Rarible Vs OpenSea: Memahami Perbedaan dalam Pasar NFT
icon search
icon search

Top Performers

Perbedaan Rarible vs OpenSea, Platform Seniman NFT

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Perbedaan Rarible vs OpenSea, Platform Seniman NFT

Perbedaan Rarible vs OpenSea, Platform Seniman NFT

Daftar Isi

Ketika membicarakan Non-Fungible Token (NFT) marketplace atau pasar NFT, OpenSea sering kali menjadi rujukan utama. Namun, sebenarnya ada banyak pasar NFT lain yang memiliki keunggulan dan fitur unik, salah satunya adalah Rarible.

 

Rarible pun bukan sekadar marketplace, melainkan juga sebuah ekosistem terbuka yang menjadi tempat bagi kreator digital dan kolektor untuk dapat saling berinteraksi, membuat, menjual, dan membeli NFT dengan keunikannya masing-masing.

 

Adapun perbedaan utama Rarible dengan platform NFT lainnya adalah pada pemanfaatan teknologi blockchain Ethereum. Melalui blockchain Ethereum, Rarible menciptakan panggung terdesentralisasi yang memungkinkan penggunanya secara langsung terlibat dalam ekosistem NFT tanpa keterlibatan pihak ketiga. Teknologi blockchain Ethereum sendiri berperan penting dalam mendukung transparansi, keamanan, dan desentralisasi di Rarible. Dengan memanfaatkan kecerdasan kontrak pintar, Rarible pun menyediakan lingkungan bagi kreator digital untuk bisa menciptakan, mengelola, dan memasarkan karya mereka tanpa kendala atau batasan.

 

Nah, untuk lebih memahami tentang apa itu Rarible, cara kerjanya, cara menggunakannya untuk membeli dan menjual NFT, besaran gas fee-nya, hingga perbedaannya dengan OpenSea, simak ulasan selengkapnya berikut ini!

 

Apa Itu Rarible?

Rarible adalah platform berbasis Ethereum yang menawarkan berbagai fitur untuk mendukung kreator digital dan investor dalam proses pembuatan, penjualan, dan pembelian NFT.

 

Berdiri pada tahun 2020 oleh Alexander Salnikov, Rarible memiliki ciri khasnya sendiri, yaitu keberadaan token bawaan bernama RARI. Token RARI memiliki peran khusus di dalam ekosistem Rarible, digunakan untuk melancarkan transaksi dan berfungsi sebagai token tata kelola. Secara lebih spesifik, RARI berperan sebagai token governance.

 

Pada saat ini, jumlah pengguna Rarible mencapai sekitar 11.550, meskipun angka ini masih lebih rendah dibandingkan dengan platform OpenSea yang memiliki 20.000 pengguna.

 

Bagaimana Cara Kerja Rarible?

 

Perbedaan Rarible vs OpenSea, Platform Seniman NFT

 

Perlu diketahui, Rarible berperan sebagai platform perdagangan yang bertujuan menghubungkan antara penjual, yang umumnya terdiri dari para kreator konten seperti seniman digital, pembuat model, atau pembuat meme, dengan pembeli yang memiliki kebebasan untuk memilih produk yang ingin mereka beli.

 

Proses pengubahan karya menjadi NFT di Rarible dimulai dengan pencipta yang perlu “mencetak” token menggunakan perangkat lunak platform. Untuk melakukannya, mereka mengisi formulir di situs web, melampirkan gambar, dan menyertakan data lain, seperti harga listing, yang merepresentasikan karya mereka. Setelahnya, Rarible membuat token baru di blockchain Ethereum. Seperti halnya dengan token lainnya di Ethereum, NFT yang dihasilkan dapat ditransfer antar dompet menggunakan perangkat lunak Rarible.

 

Penting dicatat bahwa Rarible menggunakan blockchain Ethereum untuk menyematkan riwayat lengkap pemilik dan riwayat transaksi ke dalam kode NFT. Saat transaksi berhasil, baik pembeli maupun penjual diharuskan membayar biaya transaksi yang masuk ke jaringan Rarible.

 

Bagaimanakah Cara Menggunakan Rarible untuk Membeli dan Menjual NFT?

Setelah memahami pengertian dan cara kerjanya, juga penting untuk mengetahui cara menggunakan Rarible untuk membeli dan menjual NFT. Berikut ini panduan selengkapnya yang penting untuk diketahui, yaitu:

 

  1. Cara Menggunakan Rarible untuk Membeli NFT

 

  • Buatlah akun dompet digital yang dapat digunakan untuk pertukaran aset kripto dan kompatibel dengan platform Rarible, seperti MetaMask.
  • Akses situs web Rarible dan daftarkan akun kamu. Sambungkan akun MetaMask kamu ke platform Rarible.
  • Setelah dompet terhubung, kamu dapat langsung membeli NFT favorit kamu di Rarible.

 

  1. Cara Menggunakan Rarible untuk Menjual NFT

 

Untuk para kreator atau seniman NFT yang ingin menjual karyanya, berikut langkah-langkah menjual NFT di Rarible, yakni:

 

  • Kunjungi beranda situs web Rarible dan masuk ke akun yang sudah terhubung dengan dompet digital.
  • Klik tombol “Create” untuk membuat karya NFT. Umumnya, ada dua jenis pembuatan karya NFT, yaitu Single dan Multiple.
  • Pilih “Single” jika kamu hanya ingin menjual satu salinan karya seni NFT.
  • Pilih “Multiple” jika kamu ingin menjual beberapa karya NFT.
  • Unggah berkas karya seni kamu dan gunakan tombol “toggle” untuk menjual NFT.
  • Tentukan harga jual untuk NFT kamu.
  • Tunggu tawaran harga dari pembeli. Jika tawaran sesuai, maka kamu bisa menekan perintah “Jual”.

 

Penting untuk diingat, pengguna perlu membayar biaya gas untuk melakukan transaksi. Kamu dapat memeriksa profil akun kamu untuk melihat NFT yang telah dibuat, melihat riwayat pesanan, dan penjualan karya tersebut.

 

Berapa Biaya Gas Fee Rarible?

Biaya gas Ethereum bervariasi berdasarkan penawaran dan permintaan. Biaya ini bisa meningkat ketika permintaan tinggi. Dengan memilih waktu yang tepat untuk harga gas Ethereum, kamu dapat memutuskan kapan yang terbaik untuk membuat, membeli, atau menjual.

 

Kamu bisa melihat detail perubahan harga gas Ethereum dengan cara sebagai berikut:

 

  1. Kunjungi tautan (link) https://etherscan.io/gastracker

Sumber gambar: help.rarible.com

 

Catatan: perkiraan harga gas Ethereum diperbarui terus-menerus pada waktu yang tepat.

 

  1. Kamu dapat menganalisis harga gas terendah, rata-rata, dan tertinggi pada setiap saat dengan mengakses tautan https://etherscan.io/gastracker:

Sumber gambar: help.rarible.com

 

  1. Kamu dapat memperkirakan biaya suatu transaksi tertentu melalui tautan https://etherscan.io/gastracker dengan melihat contoh transaksi:

Sumber gambar: help.rarible.com

 

  1. Jika transaksi kamu tidak mendesak, maka kamu dapat melacak harga gas sebelumnya dengan harga gas oracle. Gulir ke bagian bawah halaman https://etherscan.io/gastracker dan analisis grafik ini. Hal tersebut dapat memberikan petunjuk terkait kapan harga gas paling rendah.

Sumber gambar: help.rarible.com

 

Perbedaan Rarible vs OpenSea

Setelah memahami cara kerja hingga cara menggunakannya untuk membeli dan menjual NFT, kini saatnya untuk mengetahui beberapa perbedaan antara Rarible dengan OpenSea

 

Berbagai macam perbedaan ini meliputi target audience, security, supported wallets, supported currencies, hingga community. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

 

1. Target Audience

Sebagai pasar NFT pertama, OpenSea telah berkembang menjadi platform yang mencakup jaringan pedagang dan seniman dengan jumlah yang cukup besar, dengan lebih dari 1,5 juta pengguna aktif. Tujuannya adalah menyederhanakan proses pembelian dan penjualan aset digital. 

 

Di lain sisi, Rarible, meskipun memiliki basis pengguna yang besar dengan lebih dari dua juta pengguna aktif bulanan, menekankan kemudahan pengaruh audiensnya terhadap arah bisnis. Bahkan, pembuat platform ini juga menciptakan token tata kelola yang memungkinkan pengguna berpartisipasi dalam pengambilan keputusan terkait peningkatan platform.

 

Keduanya menggunakan kontrak pintar yang dianggap sebagai standar industri untuk transaksi NFT, memungkinkan pelacakan kepemilikan yang mudah karena informasi disimpan di blockchain.

 

Meskipun Rarible lebih berfokus pada memberikan lingkungan di mana seniman memiliki peran dalam pengelolaan platform, tetapi OpenSea menawarkan komunitas yang mempermudah pengguna dalam transaksi barang digital. Di lain sisi, saat Rarible fokus pada memberdayakan seniman, OpenSea lebih berorientasi pada pengguna yang ingin membeli dan menjual karya seni digital serta memberi mereka kendali atas karya seni mereka dan pasar secara keseluruhan. Artinya, Rarible berfokus pada seniman, sedangkan OpenSea berfokus pada seni secara lebih luas.

 

2. Security

Pentingnya keamanan aset digital menjadi sorotan utama ketika berurusan dengan NFT, yang memiliki potensi rentan terhadap risiko peretasan dan penipuan. Sayangnya, tantangan penipuan dihadapi oleh OpenSea dan Rarible, terutama karena sifat pasar terbuka mereka yang membuat sulit untuk mencegah kemunculan barang palsu dan pelanggaran hak cipta. Sekalipun keduanya mengalami masalah penipuan, OpenSea menunjukkan lebih banyak permasalahan terkait keamanan, termasuk serangan baru-baru ini terhadap kontrak pintar yang meningkatkan risiko pencurian NFT bagi pengguna. 

 

Di samping itu, laporan terbaru dari perusahaan keamanan siber Check Point mengungkapkan bahwa kerentanan keamanan di pasar NFT dapat memungkinkan peretas mencuri NFT dan token kripto pengguna dalam satu transaksi, akibat kesenjangan keamanan antara infrastruktur Web2 dan Web3. Meski ada upaya untuk meningkatkan keamanan, perlu diakui bahwa keduanya belum menjadi pasar NFT yang paling aman saat ini.

 

3. Supported Wallets

MetaMask, sebagai dompet Ethereum yang dikenal luas, menjadi salah satu dukungan penting dari OpenSea. Selain itu, MetaMask berkolaborasi dengan berbagai bisnis, termasuk Bitski, Coinbase, dan Fortmatic, memperluas jaringan dukungannya. Beberapa dompet lain yang didukung oleh OpenSea meliputi TrustWallet, Portis, Venly, Authereum, Bitski, Dapper, Kaikas, Opera Touch, Torus, WalletConnect, Phantom, dan Glow. 

 

Di lain sisi, Rarible juga mendukung sejumlah integrasi dompet, termasuk MyEtherWallet, MetaMask, dan Ethereum. Dompet lain yang dapat digunakan mencakup Fortmatic, Rainbow Wallet, Coinbase. 

 

Dengan demikian, ada kemungkinan besar bahwa dompet kripto yang kamu gunakan akan diterima di kedua platform, mengingat keduanya bersifat terbuka terhadap banyak jenis dompet.

 

4. Supported Currencies

OpenSea memungkinkan pengguna membeli dan menjual NFT menggunakan Ethereum (ETH/WETH), SOL, USDC, dan DAI. Adapun Rarible hanya menerima VISA dan Mastercard. Uang segera dikonversi menjadi ETH dengan kurs saat ini sehingga penjual tetap dibayar dalam bentuk aset kripto. 

 

Kamu pun memerlukan dompet kripto untuk menggunakan Rarible tanpa memandang opsi pembayaran yang kamu pilih. Blockchain yang didukung tercermin dalam opsi aset kripto, yaitu bergantung pada jaringan yang kamu gunakan dan kamu bisa membayar dengan ETH, FLOW, XTZ, atau MATIC.

 

Hal itu mengisyaratkan bahwa di OpenSea kamu bisa melakukan perdagangan lebih dari 150 aset kripto yang berbeda. Rarible memberi kamu opsi untuk membayar dengan kartu kredit. Sementara itu, di OpenSea, jika kamu tinggal di wilayah yang didukung maka kamu bisa menggunakan MoonPay untuk membeli NFT dengan kartu kredit atau kartu debit. Saat membeli NFT, MoonPay memungkinkan konversi uang fiat milikmu menjadi aset kripto.

 

Rarible juga memiliki aset tersendiri yang disebut RARI. Kamu bisa mendapatkan RARI dengan menambang likuiditas di situs tersebut. Namun, di platform ini, token ini tidak dapat digunakan untuk melakukan pembelian atau penjualan. Satu-satunya fungsi token ini adalah memungkinkan orang memberikan suara dalam penyesuaian pasar yang akan datang. Sayangnya, proyek Rarible memiliki beberapa masalah yang mungkin menghambat kinerjanya. Salah satunya disebut “wash trading” di mana individu membuka beberapa akun untuk menukarkan token mereka sendiri. Akibatnya, nilai token tersebut menjadi terancam.

 

5. Community

Rasa berkomunitas dan keterlibatan pada suatu platform dapat memiliki dampak signifikan pada perdagangan dan investasi NFT. Berikut adalah gambaran dari komunitas di OpenSea dan Rarible:

 

OpenSea

 

  • Komunitas yang mapan dari pembeli dan penjual NFT
  • Kehadiran aktif di media sosial, dengan lebih dari 200.000 pengikut di Twitter
  • Komunitas Discord yang kuat dengan lebih dari 32.000 anggota
  • Acara dan kontes komunitas rutin untuk melibatkan pengguna

 

Rarible

 

  • Komunitas aktif dari pencipta dan kolektor NFT
  • Kehadiran aktif di media sosial, dengan lebih dari 90.000 pengikut di Twitter
  • Komunitas Discord yang kuat dengan lebih dari 12.000 anggota
  • Acara dan kontes komunitas rutin untuk melibatkan pengguna

 

Ketika membandingkan komunitas di OpenSea dan Rarible, jelas bahwa kedua platform memiliki base pengguna yang berdedikasi dan keterlibatan aktif di media sosial dan Discord. 

 

OpenSea memiliki komunitas secara keseluruhan yang lebih besar dan kehadiran yang lebih mapan, yang mungkin menarik bagi pembeli dan penjual yang mencari pasar yang beragam dan terlibat. Di lain sisi, Rarible memiliki fokus yang kuat pada pencipta dan kolektor NFT, dengan komunitas seniman dan penggemar yang sangat aktif.

 

Memiliki komunitas yang kuat tentunya bisa sangat mempengaruhi perdagangan dan investasi NFT. Platform yang mendorong komunitas yang terlibat dan mendukung cenderung menarik lebih banyak pembeli dan potensial meningkatkan nilai NFT kamu. Selain itu, komunitas aktif di media sosial dan Discord dapat menjadi sumber informasi, wawasan, dan peluang jaringan yang berharga baik bagi pencipta NFT maupun investor.

 

Mana yang Lebih Baik Rarible atau OpenSea?

 

Perbedaan Rarible vs OpenSea, Platform Seniman NFT

 

Pertanyaan selanjutnya adalah mana yang lebih unggul atau lebih layak untuk dipilih, Rarible atau OpenSea? Pada akhirnya, semuanya bergantung pada preferensi pribadi dan sejauh mana kamu bersedia mengorbankan dalam menggunakan fitur atau layanan tertentu.

 

Sebagai contoh, kamu mungkin bersedia mengorbankan variasi metode pembayaran kripto yang ditawarkan oleh OpenSea demi kemungkinan membeli NFT di Rarible dengan menggunakan kartu kredit. Meskipun OpenSea mungkin lebih dikenal dan memiliki sejarah yang lebih panjang, perlu diingat bahwa Rarible menawarkan beberapa keuntungan signifikan yang sebaiknya dipertimbangkan. Rarible memungkinkan pencetakan yang lebih lambat, mendukung empat blockchain sehingga pengguna dapat menentukan royalti mereka sendiri dan memberikan opsi pembayaran dengan kartu kredit untuk barang dengan harga tetap.

 

Di lain sisi, satu-satunya keunggulan OpenSea dibandingkan Rarible adalah dukungan untuk Solana dan penerimaan lebih banyak jenis file. Namun, keunggulan tersebut tidak cukup untuk memberikan OpenSea keunggulan yang jelas. Meskipun OpenSea mungkin dianggap sebagai pasar NFT terbaik, risikonya adalah bahwa jika tidak mampu mengadopsi fitur-fitur terbaru yang muncul di pasar, OpenSea bisa kehilangan posisi terdepannya. 

 

Saat ini, Rarible muncul sebagai pilihan yang lebih baik bagi pembuat dan pembeli, terutama karena OpenSea sedang mengatasi masalah NFT palsu yang tersebar di seluruh situs.

 

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Rarible hingga saat ini telah membuktikan diri sebagai platform inovatif yang populer dalam dunia seni digital. Jika dibandingkan dengan Opensea maka Rarible menonjol dengan pendekatan terdesentralisasi yang memberikan lebih banyak kontrol kepada kreator dan kolektor NFT. Rarible pun bukan sekadar marketplace, melainkan telah menjadi ekosistem terbuka tempat kreativitas berkembang dan dihargai.

 

Di lain sisi, peran NFT dalam menciptakan nilai dan kepemilikan digital yang unik menjadi aspek penting dalam era saat ini. Rarible yang memanfaatkan teknologi blockchain Ethereum telah memberikan wadah bagi kreator untuk mengekspresikan diri dan menghasilkan karya digital yang bernilai nyata. Lebih jauh, NFT pun tidak hanya menjadi transaksi digital biasa, tetapi juga merupakan sebuah perwakilan otentik dari karya seni atau koleksi yang unik serta menciptakan nilai dan ikatan antara kreator dan pemiliknya.

 

Sebagai tambahan informasi, kamu juga dapat membaca artikel menarik lainnya yang berhubungan dengan dunia NFT, seperti 8 NFT Marketplace Terpopuler di dunia hingga daftar game NFT android terbaik untuk mendapatkan keuntungan hanya di INDODAX Academy.

 

Penting diketahui juga, untuk memperluas pemahaman tentang teknologi blockchain, kamu sangat disarankan untuk menjelajahi artikel-artikel terbaru di INDODAX Academy. Adapun materi yang tersedia di INDODAX Academy mencakup konsep dasar hingga aspek yang lebih kompleks terkait dengan teknologi blockchain. Dengan membaca beragam artikel yang disajikan di INDODAX Academy, kamu dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang teknologi ini, mengenai penerapannya dalam berbagai konteks, dan juga memperoleh pembaruan terkini seputar dunia kripto.

 

Yuk, Investasi Aset Crypto di INDODAX!

Nah, sekarang kamu sudah memahami tentang apa itu Rarible, cara kerjanya, cara menggunakannya untuk membeli dan menjual NFT, besaran gas fee-nya, hingga perbedaannya dengan OpenSea.

 

Selanjutnya, apabila kamu berminat untuk invetasi aset crypto, maka ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu pasar kripto di INDODAX Market. Setelah mengecek harga, kamu pun nantinya bisa langsung melakukan pembelian aset kripto di crypto exchange tepercaya, yakni INDODAX.

 

Sebagai pengingat kembali, INDODAX merupakan platform terkemuka dan pionir dalam hal perdagangan atau jual beli aset kripto di Indonesia. Sebagai platform jual beli aset kripto, INDODAX telah membuktikan diri dalam memberikan layanan yang dapat dipercaya kepada para investor. INDODAX pun menyediakan akses yang mudah dan nyaman ke pasar aset kripto dengan menjamin keamanan transaksi bagi para pengguna.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, mulai investasi pada aset kripto sekarang juga bersama INDODAX!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

RollerCoin: Game Penambang Kripto & Cara Mainnya
01/03/2024
RollerCoin: Game Penambang Kripto & Cara Mainnya

Salah satu game berbasis blockchain yang menjadi perbincangan hangat belakangan

01/03/2024
Kenal LYFE Lebih Dekat: Revolusi Investasi Properti Digital di Indonesia
29/02/2024
Kenal LYFE Lebih Dekat: Revolusi Investasi Properti Digital di Indonesia

Era digital yang terus berkembang dengan pesat memicu lahirnya inovasi-inovasi

29/02/2024
CEX: Cara Kerja, Kelebihan, dan Perbandingan vs DEX
29/02/2024
CEX: Cara Kerja, Kelebihan, dan Perbandingan vs DEX

Di zaman yang serba digital, aset kripto yang terdapat pada

29/02/2024