ERC-6551 Standar Baru Token NFT di Ethereum & Manfaatnya
icon search
icon search

Top Performers

Mengenal ERC-6551: Standar Baru Token NFT di Ethereum

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Mengenal ERC-6551: Standar Baru Token NFT di Ethereum

ERC 6551 1

Daftar Isi

ERC (Ethereum Request for Comments) adalah serangkaian standar yang memungkinkan pengembang untuk memperkenalkan fungsi baru ke dalam ekosistem Ethereum. 

 

Standar-standar ERC ini bertindak sebagai protokol untuk token dan kontrak pintar yang memastikan interoperabilitas dan keseragaman di antara aplikasi yang dibangun di atas Ethereum. 

 

Adapun ERC-6551 merupakan salah satu standar ERC yang mengkhususkan diri dalam pendefinisian non-fungible token (NFT) di dalam ekosistem Ethereum. ERC-6551 memberikan kerangka kerja standar untuk pembuatan, manajemen, dan transfer NFT di dalam blockchain Ethereum. 

 

Standarisasi NFT

Mengutip laman medium.com/coinmonks, standar token adalah panduan tentang cara menulis kontrak pintar token, fungsi yang harus diimplementasikan, dan cara menyimpan data, sehingga dompet, penjelajah (explorers), dan DApps (aplikasi terdesentralisasi) dapat bekerja dengan mereka secara langsung. Standar ini sering disebut ERC.

 

Standar token paling populer adalah ERC-20Ethereum Request for Comment 20. Kontrak pintar token yang dapat dipertukarkan secara fungible umumnya hanya menyimpan dua nilai, yaitu alamat yang memiliki token dan jumlah token yang mereka miliki. Misalnya, alamat Alice memiliki 700 token TOKEN.

 

Standar kedua yang paling populer adalah ERC-721 untuk non-fungible token – NFT. Kontrak-kontrak ini menyimpan alamat, ID token unik, dan jumlah token. Sebagai contoh, alamat Bob memiliki 1 token TokenizedApe dengan ID 001.

 

Pengembang dapat memperluas kemungkinan token dan menjelajahi kasus penggunaan baru dengan memodifikasi standar tersebut sambil mempertahankan fungsi inti.

 

Tether menambahkan fungsi “blacklist” ke ERC-20 untuk membekukan USDT pada alamat-alamat jahat. Proyek RMRK juga memodifikasi ERC-721 sehingga dapat memiliki NFT lain.

 

Namun, ada masalah dengan hanya memodifikasi kontrak standar. Pertama, fungsi khusus yang tidak standar memerlukan penangan khusus. 

 

Kedua, pengembang tidak dapat mengubah kontrak pintar yang sudah diterapkan, jadi untuk mengimplementasikan fungsionalitas pengepakan ke BAYC, mereka harus menerapkannya lagi.

 

Spesifikasi ERC-6551

 

ERC 6551 2

 

Adapun berbagai ragam fitur dan spesifikasi yang ditetapkan dalam ERC-6551 adalah sebagai berikut:

 

  • Identifikasi Unik: Setiap NFT yang diciptakan menghasilkan identifikasi unik yang dapat dipelajari dan diverifikasi secara langsung di dalam blockchain Ethereum.
  • Metadata Tambahan: ERC-6551 memungkinkan penyimpanan metadata tambahan terkait dengan NFT, seperti deskripsi, gambar, atau informasi lainnya yang ingin disertakan oleh pencipta NFT.
  • Kepemilikan dan Transfer: Standar ini menetapkan protokol yang jelas untuk mentransfer kepemilikan NFT dari satu pemegang ke pemegang lainnya. Transaksi transfer NFT direkam secara transparan di dalam blockchain.
  • Interaksi dengan Kontrak Pintar Lain: ERC-6551 memungkinkan NFT untuk berinteraksi dengan kontrak pintar lainnya di dalam ekosistem Ethereum, memungkinkan fungsionalitas yang lebih kompleks dan integrasi yang lebih dalam dengan aplikasi terdesentralisasi (DApps).
  • Keamanan dan Perlindungan Kepemilikan: Standar ini menetapkan langkah-langkah keamanan yang diperlukan untuk melindungi kepemilikan dan integritas NFT dari serangan atau manipulasi.

 

Untuk membuat NFT, langkah-langkah teknis termasuk penentuan metadata yang ingin disertakan, pembuatan kontrak pintar sesuai dengan standar ERC-6551, dan penugasan identifikasi unik kepada NFT yang diciptakan.

 

Proses transfer NFT melibatkan pembuatan transaksi yang memindahkan kepemilikan NFT dari pemegang saat ini ke pemegang yang baru, dengan memperbarui catatan kepemilikan di dalam kontrak pintar.

 

Sementara itu, manajemen NFT melibatkan pemantauan dan pemeliharaan metadata yang terkait dengan setiap NFT, serta pembaruan atau modifikasi kontrak pintar jika diperlukan untuk mengakomodasi perubahan dalam fitur atau fungsionalitas.

 

Lebih jauh, penting untuk mengimplementasikan langkah-langkah keamanan yang tepat, seperti penggunaan kontrak pintar yang teruji secara menyeluruh, audit keamanan, dan penggunaan praktik terbaik dalam manajemen kunci privasi.

 

Manfaat Standar ERC-6551

Berikut ini beberapa manfaat dari standar ERC-6551 yang penting untuk diketahui, di antaranya:

 

Kompatibilitas NFT

Dengan memanfaatkan Token Bound Accounts (TBA), kamu memiliki kemampuan untuk menggabungkan NFT kamu dengan aset terkait lainnya (NFT, token, atribut, dll.) ke dalam satu profil. Hal ini mempermudah pengelolaan dan transfer aset di berbagai platform.

 

Sebelum TBA hadir, semua aset NFT yang dikumpulkan, misalnya dalam sebuah permainan, akan disimpan sebagai token terpisah di dompet kamu.

 

Kini, berkat TBA, kamu dapat memiliki semacam inventaris yang memungkinkan aset-aset yang terkait dengan suatu permainan untuk ditransfer ke dalam dompet. Ini menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih lancar.

 

Identitas dalam blockchain

Saat ini, dompet kamu menjadi representasi dari identitas digital kamu. Namun, dengan penggunaan TBA, setiap NFT yang kamu miliki memiliki identitasnya sendiri.

 

Dengan demikian, NFT kamu dapat berinteraksi dengan DApps secara independen, tanpa ketergantungan pada dompet yang menyimpannya. Ini berpotensi mempengaruhi nilai dari NFT kamu.

 

Contoh sistem yang dapat memanfaatkan TBA termasuk airdrop token, program loyalitas, dan penghargaan dalam permainan. Di masa depan, ini juga dapat memungkinkan adopsi sistem peringkat pinjaman yang dapat meningkatkan efisiensi protokol pinjam meminjam.

 

Pembuktian NFT

Saat ini, NFT tidak memberikan informasi yang komprehensif tentang riwayat transaksi atau utilitas aset selain bukti kepemilikan. 

 

Namun, dengan TBA, semua data ini disimpan. Ini menjadi sangat berguna terutama untuk NFT koleksi barang. Hal ini memungkinkan pembeli NFT untuk memverifikasi asal usulnya secara menyeluruh.

 

Interaksi dengan dApps

Melalui ERC-6551, NFT dapat berinteraksi secara mandiri dengan berbagai DApps lain. Hal ini mengakibatkan peningkatan nilai dan kemampuan NFT untuk mengubah penampilannya. 

 

Kontras dengan NFT sebelumnya yang terbatas hanya sebagai bukti kepemilikan, NFT yang menggunakan standar ini memiliki fungsi yang jauh lebih luas dan dinamis.

 

Implementasi dan Penggunaan ERC-6551

 

ERC 6551 3

 

Lantas, bagaimana ERC-6551 dapat digunakan dalam proyek-proyek kripto? Pada dasarnya, ada banyak kasus penggunaan yang mungkin untuk ERC-6551, antara lain:

 

  • Sebuah dompet terpisah untuk menyimpan portofolio tertentu atau koleksi NFT
  • Sebuah kartu loyalitas yang menerima bonus, airdrop, dan hadiah serta tetap mempertahankannya jika dijual
  • Sebuah ID terdesentralisasi yang menyimpan data terenkripsi pengguna atau tanda bukti lulus KYC untuk dengan cepat melewati kepatuhan
  • Sebuah NFT yang mewakili karakter permainan peran yang memiliki perisai, senjata, dan hal lainnya sebagai NFT
  • Sebuah NFT yang terdiri dari beberapa NFT yang dimilikinya
  • Pengganti akun media sosial yang menyimpan pos dan foto pengguna
  • Sebuah dompet terpisah yang mengumpulkan hadiah dari token yang dikunci dalam staking dan dapat dijual secara terpisah
  • Sebuah NFT yang memiliki dompet yang sebelumnya mengunci token dan dapat dijual.

 

ERC-6551 dengan akun terpisah mungkin tidak hanya digunakan untuk seni dan permainan seperti NFT biasa tetapi juga untuk keuangan terdesentralisasi. 

 

Hal ini sangat sesuai dengan institusi keuangan tradisional yang mengeksplorasi tokenisasi aset dunia nyata.

 

Tantangan dan Peluang di Masa Depan

Salah satu tantangan utama, yaitu adopsi standar ERC-6551 secara luas oleh industri. Meskipun standar ini menawarkan berbagai kemungkinan, perusahaan dan pengembang mungkin masih menghadapi hambatan dalam mengintegrasikan standar ini ke dalam produk dan layanan mereka.

 

Di lain sisi, bagi platform yang sudah ada dan menggunakan standar NFT yang berbeda, migrasi ke ERC-6551 mungkin menjadi tantangan. Proses migrasi ini bisa membutuhkan waktu, sumber daya, dan penyesuaian yang signifikan.

 

Implementasi standar ERC-6551 juga mungkin memerlukan pemahaman yang mendalam tentang teknologi blockchain dan kontrak pintar. Bagi pengembang yang kurang berpengalaman, kompleksitas ini bisa menjadi hambatan.

 

Sementara itu, peluang utama adalah untuk terus mengembangkan fungsionalitas baru yang dapat ditambahkan ke dalam standar ERC-6551. 

 

Contohnya, memperluas kemampuan NFT untuk berinteraksi dengan kontrak pintar lainnya atau untuk menyimpan metadata tambahan.

 

Di samping itu, terus meningkatkan keamanan standar ERC-6551 serta meningkatkan interoperabilitas dengan standar lain di dalam ekosistem Ethereum. Hal ini akan memperkuat fondasi ekosistem NFT secara keseluruhan.

 

Bukan hanya itu, juga terdapat peluang untuk mengembangkan lebih banyak alat dan sumber daya yang mendukung penggunaan standar ERC-6551, seperti panduan implementasi, perpustakaan kontrak pintar, dan alat pemantauan kinerja.

 

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, ERC-6551 berperan penting dalam standarisasi non-fungible token (NFT) di dalam ekosistem blockchain Ethereum. Dengan menetapkan pedoman yang jelas untuk penciptaan, transfer, dan manajemen NFT, standar ini memberikan kerangka kerja yang solid bagi pengembang untuk membangun aplikasi dan platform yang berfokus pada NFT.

 

Dengan adopsi ERC-6551, NFT dari berbagai sumber dapat bekerja bersama dengan lancar di dalam ekosistem Ethereum, meningkatkan interoperabilitas dan keseragaman antara aplikasi dan platform yang berbeda.

 

Standar ini membantu meningkatkan kepercayaan dan keamanan di antara pengguna NFT dengan menyediakan proses yang jelas untuk memverifikasi kepemilikan dan otentikasi aset digital.

 

Lebih lanjut, ERC-6551 membuka pintu bagi inovasi dan pengembangan lebih jauh di bidang seni digital, koleksi digital, game, dan banyak lagi. 

 

Dengan memberikan kerangka kerja yang jelas, standar ini mendorong pengembang untuk mengeksplorasi kemungkinan baru dalam memanfaatkan teknologi blockchain untuk aset digital.

 

Nah, sekarang kamu sudah memahami apa itu ERC-6551, mulai dari pengertian, spesifikasi, manfaat hingga tantangannya.

 

Selanjutnya, kamu juga dapat membaca berbagai macam kumpulan artikel menarik seputar teknologi blockchain di INDODAX Academy.

 

Sebagai pengingat, guna memperdalam pengetahuan tentang teknologi blockchain, ada baiknya kamu membaca berbagai artikel terkini yang ada di INDODAX Academy.

 

Perlu diketahui, INDODAX Academy menyajikan berbagai ragam materi terkait teknologi blockchain, mulai dari konsep dasar hingga aspek yang lebih mendalam.

 

Melalui artikel-artikel yang ada di INDODAX Academy, nantinya kamu akan memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang teknologi blockchain dan penerapannya serta informasi terbaru mengenai dunia kripto.

 

Mari, terus tingkatkan pemahaman dan pengetahuan kamu terkait dunia blockchain dan aset kripto bersama INDODAX Academy!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto
18/04/2024
Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto

Dalam beberapa waktu belakangan, OpenAI telah menjadi sorotan di dunia

18/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin
17/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin

CryptoTab adalah solusi unik yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan Bitcoin

17/04/2024
Ether.fi (ETHFI) Kini Hadir di INDODAX!
16/04/2024
Ether.fi (ETHFI) Kini Hadir di INDODAX!

Bukan sekadar aplikasi terdesentralisasi biasa, EtherFi membuka pintu ke dunia

16/04/2024