Gamefi: Permainan dan DeFi dalam Satu Ekosistem
icon search
icon search

Top Performers

GameFi: Perpaduan Permainan dan Keuangan Terdesentralisasi

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

GameFi: Perpaduan Permainan dan Keuangan Terdesentralisasi

Gamefi: Perpaduan Permainan dan Keuangan Terdesentralisasi

Daftar Isi

Salah satu inovasi terbaru dalam industri game online yang cukup menarik perhatian dalam beberapa waktu terakhir adalah GameFi. Fenomena GameFi sendiri mengacu pada perpaduan antara dunia game dan keuangan terdesentralisasi (DeFi) di ranah kripto. Hal itu menciptakan ekosistem baru yang memungkinkan pemain berpartisipasi dalam permainan daring yang tidak hanya menghibur tetapi juga menghasilkan pendapatan nyata. 

 

Fenomena ini menandai revolusi dalam industri game dengan memperkenalkan konsep play-to-earn, di mana pemain dapat menghasilkan aset kripto atau aset digital melalui partisipasi aktif dalam permainan. Adapun hubungan antara “game” dan “DeFi” pada GameFi dapat dilihat dari banyak aspek, di antaranya adalah terkait kepemilikan aset. 

 

Dalam GameFi, aset dalam permainan seperti karakter, senjata, atau properti adalah token NFT (Non-Fungible Token). Artinya, pemain memiliki kepemilikan atas aset-aset tersebut dalam bentuk token digital yang terverifikasi di blockchainDeFi pun memungkinkan pemilik aset untuk memonetisasi kepemilikan mereka dengan menghasilkan pendapatan melalui staking dan lain-lain, sehingga menciptakan peluang untuk memperoleh penghasilan pasif yang menarik.

 

Nah, untuk lebih memahami tentang apa itu GameFi, contoh-contohnya, cara kerjanya, manfaat teknologinya, hal yang perlu diperhatikan untuk ikut bermain GameFi, aktivitas GameFi selain bermain game, hingga masa depan GameFi, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

 

Apa Itu GameFi?

GameFi adalah singkatan dari “Game Finance” yang merujuk pada sebuah genre dalam industri kripto. Genre ini menggabungkan unsur-unsur game dengan keuangan (finance). 

 

Dalam ekosistem GameFi, permainan-permainan online menggunakan teknologi blockchain dan konsep-konsep keuangan terdesentralisasi atau Decentralized Finance (DeFi) untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih interaktif dan memberi pemain kesempatan untuk mendapatkan penghasilan melalui berbagai cara. Adapun asal-usul GameFi dapat ditelusuri kembali ke perkembangan teknologi blockchain dan keuangan terdesentralisasi. Seiring dengan popularitas aset kripto seperti Bitcoin dan Ethereum, para pengembang mulai menggabungkan konsep-konsep ini dengan  permainan online

 

Penggunaan teknologi blockchain memungkinkan aset digital yang digunakan dalam permainan (seperti karakter, senjata, atau item) untuk menjadi unik dan dapat diverifikasi, menciptakan konsep NFT dalam permainan.

 

GameFi adalah konsep yang menggabungkan permainan dan keuangan melalui aplikasi terdesentralisasi atau Decentralized Applications (dApps) yang berjalan pada jaringan buku besar terdistribusi. Hal itu memungkinkan para pemain memiliki kepemilikan sah atas berbagai item dalam permainan yang telah diverifikasi.

 

Dalam GameFi, konsep play-to-earn hadir untuk para pecinta game. Berbeda dengan model tradisional pay-to-play, di mana pemain harus membayar untuk mengakses fitur atau item tertentu dalam permainan, play-to-earn membalikkan konsep tersebut. Para pemain justru mendapatkan insentif ekonomi saat mereka bermain dan memiliki item dalam lingkungan GameFi. Insentif ekonomi tersebut bisa diperoleh melalui penyelesaian misi, kemenangan dalam pertandingan melawan pemain lain, atau mencapai level-level tertentu dalam permainan. Selain itu, aset yang dimiliki dalam GameFi dapat diperjualbelikan dengan pemain lain di luar permainan, seringkali melalui bursa kripto atau pasar NFT.

 

Teknologi blockchain diketahui memiliki peran kunci dalam GameFi. Beberapa peran utama teknologi blockchain dalam GameFi, di antaranya adalah kepemilikan unik dan verifikasi aset. Di samping itu, teknologi blockchain juga memungkinkan aset NFT dipergunakan lintas permainan.

 

Blockchain pun memberikan tingkat keamanan tinggi, karena transaksi yang dicatat pada blockchain bersifat permanen dan tidak dapat diubah. Hal ini menjadikan risiko pemalsuan atau manipulasi aset digital dalam permainan bisa dihilangkan. Bukan itu saja, blockchain juga memungkinkan pencatatan transparan dan transparansi penuh atas penghargaan dalam bentuk token kripto. Selanjutnya, teknologi blockchain pun memungkinkan integrasi dengan protokol keuangan terdesentralisasi sehingga pemain dapat meminjamkan aset mereka, memperoleh pengembalian atas investasi mereka, atau bahkan memperoleh pendapatan pasif.

 

Apa Saja Contoh GameFi?

 

Gamefi: Perpaduan Permainan dan Keuangan Terdesentralisasi

 

Pada dasarnya, penting untuk mengetahui apa saja contoh-contoh GameFi, sebab hal ini akan memberikan pemahaman tentang cara teknologi blockchain dan konsep DeFi diterapkan dalam dunia permainan. Berikut ini beberapa contoh GameFi yang bisa dimainkan, di antaranya:

 

1. CryptoBlade

CryptoBlade adalah sebuah permainan peran berbasis web yang membawa nostalgia permainan tradisional, seperti Skyrim atau Dark Souls. Dalam permainan ini, pemain berkesempatan untuk melawan monster dan menyelesaikan serangan dalam upaya untuk memperoleh token Skill yang merupakan aset utama dalam permainan ini.

 

Untuk memaksimalkan keberhasilan dalam pertempuran, pemain dapat membuat senjata yang akan memberikan mereka keunggulan strategis melawan lawan atau meningkatkan kemampuan karakter mereka. Selain itu, barang-barang yang diperoleh ini dapat diperdagangkan di pasar terbuka (open market) dalam ekosistem permainan.

 

Gameplay CryptoBlade melibatkan penggunaan empat komponen dasar, yaitu api, tanah, petir, dan air, yang dialokasikan untuk karakter, senjata, atribut, dan musuh dalam permainan. Setiap komponen memiliki kekuatan dan kelemahan masing-masing yang menuntut pemain untuk menggabungkan dan membangun strategi yang efektif guna mengatasi lawan-lawan mereka.

 

Untuk memulai petualangan di CryptoBlade, pengguna perlu menginvestasikan sejumlah sekitar 0,2 BNB untuk memulai bermain serta membayar biaya transaksi yang terkait dengan aktivitas dalam game.

 

2. Axie Infinity

Axie Infinity adalah permainan (game) yang memungkinkan para pemain mendapatkan makhluk digital bernama Axies. Pemain dapat mengadopsi, merawat, dan membiakkan Axies ini. Lebih menariknya lagi, pemain bisa melibatkan Axies dalam pertempuran melawan makhluk lain untuk memperoleh hadiah dalam bentuk token SLP. 

 

Selain token SLP, dalam Axie Infinity juga terdapat token lain bernama AXS. Konsep permainan ini mirip dengan permainan Pokémon, tetapi dengan sentuhan teknologi blockchain.

 

3. Upland

Upland adalah metaverse NFT yang menggambarkan properti dalam dunia paralel. Properti-properti di Upland terhubung dengan alamat properti di dunia nyata. 

 

Dalam permainan ini, pemain dapat menjadi pebisnis dan pemilik tanah, mengelola dan mengembangkan properti virtual, serta mengkapitalisasi nilai NFT metaverse dari properti tersebut. Cara bermainnya mirip dengan permainan Monopoli, tetapi dengan properti yang bersifat virtual dan terkait dengan teknologi blockchain.

 

4. STEPN

Memperkenalkan konsep yang berbeda dalam dunia GameFi, StepN hadir dengan konsepnya yang disebut move-to-earn dan telah menjadi perbincangan hangat belakangan ini dalam komunitas GameFi. 

 

Seperti namanya, pengguna bisa mendapatkan imbalan saat bergerak. Konsep move-to-earn lebih terkait dengan gaya hidup ketimbang permainan, di mana pengguna diberi imbalan saat mereka melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan. Pengguna di StepN memperoleh Green Satoshi Tokens (GST), token kripto dalam game ini, ketika mereka berjalan atau berlari. 

 

Meskipun konsep ini terdengar menarik dan sederhana, tetapi sayangnya akses ke StepN membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Untuk mendapatkan token GST, pengguna harus membeli sepatu virtual melalui marketplace yang telah disediakan.

 

5. Era7

Game of Truth adalah proyek GameFi play-to-earn terbaru yang menarik perhatian. Ini adalah permainan pertukaran kartu (card-trading game).

 

Era7 memanfaatkan teknologi NFT, menjadikan kartu-kartu dalam permainan sebagai aset yang dapat diperdagangkan. Pengguna memiliki kesempatan untuk bermain dalam mode PvE atau PvP dengan menyusun dan mengatur kartu-kartu tersebut untuk membuat deck terkuat. Kartu-kartu dalam Era7 memiliki status NFT, memberi mereka nilai yang sebenarnya. Para pengguna dapat memperoleh kartu dengan nilai tinggi melalui pertandingan, perdagangan, atau dengan menggabungkan beberapa kartu khusus.

 

Dalam permainan ini, ada dua token kripto yang digunakan, yaitu Era dan GOT. Pengguna dapat memperoleh token Era melalui pertandingan, kegiatan liquidity mining, atau insentif komunitas. Token Era digunakan untuk melakukan transaksi di dalam permainan Era7. Sementara itu, token GOT dapat diperoleh dengan membelinya menggunakan token Era atau melalui model play-to-earn. Token GOT digunakan untuk melakukan summoning atau synthesizing kartu-kartu dalam permainan. Lebih jauh, menurut data yang bersumber dari DappRadar.com, Era7: Game of Truth telah mencatat pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

 

Mengenal Cara Kerja GameFi

Popularitas GameFi dimulai dengan CryptoKitties, sebuah game berbasis blockchain yang dibangun di jaringan Ethereum. Teknologi smart contract yang diperkenalkan oleh Ethereum membuka pintu bagi inovasi termasuk DeFi dan selanjutnya GameFi. Pada perkembangannya, smart contract dan blockchain lain, seperti Solana, Polkadot, dan Polygon, juga digunakan untuk membangun platform GameFi.

 

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, GameFi beroperasi dengan konsep play-to-earn, di mana pemain dapat memperoleh berbagai bentuk imbalan, mulai dari aset kripto hingga item dalam game seperti avatar, senjata, kostum, atau lahan virtual. Berbeda dengan game tradisional, di mana aset-aset semacam itu tidak memiliki nilai di luar lingkungan permainan, aset yang diperoleh dalam GameFi memiliki nilai riil dan dapat diperdagangkan. Hal itu memungkinkan pemain memperoleh pendapatan lewat platform GameFi.

 

Dalam ekosistem GameFi, NFT juga berperan sebagai aset dalam permainan. NFT memungkinkan aset-aset ini diperdagangkan di pasar NFT. Melalui teknologi blockchain, GameFi juga memungkinkan pemain memiliki kepemilikan atas aset digital mereka, yang kemudian dapat dimonetisasi. Dalam konteks metaverse, beberapa platform GameFi memungkinkan pemain untuk menghasilkan pendapatan dari kepemilikan lahan virtual yang mereka punya.

 

Seluruh data permainan diketahui disimpan dalam jaringan blockchain publik yang terdesentralisasi. Ini berarti kepemilikan aset dapat diakses dan dilacak oleh siapa pun. Aset-aset ini sepenuhnya dimiliki oleh para pemain, bukan oleh pengembang permainan seperti dalam model tradisional. Hal itu menciptakan lingkungan yang transparan dan memberdayakan para pemain dalam ekosistem GameFi.

 

Manfaat Teknologi GameFi

 

Gamefi: Perpaduan Permainan dan Keuangan Terdesentralisasi

 

Penting diketahui bahwa teknologi GameFi membuat pemain bisa dengan mudah membuktikan kepemilikan atas item dalam permainan mereka. Hal itu pun menghilangkan keraguan dan memastikan transparansi dalam kepemilikan aset. 

 

Berikut ini beberapa manfaat dari teknologi GameFi yang perlu diketahui, antara lain:

 

  • Dalam GameFi, tidak ada titik kegagalan. Artinya, pemain tidak lagi berisiko kehilangan jejak atas kepemilikan mereka ketika perusahaan game mengalami masalah teknis. Data kepemilikan pun aman di blockchain.
  • Item yang diperoleh selama bermain game menggunakan teknologi GameFi tidak dapat dipalsukan, dihapus, atau dihancurkan. Hal itu untuk memastikan integritas dan keaslian setiap item dalam ekosistem game.
  • Aset kripto utama pada game bisa dikirim dan diterima tanpa perlu melibatkan pihak perantara, kliring, atau penjagaan. Hal itu demi mempercepat proses transaksi dan mengurangi biaya yang terkait.

 

Di samping itu, sejumlah game GameFi pun menyertakan elemen DeFi, seperti staking, di mana pemain bisa mengunci token crypto tertentu untuk mendapatkan bunga tahunan dan hadiah lainnya. Hal itu tentunya memberikan kesempatan kepada pemain untuk mengoptimalkan aset kripto mereka dan memperoleh keuntungan tambahan yang dapat digunakan untuk membeli item dalam game atau membuka konten baru.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Ikut Bermain GameFi

Untuk dapat terlibat dalam permainan play-to-earn, pengguna harus melakukan langkah-langkah berikut ini, yaitu:

 

  • Buat Dompet Kripto: Pengguna perlu membuat dompet kripto untuk menyimpan aset virtual dan NFT mereka, serta melakukan transaksi dalam game. Pemilihan dompet bergantung pada blockchain tempat permainan tersebut dibangun. Sebagai contoh, MetaMask, sebuah layanan dompet berbasis Ethereum, akan kompatibel dengan game GameFi yang dibangun di atas jaringan Ethereum.
  • Beli Item Pemula: Meskipun banyak game GameFi dapat diunduh secara gratis, banyak di antaranya mengharuskan pemain membeli karakter, token kripto asli, kartu, atau peningkatan lainnya untuk memulai permainan.
  • Melakukan Deposit: Pengguna perlu melakukan deposit dengan menyimpan aset kripto dalam dompet mereka menggunakan aset kripto tertentu. Aset ini nantinya akan digunakan untuk membeli item awal dan memperoleh kemajuan dalam permainan.

 

Sebagai contoh, dalam game Cryptoblade, pengguna harus mengunduh MetaMask, membeli koin kripto yang dibutuhkan, dan menukarkannya dengan aset kripto asli game, SKILL, untuk memulai petualangan mereka.

 

Tiga Aktivitas GameFi selain Bermain Game

Untuk meningkatkan penghasilan atau cuan secara optimal, para gamers tidak hanya menghabiskan waktu untuk bermain GameFi. Secara umum, terdapat tiga jenis aktivitas di dalam GameFi yang dapat meningkatkan penghasilan para gamers, yaitu:

 

1. Jual Beli Aset

Para gamers memiliki kemampuan untuk menciptakan aset seperti rumah, kostum, atau senjata dalam permainan. Aset-aset ini dapat dijual kepada gamers lain melalui pasar (marketplace NFT) GameFi.

 

2. Barter Aset

Selain transaksi jual beli, para pemain juga dapat melakukan pertukaran aset sesuai dengan kesepakatan antar pemain. Biasanya, item yang diperdagangkan melibatkan barang-barang langka dan unik yang sangat dicari karena dapat meningkatkan kinerja karakter dalam permainan.

 

3. Staking

Sebagai aplikasi berbasis blockchain, beberapa pengembang GameFi juga menyediakan opsi staking crypto aset bagi para gamers yang tertarik menjadi validator dalam jaringan. Melalui staking, nilai aset dapat meningkat, sambil menghasilkan pendapatan pasif berupa aset digital. Dengan demikian, para gamers dapat meningkatkan cuan mereka melalui berbagai strategi ekonomi yang ada di dalam ekosistem GameFi.

 

Masa Depan GameFi

Sejatinya, mengetahui masa depan GameFi adalah kunci untuk memahami perubahan yang akan terjadi dalam industri permainan dan teknologi keuangan terdesentralisasi. 

 

Potensi GameFi sendiri diprediksi sangat besar, terutama karena industri game sendiri diperkirakan akan mencapai nilai sekitar $314,400,000,000 pada tahun 2026, seperti dikutip dari Coinvestasi.com. Beberapa perusahaan video game terkemuka seperti Sony, Tencent, Nintendo, dan Microsoft telah berhasil menghasilkan pendapatan game mereka masing-masing lebih dari $10.000.000.000.

 

Jika perusahaan-perusahaan game ini memutuskan untuk melibatkan diri dalam dunia GameFi, maka tren ini dapat menarik perhatian luar biasa dari masyarakat dan menghasilkan adopsi yang luas. Integrasi permainan yang telah mapan ini ke dalam GameFi berpotensi mengubah lanskap industri game dan menghadirkan peluang finansial yang signifikan bagi para pemain.

 

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, GameFi memainkan peran kunci dalam transformasi dunia permainan online dengan memperkenalkan konsep play-to-earn, yang tidak hanya memberikan pengalaman bermain yang menghibur tetapi juga membuka peluang finansial yang unik bagi para pemain. Pasalnya, dalam ekosistem GameFi, permainan-permainan online menggunakan teknologi blockchain dan konsep-konsep keuangan terdesentralisasi (DeFi) untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih interaktif dan memberi pemain kesempatan untuk mendapatkan penghasilan melalui berbagai cara.

 

Dengan memberikan peluang finansial yang mengubah pandangan terhadap game selama ini, GameFi telah menciptakan ekosistem permainan online yang dinamis dan berpotensi mengubah cara pandang dan interaksi orang-orang dengan dunia gameHal itu tidak hanya menjadi permainan, tetapi juga merupakan kesempatan untuk mengembangkan keberlanjutan finansial dan kreativitas dalam dunia digital.

 

Nah, sekarang kamu sudah memahami apa itu GameFi, contoh-contohnya, cara kerjanya, hingga manfaat teknologinya, dan masa depan GameFi. Kamu juga dapat membaca artikel menarik lainnya, seperti daftar game NFT android terbaik hingga gala games di INDODAX Academy.

 

INDODAX Academy adalah platform terbaik yang memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk mendalami pengetahuan tentang aset kripto dan teknologi blockchain secara mendalam. Nantinya, setelah memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai pasar aset kripto dan teknologi blockchain melalui artikel INDODAX Academy, kamu pun bisa memulai langkah berikutnya, yakni berinvestasi pada aset kripto melalui platform kripto terbaik dan terpercaya, INDODAX. 

 

Ayo, terus tingkatkan pemahaman kamu tentang dunia aset kripto melalui INDODAX Academy dan investasi kripto hanya di INDODAX!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Mengenal Drawdown Trading: Tips Mengatasi Kerugian
23/05/2024
Mengenal Drawdown Trading: Tips Mengatasi Kerugian

Saat memasuki dunia trading dan investasi, kita akan menemui banyak

23/05/2024
Vanar Chain (VANRY): Teknologi Revolusioner pada NFT & Metaverse
22/05/2024
Vanar Chain (VANRY): Teknologi Revolusioner pada NFT & Metaverse

Pada era digital saat ini, teknologi blockchain telah menjadi pusat

22/05/2024
World Trade Exhibition Center (WTEC) Kini Hadir di INDODAX!
21/05/2024
World Trade Exhibition Center (WTEC) Kini Hadir di INDODAX!

Kini, aset kripto World Trade Exhibition Center (WTEC) telah tersedia

21/05/2024