Mengenal Nick Szabo Bapak Smart Contract dan BitGold
icon search
icon search

Top Performers

Mengenal Nick Szabo Pencipta Smart Contract dan BitGold

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Mengenal Nick Szabo Pencipta Smart Contract dan BitGold

Nick Szabo 1

Daftar Isi

Kemajuan dunia kripto saat ini sangat dipengaruhi oleh kontribusi Nick Szabo dalam menciptakan smart contract atau kontrak pintar. 

 

Pemikiran Nick Szabo yang inovatif, yang terinspirasi dari latar belakangnya dalam ilmu komputer, hukum, dan kriptografi, membuka jalan bagi pengembangan smart contract.

 

Tidak mengherankan, Nick Szabo pun menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh dalam dunia kripto. Dalam artikel ini, kita akan melihat informasi mendetail tentang kontribusi dan pengaruh Szabo dalam perkembangan teknologi kripto. 

 

Nick Szabo 2

 

Siapa Nick Szabo?

 

Nick Szabo adalah seorang ilmuwan komputer, sarjana hukum, dan kriptografer yang dikenal karena penelitiannya dalam kontrak digital dan aset digital. Adapun Nick Szabo juga dikenal sebagai pencetus Bit Gold, salah satu pendahulu Bitcoin. 

 

Namun, kontribusi pria kelahiran Hungaria, 5 April 1964, tersebut tidak berhenti di situ; ia juga mengembangkan konsep smart contracts, sebuah inovasi yang menjadi dasar teknologi bagi Ethereum, aset kripto terbesar kedua berdasarkan kapitalisasi pasar.

 

Pendidikan dan Karir Awal

 

Terkait pendidikan dan karir awalnya, perlu diketahui bahwa Szabo lulus dari Universitas Washington pada tahun 1989 dengan gelar dalam ilmu komputer dan menerima gelar Juris Doctor dari George Washington University Law School. 

 

Di samping itu, Szabo juga memegang gelar profesor kehormatan di Universidad Francisco Marroquín. 

 

Kontribusi Utama dalam Dunia Kripto

 

Berikut ini adalah beberapa kontribusi utama Nick Szabo dalam dunia kripto yang penting untuk diketahui, antara lain:

 

1. Smart Contract

 

Ide awal pembuatan smart contract muncul ketika Szabo membayangkan sebuah dunia di mana kontrak dapat dieksekusi secara otomatis tanpa memerlukan pihak ketiga yang dapat dipercaya.

 

Dengan demikian, transaksi bisa dilacak, diverifikasi, dan dieksekusi tanpa risiko pemalsuan. Gagasan revolusioner ini diajukan pada tahun 1994, kemudian diperinci dalam sebuah makalah yang dirilis pada tahun 1996 berjudul “Smart Contracts: Building Blocks for Digital Free Markets.”

 

Dalam makalah tersebut, smart contract disebut sebagai protokol komputer yang dirancang untuk memfasilitasi, memverifikasi, atau menegakkan negosiasi atau pelaksanaan kontrak. 

 

Kejeniusan gagasan ini terletak pada potensinya untuk menciptakan kontrak yang kredibel dan aman tanpa bergantung pada perantara.

 

Karya-karyanya, berupa esai dan makalah akademis, banyak berfokus pada aset digital dan kriptografi. Pemikiran Nick Szabo yang inovatif telah membuka jalan bagi pengembangan smart contract. Hal ini pun merevolusi cara perjanjian dieksekusi di era digital.

 

Gagasan itulah yang kemudian diterapkan dalam dunia kripto saat ini. Bahkan, dalam whitepaper Bitcoin, makalah Szabo disebutkan sebagai salah satu referensi dalam pembuatan Bitcoin.

 

2. BitGold

 

Selain smart contract, Szabo juga pernah menciptakan sistem aset digital terdesentralisasi yang mendahului Bitcoin, yang disebut BitGold. Adapun BitGold dikembangkan pada tahun 1998, tetapi tidak pernah diimplementasikan sepenuhnya.

 

Desain Szabo untuk BitGold mencakup teka-teki kriptografis, mirip dengan mekanisme Proof of Work dalam Bitcoin, yang akan membantu mengamankan jaringan dan menciptakan koin baru. Pembuatan BitGold terinspirasi oleh sifat penyimpan nilai emas fisik. 

 

Nick Szabo membayangkan emas virtual yang dapat mempertahankan nilainya melalui sarana kriptografis. Ide pada BitGold yang diajukan oleh Szabo menyoroti pentingnya menciptakan aset yang tahan terhadap pemalsuan, serupa dengan emas fisik.

 

BitGold dan Bitcoin sama-sama bergantung pada daya komputasi untuk menciptakan unit bernilai yang sulit dipalsukan. Ini menegaskan peran inovatif Nick Szabo dalam pengembangan solusi kripto yang aman dan dapat dipercaya. 

 

Bitbit ini diberi cap waktu dan dihubungkan satu sama lain untuk membentuk rantai yang tidak dapat diubah, berfungsi sebagai buku besar virtual. Perbedaan utama antara Bitcoin dan BitGold adalah bahwa Nick Szabo membayangkan BitGold (BTG to IDR) tidak sebagai aset digital saja. 

 

Ia berharap BitGold dapat digunakan sebagai aset bernilai tinggi untuk investasi, transaksi besar, dan sebagai aset untuk menerbitkan catatan digital. 

 

Namun, proyek ini tidak pernah mencapai implementasi yang luas atau digunakan sebagai aset sebagaimana yang dilakukan oleh Bitcoin. 

 

BitGold hanya menjadi konsep sejarah yang memberikan inspirasi bagi perkembangan aset kripto saat ini, bukan sebagai entitas yang benar-benar berfungsi.

 

Apakah Nick Szaba adalah Satoshi Nakamoto?

 

Mengutip laman brickken.com, misteri tentang siapa Satoshi Nakamoto sepertinya tidak pernah berakhir. Perdebatan yang tak ada habisnya ini tampaknya akan terus berlanjut. Nick Szabo sering dikaitkan dengan identitas asli Satoshi Nakamoto. Namun, dia menyangkal hal ini.

 

Mengapa Nick Szabo dicurigai sebagai Satoshi Nakamoto? Penelitian oleh tim dari Aston University di Birmingham, Inggris, telah berkontribusi pada kecurigaan ini. 

 

Pusat linguistik forensik universitas tersebut menganalisis tulisan-tulisan Nick. Mereka menemukan bahwa gaya penulisannya mirip dengan yang ada dalam whitepaper Bitcoin.

 

Jadi, apakah itu membuatnya Nakamoto? Kita belum tahu pasti. Yang kita tahu adalah bahwa dia adalah seorang jenius. Selain itu, kita tahu bahwa dia mungkin saja adalah Satoshi Nakamoto yang sebenarnya.

 

Pandangan tentang Keamanan dan Pihak Ketiga

 

Mengutip laman brickken.com, dalam makalahnya “Trusted Third Parties Are Security Holes”, Nick memberikan pandangannya. Baginya, pihak terpercaya justru mengkhianati tujuan utama mereka. 

 

Pihak terpercaya dirancang untuk meningkatkan keamanan komersial, yang mencakup perlindungan terhadap pelanggaran data, privasi, integritas, dan properti. 

 

Dalam argumen Nick, dia menentang pihak terpercaya. Selain itu, dia merasa bahwa pihak terpercaya terlalu mahal dan terlalu berisiko.

 

Berikut adalah beberapa alasannya. Mereka membatasi imajinasi. Merancang pihak ketiga yang bergantung pada protokol itu mudah sehingga membatasi imajinasi untuk menemukan alternatif yang tidak bergantung pada pihak ketiga. Pihak terpercaya memiliki agenda dan kepentingan tersembunyi. Selain itu, biaya transaksinya terlalu tinggi.

 

“Pihak ketiga terpercaya adalah yang tidak ada” – Nick Szabo.

 

Jadi, dia adalah seorang penentang kuat terhadap pihak ketiga terpercaya.

 

Pengaruh dan Penerimaan di Komunitas Kripto

 

Sebelum aset kripto pertama kali ditemukan, Nick sudah tertarik pada kriptografi. Dia memiliki banyak karya untuk membuktikan hal ini. Lebih dari itu, dia menciptakan smart contracts pada tahun 1996. 

 

Jadi, ketika Bitcoin dirilis pada tahun 2009, dia sudah siap untuknya. Bersama dengan beberapa nama terkemuka: Hal Finney dan Craig Wright. Dia adalah salah satu dari yang pertama mendukung blockchain Bitcoin. Mereka langsung mengambil gagasan itu.

 

Aset kripto lain seperti Ethereum, EOS, dan banyak lainnya mengikuti Bitcoin. Dengan masuknya ini, pengaruhnya semakin berkembang. Ide smart contract-nya terus berkembang.

 

Nick Szabo 3

 

Kenapa Nick Szabo Begitu Tertutup?

 

Subjek Nick yang begitu bersifat pribadi masih tidak diketahui. Tidak ada bukti yang tegas mengenai alasan mengapa dia begitu menutup diri. Namun, kita hanya bisa berspekulasi. Bagaimana?

 

Nah, penjelasan yang paling masuk akal adalah: Nick lebih suka karyanya yang berbicara untuknya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bagian biografinya di blognya mencakup ulasan tentang karyanya. 

 

Di samping itu, blog-nya sepenuhnya tentang literatur yang telah dia teliti, ini adalah seorang yang lebih bangga akan karyanya daripada dirinya sendiri.

 

Kesimpulan

 

Sebagai kesimpulan, Nick Szabo telah memberikan kontribusi yang penting dalam perkembangan dunia kripto. 

 

Sebagai seorang ilmuwan komputer dan kriptografer, ia telah menciptakan konsep-konsep revolusioner seperti smart contracts yang menjadi landasan bagi teknologi blockchain dan aset kripto saat ini. 

 

Karyanya telah memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan teknologi blockchain, memperkenalkan gagasan-gagasan inovatif yang terus mendorong kemajuan dalam industri ini. 

 

Dengan kepribadiannya yang cenderung tertutup, ia membiarkan karyanya yang berbicara untuk dirinya sendiri, menunjukkan pentingnya fokus pada kualitas dan nilai dari hasil karyanya. 

 

Pada akhirnya, pemikiran dan karya Nick Szabo telah membuka jalan bagi perkembangan teknologi blockchain dan aset kripto, serta memberikan fondasi yang kuat bagi masa depan industri ini.

 

Yuk Investasi di Aset Kripto Mudah, Aman, & Untung di INDODAX

 

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui siapa Nick Szabo, mulai dari pendidikan dan karir awal, kontribusi utamanya dalam dunia kripto, hingga pandangan tentang keamanan dan pihak ketiga.

 

Selanjutnya, jika kamu tertarik untuk melakukan investasi kripto secara mudah, aman, dan untung, di antaranya beli bitcoin, beli ethereum, ataupun aset kripto lainnya, maka kamu dapat membelinya di INDODAX Market.

 

Di samping itu, untuk mempermudah kamu dalam melakukan aktivitas trading crypto dengan mudah dan aman, kamu dapat men-download aplikasi crypto terbaik dari INDODAX melalui Google Play Store maupun melalui App Store sekarang juga!

 

Sebagai pengingat, INDODAX merupakan sebuah platform perdagangan aset kripto terbaik dan ternama di Indonesia hingga saat ini.

 

Menjadi pelopor perdagangan aset kripto di Indonesia, INDODAX pun senantiasa berkomitmen untuk menghadirkan akses yang terbuka bagi para investor untuk masuk ke pasar aset kripto.

 

Adapun sebagai disclaimer, perlu diingat juga bahwa sebagaimana jenis-jenis investasi lainnya, investasi pada aset kripto juga mempunyai risiko tersendiri.

 

Risikonya, antara lain, terkait dengan nilai aset kripto yang fluktuatif dan tingginya tingkat volatilitas pada aset kripto.

 

Karena itu, penting untuk melakukan riset secara mendalam terlebih dahulu terkait aset kripto yang akan diinvestasikan dan pelajari selengkapnya tentang dunia kripto dan teknologi blochchain di Akademi crypto, di INDODAX Academy..

 

Jadi, tunggu apa lagi? Mari mulai berinvestasi pada aset kripto sekarang juga di INDODAX!

 

FAQ

 

  1. Siapa Nick Szabo?

 

Nick Szabo adalah seorang ahli komputer dan kriptografi yang terkenal karena menciptakan konsep smart contract dan BitGold.

 

  1. Apa itu smart contract?

 

Smart contract adalah protokol komputer yang dirancang untuk memfasilitasi, memverifikasi, atau menegakkan negosiasi atau pelaksanaan kontrak tanpa memerlukan pihak ketiga.

 

  1. Apa kontribusi utama Nick Szabo dalam dunia kripto?

 

Kontribusi utama Nick Szabo termasuk pengembangan konsep smart contract dan penciptaan BitGold, yang menjadi inspirasi bagi Bitcoin.

 

  1. Apakah Nick Szabo adalah Satoshi Nakamoto?

 

Meskipun ada spekulasi dan penelitian yang menghubungkan Szabo dengan Satoshi Nakamoto, Szabo sendiri telah membantah tuduhan ini.

 

  1. Mengapa Nick Szabo menentang penggunaan pihak ketiga yang terpercaya?

 

Nick Szabo berpendapat bahwa pihak ketiga meningkatkan risiko keamanan dan biaya transaksi, dan lebih memilih sistem yang dapat dipercaya tanpa perantara.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Lens Protocol: Revolusi Media Sosial Terdesentralisasi
12/07/2024
Lens Protocol: Revolusi Media Sosial Terdesentralisasi

Dalam konteks privasi, keamanan, kepemilikan, dan monetisasi data di media

12/07/2024
Venom Network: Revolusi Baru di Dunia Blockchain
11/07/2024
Venom Network: Revolusi Baru di Dunia Blockchain

Venom Network belakangan ini telah menjadi sorotan sebagai platform blockchain

11/07/2024
Mengenal Leap Wallet: Dompet Digital & 10 Fitur Canggihnya
10/07/2024
Mengenal Leap Wallet: Dompet Digital & 10 Fitur Canggihnya

Selama setahun terakhir, Leap telah membangun salah satu dompet paling

10/07/2024