Supra Oracles: Membangun Masa Depan Keuangan dengan Web3
icon search
icon search

Top Performers

Supra Oracles: Jembatan Menuju Keuangan Digital Terdesentralisasi

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Supra Oracles: Jembatan Menuju Keuangan Digital Terdesentralisasi

Supra Oracles 1

Daftar Isi

Salah satu perkembangan di dunia blockchain adalah hadirnya decentralized oracle solution. Sistem ini pada dasarnya memungkinkan platform blockchain mengakses data dari sumber eksternal di luar jaringan blockchain, seperti informasi harga, data cuaca, atau data keuangan.

 

Adapun di antara penyedia utama solusi oracle yang aman dan dapat ditingkatkan skalanya untuk aplikasi terdesentralisasi (dApps) adalah Supra oracle. Untuk diketahui, Supra merupakan protokol yang menghubungkan Web2 dan Web3. 

 

Web2 mengacu pada internet yang umumnya dikenal saat ini, sementara Web3 adalah bentuk internet yang terutama bergantung pada teknologi blockchain. Dengan Supra, aplikasi dari Web2 dan Web3 dapat saling terhubung dan melakukan pertukaran data. 

 

Hal itu dapat terwujud melalui penggunaan smart contract, yakni program komputer yang beroperasi di dalam jaringan blockchain. Nah, untuk lebih memahami tentang Supra Oracles, mulai dari pengertian hingga kemitraan dengan Google Cloud, simak ulasannya berikut ini!

 

Apa Itu Supra Oracles?

Supra Oracle adalah proyek oracle terdesentralisasi yang dikembangkan di dalam blockchain Telos. Fokus utama dari Supra Oracle adalah menyambungkan data dunia nyata ke dalam ekosistem blockchain Telos.

 

Dengan Supra Oracle, aplikasi decentralized app (DApp) yang dibangun di Telos dapat dengan mudah mengakses data eksternal, seperti harga aset kripto, nilai tukar, suhu udara, hasil pertandingan, dan informasi lainnya. 

 

Semua data itu diarahkan melalui jaringan node Supra Oracle yang beroperasi secara terdesentralisasi. Uniknya, Supra Oracle menggunakan mekanisme konsensus hibrida untuk mencapai kesepakatan di antara node oracle

 

Pendekatan ini menggabungkan Proof of Stake (PoS) dengan Congress Network, sebuah fitur yang khas untuk Telos. Selain itu, model token ekonomi Supra Oracle memanfaatkan token bernama SUPRA.

 

Visi dan Motivasi SupraOracles

 

Supra Oracles 2

 

Mengutip laman coinfolks.id, untuk memudahkan pemahaman, bayangkanlah Supra Oracles sebagai suatu entitas digital yang membesar secara kontinu, mirip dengan perkembangan manusia. 

 

Meskipun tidak bersifat manusia, entitas ini sebenarnya merupakan suatu ekosistem keuangan digital yang kompleks. 

 

Entitas ini terdiri dari berbagai komponen, termasuk blockchain dan sistem digital, yang perlu bekerja sama untuk menjaga keseimbangan dan mengalami perkembangan. 

 

Supra berperan sebagai pusat koordinasi, serupa dengan otak, yang menghubungkan semua bagian seperti pusat dan cabang. Tujuannya adalah untuk memfasilitasi kemajuan dan pertumbuhan keseluruhan.

 

Supra dilengkapi dengan mekanisme sensor yang mirip dengan mata dan telinga untuk mengumpulkan informasi dari lingkungan eksternal melalui layanan oracle

 

Informasi yang terkumpul selanjutnya dikirim ke “otak” Supra, yaitu platform kontrak pintar dan otomatisasi, untuk dianalisis dan divalidasi.

 

Layanan otomatisasi Supra berfungsi sebagai perangkat pengatur di dalam ekosistem digital ini. Layanan tersebut bertanggung jawab mengelola instruksi dan respons secara efisien terhadap berbagai komponen yang terlibat. 

 

Ketika berbicara mengenai nilai dan transaksi digital, aset digital dalam ekosistem Supra dianggap sebagai media yang membawa nilai. Setiap kategori aset digital memiliki peran uniknya masing-masing.

 

Layanan otomatisasi Supra menjadi pusat pengatur yang membantu mengkoordinasikan dan menanggapi kegiatan di dalam ekosistem digital ini. 

 

Dengan demikian, dapat diibaratkan bahwa Supra Oracles adalah penyedia layanan oracle yang aman dan mampu ditingkatkan untuk aplikasi terdesentralisasi.

 

Masalah dan Solusi yang Diatasi Supra Oracles 

Mengutip laman coinfolks.id, Supra merupakan sebuah jaringan blockchain yang diciptakan untuk mengatasi fragmentasi dan kekurangan yang terdapat dalam sistem keuangan digital saat ini. 

 

Jaringan tersebut berfungsi sebagai penghubung, menyatukan berbagai blockchain dan sistem digital lainnya, sambil menyediakan sejumlah layanan keuangan terintegrasi.

 

Masalah yang Sering Teridentifikasi

Terdapat tiga kategori utama masalah yang teridentifikasi dalam sistem keuangan digital, yaitu:

 

  • Data: Ketidakcukupan komunikasi dan sinkronisasi antar blockchain serta sumber data lainnya menghambat pengembangan aplikasi yang melibatkan beberapa sistem dan rantai blok.
  • Nilai: Aset digital sering kali terkunci dalam suatu blockchain tertentu, menghambat ketergantungan dan pemanfaatan yang bebas di seluruh ekosistem.
  • Likuiditas: Fragmentasi likuiditas memberikan kompleksitas tambahan pada perdagangan dan transaksi lintas blockchain.

 

Solusi dari Supra Oracles

  • Menghimpun data dari berbagai blockchain dan sumber eksternal.
  • Menyediakan jalur penghubung untuk transfer aset digital antar blockchain.
  • Membangun kolam likuiditas terintegrasi untuk mempermudah perdagangan dan transaksi.

 

Infrastruktur Supra Oracles

Supra terdiri dari dua komponen utama, yaitu:

 

1. Infrastruktur Jaringan IntraLayer

Merupakan inti dari Supra yang menyediakan berbagai layanan, di antaranya:

 

  • Layanan oracle: Berfungsi sebagai penghubung komunikasi antara blockchain dan sistem eksternal.
  • Jembatan lintas rantai: Memfasilitasi transfer aset dan data antar blockchain.
  • Jaringan blockchain dengan throughput tinggi: Memproses transaksi dengan cepat dan efisien.
  • Platform kontrak pintar: Membuka kemungkinan pengembangan aplikasi terdesentralisasi.
  • Layanan otomatisasi: Menjadwalkan serta mengeksekusi transaksi secara otomatis.

 

2. Infrastruktur Finansial

Merupakan lapisan yang menyediakan layanan keuangan terintegrasi, antara lain:

 

  • Dynamic Function Market Maker (DFMM): Sebagai Automated Market Maker (AMM) lintas rantai yang dinamis untuk meningkatkan efisiensi perdagangan.
  • Kerangka kebijakan fiskal: Sebuah sistem desentralisasi untuk regulasi harga dan alokasi anggaran jaringan.
  • Dynamically Structured Pool Protocol (DSPP): Mekanisme asuransi yang bertujuan melindungi pengguna dari potensi kerugian.
  • Money Market Protocol (MMP): Sebuah sistem modular untuk manajemen keuangan yang lebih canggih.

 

Token $SUPRA: Jantung Ekosistem

Mengutip laman coinfolks.id, token $SUPRA memiliki peran penting sebagai elemen yang memberikan nilai di seluruh ekosistem Supra. 

 

Token ini melaksanakan berbagai fungsi yang saling melengkapi, mendorong pertumbuhan, dan memfasilitasi evolusi berkelanjutan dari jaringan.

 

Fungsi utama dari token $SUPRA, di antaranya:

 

    • Staking Token: Memperkuat keamanan jaringan melalui insentif finansial. Pemegang $SUPRA dapat mengunci (staking) token mereka untuk memvalidasi transaksi dan menerima imbalan. Langkah ini bertujuan untuk mendorong tindakan positif dan menjaga keberlanjutan jaringan yang terdesentralisasi.

    • Work Token: Memberikan hak kepada pemegang token untuk berkontribusi pada jaringan dan memperoleh imbalan. Kontribusi ini dapat berupa penyediaan sumber daya komputasi, validasi transaksi, atau penyimpanan data.

    • Gas Fee Token: Digunakan sebagai biaya gas untuk mengaktifkan transaksi dalam jaringan. Pengguna membayar token $SUPRA untuk memanfaatkan layanan seperti Oracle, VRF, jembatan, otomatisasi, transfer nilai, dan transaksi kontrak pintar.

    • Subscription Token: Memberikan akses lebih terjangkau ke layanan Supra. Pemegang token dapat mengunci (staking) $SUPRA untuk memperoleh diskon, strategi ini bertujuan untuk mengurangi pasokan dan merangsang penggunaan layanan.

    • Data Access Token: Membuka pintu akses ke data real-time dan blockchain dari berbagai platform. Token $SUPRA berfungsi sebagai pusat data terdesentralisasi.

    • Governance Token: Memegang peran penting dalam menetapkan arah platform melalui NFT yang terkait dengan soulbound. Fungsinya adalah untuk memastikan bahwa keputusan diambil oleh pihak yang berkomitmen dan mencegah pengambilalihan oleh sekelompok individu yang terbatas.

 

Roadmap SupraOracles

 

Supra Oracles 3

 

Mengutip laman coinfolks.id, proyek oracle blockchain Supra telah mengumumkan rencananya untuk menyelenggarakan penjualan umum token SUPRA. Acara penjualan ini dijadwalkan pada tanggal 25 Oktober pukul 15:00 dengan tujuan meningkatkan partisipasi dalam jaringan blockchain

 

Sebanyak 50.000.000 token SUPRA akan ditawarkan dalam penjualan ini. Pada awal Token Generation Event (TGE), investor akan menerima 10% dari total token secara langsung. 

 

Sementara itu, 90% sisanya akan didistribusikan secara bertahap selama periode 18 bulan ke depan.

 

Dengan rilis sebesar 5% setiap bulan, penjualan token SUPRA dirancang agar dapat diakses oleh investor, dengan persyaratan investasi minimum sebesar $200 dan tanpa batasan maksimum. 

 

Selain itu, Supra memiliki strategi terperinci untuk mendistribusikan sisa 10.000.000.000 token SUPRA, yaitu:

 

  • Validator akan menerima 21% dari total token sebagai imbalan selama rentang waktu panjang, yakni 15 hingga 21 tahun. Pendekatan ini dirancang untuk meningkatkan keamanan jaringan Oracle.
  • Sebanyak 17% token akan dialokasikan kepada Foundation, yang nantinya akan digunakan untuk pengembangan dan pemeliharaan ekosistem Supra serta data Web3. Distribusi ini akan dilakukan selama tujuh tahun, dimulai dengan periode penundaan selama 6 bulan dan kemudian dilanjutkan dengan pembukaan setiap kuartal.
  • Para pendiri dan konsultan akan menerima sebanyak 16% token. Ini mencakup periode penantian selama 12 bulan, dengan tingkat pelepasan tahunan sebesar 20% token yang akan diberikan setiap tahun selama 2 tahun pertama, kemudian meningkat menjadi 30% setiap tahun selama 2 tahun berikutnya.
  • Alokasi sebesar 3,85% token akan diperuntukkan untuk likuiditas pertukaran dan akan disediakan sesuai kebutuhan.

 

Kemitraan dengan Google Cloud Platform

Sebagai penyedia utama oracle yang aman dan dapat ditingkatkan untuk aplikasi terdesentralisasi (dApps), Supra secara resmi mengumumkan kemitraan strategis dengan Google Cloud. 

 

Kerja sama ini bertujuan untuk menyediakan feed harga yang cepat dan terpercaya ke pasar keuangan Web2 dan Web3. Melalui kolaborasi ini, token oracle Supra akan memanfaatkan infrastruktur dan keahlian Google Cloud. 

 

Hal itu bertujuan untuk memberikan aplikasi terdesentralisasi (dApps) akses ke data harga real-time dari berbagai sumber, termasuk bursa, OTC market crypto, dan berbagai penyedia data. 

 

Seorang perwakilan dari Google Cloud menambahkan bahwa kerja sama dengan Supra akan memungkinkan pengembang dApp untuk mengakses data harga real-time dari berbagai sumber. 

 

Adapun hal tersebut diharapkan dapat membantu mereka dalam membangun aplikasi keuangan terdesentralisasi yang lebih dapat diandalkan dan efisien.

 

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Supra Oracles berperan penting dalam meredefinisi keuangan digital dengan memfasilitasi konektivitas antara Web2 dan Web3. Menyediakan layanan oracle yang aman dan bisa diskalakan, Supra Oracles pun memungkinkan pertukaran data yang terpercaya antar aplikasi terdesentralisasi.

 

Di lain sisi, potensi besar Supra Oracles terletak pada kemampuannya membuat internet yang lebih desentralisasi, transparan, dan aman. 

 

Lewat kemitraan strategis, implementasi teknologi blockchain, dan sejumlah layanan terintegrasi, Supra Oracles memiliki kontribusi besar pada transformasi ekosistem finansial menuju model yang lebih terdesentralisasi dan memberikan kepercayaan kepada pengguna.

 

Sebagai disclaimer, segala informasi yang disajikan tadi merupakan ringkasan dan interpretasi umum tentang peran dan potensi Supra Oracles dalam industri keuangan digital. 

 

Perlu dipahami, informasi di atas bisa berubah sewaktu-waktu bergantung pada faktor-faktor pasar dan perkembangan teknologi. 

 

Maka dari itu, penting bagi pembaca untuk melakukan riset mendalam terlebih dahulu sebelum membuat keputusan finansial atau investasi pada Supra Oracles agar memperoleh informasi yang lebih rinci mengenai teknologi ini.

 

Yuk Investasi Aset Crypto di INDODAX

Nah, sekarang kamu sudah memahami apa itu Supra Oracles , mulai dari pengertian hingga kemitraan dengan Google Cloud.

 

Selanjutnya, jika kamu tertarik untuk melakukan investasi kripto, kamu sangat disarankan untuk terlebih dahulu melakukan pengecekan harga di INDODAX Market.

 

Nantinya, setelah melakukan pengecekan harga, kamu dapat melakukan pembelian aset kripto di Indonesia Crypto Exchange terpercaya di Indonesia, yaitu INDODAX.

 

Di samping itu, jika kamu berniat untuk menggunakan layanan personal untuk memperjualbelikan aset kripto dalam jumlah yang terlalu besar untuk diproses melalui order book maka kamu dapat mengunjungi halaman OTC bitcoin di INDODAX.

 

Sebagai tambahan informasi, harga pada layanan OTC senantiasa mencerminkan pergerakan pasar sebba transaksi berlangsung di pasar spot. Kendati volume pembelian meningkat, hal itu tidak menjamin penurunan harga.

 

Di lain sisi, fokus utama layanan ini, yaitu memberikan kenyamanan selama proses transaksi bagi pengguna. Tim khusus akan memberikan arahan melalui semua tahapan prosedur untuk menjamin keamanan dan melindungi privasi pengguna.

 

Mari, mulai transaksi OTC Bitcoin di Indodax sekarang juga!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto
18/04/2024
Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto

Dalam beberapa waktu belakangan, OpenAI telah menjadi sorotan di dunia

18/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin
17/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin

CryptoTab adalah solusi unik yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan Bitcoin

17/04/2024
Ether.fi (ETHFI) Kini Hadir di INDODAX!
16/04/2024
Ether.fi (ETHFI) Kini Hadir di INDODAX!

Bukan sekadar aplikasi terdesentralisasi biasa, EtherFi membuka pintu ke dunia

16/04/2024