan pengaruh positif terhadap kesehatan dan motivasi pengguna melalui pendekatan move-to-earn, karena  menggabungkan aktivitas fisik dengan keuntungan finansial. Tak sampai di situ, STEPN juga berperan penting dalam menghadirkan konsep inovatif di ekosistem Web3 karena inovasinya, menggabungkan teknologi blockchain, game, dan aktivitas fisik. 

 

Sekarang kamu sudah semakin tahu lebih dalam tentang STEPN. Jangan lupa juga untuk selalu gunakan strategi Do Your Own Research (DYOR) untuk mitigasi risiko kerugian berinvestasi. Karena, untuk investasi aset masa depan, kalau bukan sekarang, kapan lagi?

 

Sebagai informasi tambahan, untuk memperluas wawasan kamu tentang teknologi blockchain dan dunia aset kripto, kunjungi artikel-artikel terbaru di INDODAX Academy. Dengan informasi dan pengetahuan yang memadai, kamu pun bisa mulai berinvestasi aset kripto di platform INDODAX yang sudah teregulasi sehingga terjamin keamanannya.

 

Yuk tingkatkan literasi investasi aset kripto hanya di INDODAX Academy! 

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

RollerCoin: Game Penambang Kripto & Cara Mainnya
01/03/2024
RollerCoin: Game Penambang Kripto & Cara Mainnya

Salah satu game berbasis blockchain yang menjadi perbincangan hangat belakangan

01/03/2024
Kenal LYFE Lebih Dekat: Revolusi Investasi Properti Digital di Indonesia
29/02/2024
Kenal LYFE Lebih Dekat: Revolusi Investasi Properti Digital di Indonesia

Era digital yang terus berkembang dengan pesat memicu lahirnya inovasi-inovasi

29/02/2024
CEX: Cara Kerja, Kelebihan, dan Perbandingan vs DEX
29/02/2024
CEX: Cara Kerja, Kelebihan, dan Perbandingan vs DEX

Di zaman yang serba digital, aset kripto yang terdapat pada

29/02/2024