Inilah Fungsi Utama dari Crypto Wallet
icon search
icon search

Top Performers

open sidebar

Home / Paket Pelajaran Dasar / judul_artikel

Crypto Wallet

Mengenal Pengertian Crypto wallet - INDODAX Academy

Daftar Isi

Crypto Wallet merupakan aplikasi dompet wallet digital (perangkat) yang berguna untuk menyimpan, mengelola, dan melakukan transaksi dengan aset kripto. 

Crypto Wallet memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan mengakses aset kripto dengan mudah dan aman, serta melakukan transaksi pada aset kripto dengan hanya menggunakan perangkat mobile atau komputer.

Keuntungan Menggunakan Crypto Wallet Crypto Wallet

Image Basic Leaning IA Crypto Wallet 1200x675 INDODAX Academy 2

Berikut di bawah ini merupakan beberapa contoh keuntungan menggunakan Crypto Wallet, diantaranya:

1. Kemudahan dan Kecepatan Transaksi

Dengan menggunakan Crypto Wallet memungkinkan transaksi dilakukan semakin cepat dan mudah tanpa harus menyimpan uang tunai atau mengeluarkan kartu fisik.

2. Keamanan Tinggi

Crypto Wallet menggunakan enkripsi dan teknologi keamanan canggih yang berguna untuk melindungi aset kripto dari aksi kejahatan seperti hacking dan pencurian.

3. Anonymity

Beberapa Crypto Wallet memungkinkan anonimitas, sehingga dapat melakukan transaksi tanpa harus mengungkapkan informasi pribadi.

4. Aksesibilitas

Crypto Wallet dapat diakses dan digunakan dari mana saja dan kapan saja selama tersedianya koneksi internet.

5. Pencatatan Transaksi

Crypto Wallet menyimpan catatan transaksi yang memungkinkan untuk dilihat kapan saja, hal ini memudahkan untuk melacak pengeluaran dan pemasukan. 

Kustodial dan Non-Kustodial Wallet

Image Basic Leaning IA Crypto Wallet 1200x675 INDODAX Academy 3

Berikut adalah pengertian kustodial dan non-kustodial wallet: 

Wallet Kustodial

Wallet kustodial adalah jenis dompet crypto yang memiliki private key yang dikelola dan disimpan oleh suatu perusahaan atau penyedia layanan (pihak ketiga) seperti bursa crypto.

Penyedia layanan bertanggung jawab atas keamanan dan penyimpanan aset crypto yang dimiliki oleh pengguna. 

Pengguna dari wallet kustodial tidak mempunyai kontrol penuh atas aset kripto mereka dan tidak memiliki akses langsung ke private key mereka. 

Wallet Non-kustodial

Wallet Non-kustodial merupakan jenis dompet kripto yang memungkinkan pengguna memiliki private key mereka sendiri dan memiliki akses penuh atas aset kripto mereka.

Pengguna wallet non-kustodial bertanggung jawab atas keamanan dan penyimpanan aset kripto mereka.

Jenis Jenis Crypto Wallet

Perlu kamu ketahui bahwa ada beberapa jenis-jenis Crypto Wallet yang tersedia, diantaranya :

1. Cold Wallet

Image Basic Leaning IA Crypto Wallet Cold Wallet 1200x675 INDODAX Academy

Cold wallet adalah salah satu pilihan yang dianggap paling aman untuk menyimpan aset kripto, karena tidak terhubung ke internet, oleh karena itu risiko serangan hacker atau malware sangat rendah.

Namun, pengguna harus menyimpan private key secara manual seperti menuliskannya pada kertas atau menyimpannya di hardware wallet yang tidak terhubung ke internet. 

Selain itu, pengguna juga harus melakukan proses transaksi secara manual, seperti meng import private key ke perangkat yang terhubung ke internet.

2. Warm Wallet 

Image Basic Leaning IA Crypto Wallet Hot Wallet 1200x675 INDODAX Academy 1

Warm wallet adalah salah satu pilihan yang dianggap lebih mudah digunakan, karena terhubung ke internet, pengguna dapat dengan mudah melakukan transaksi dan mengakses saldo. 

Namun, karena terhubung ke internet, risiko serangan hacker atau malware lebih tinggi.

Pengguna harus menjaga perangkat agar aman seperti menginstall software anti virus atau mengaktifkan autentikasi dua faktor.

3. Hot Wallet 

Image Basic Leaning IA Crypto Wallet Warm Wallet 1200x675 INDODAX Academy

Hot wallet (hot storage) adalah jenis dompet yang terhubung dengan internet dan memungkinkan transaksi secara real-time. 

Hot wallet digunakan oleh pengguna yang sering melakukan transaksi dan biasa digunakan sebagai dompet sementara. 

Namun, hot wallet terhubung ke internet, oleh karena itu hot wallet juga lebih rentan terhadap serangan hacker dibandingkan dengan cold wallet (dompet yang tidak terhubung ke internet).

Cara Membuat Crypto Wallet 

Image Basic Leaning IA Crypto Wallet 1200x675 INDODAX Academy 1

1. Memilih Crypto Wallet

Pilihlah jenis crypto wallet yang sesuai dengan kebutuhan dan tingkat keamanan kamu.

2. Install Aplikasi Crypto Wallet 

Selain menginstall aplikasi, kamu juga bisa membuka website crypto wallet yang kamu pilih.

Kemudian membuat akun dengan mengisi informasi yang dibutuhkan seperti alamat email dan password, lalu pastikan kamu menyimpan informasi ini dengan aman. 

3. Verifikasi Akun 

Lakukan verifikasi akun kamu dengan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi atau website crypto wallet tersebut. 

4. Menambahkan Aset kripto 

Tambahkan aset kripto kamu ke dalam crypto wallet dengan cara mengirim aset kripto dari dompet lain ke dompet yang kamu miliki. 

5. Simpan Private Key Dengan Aman

Private key digunakan untuk mengakses dompet kamu dan melakukan transaksi, beberapa wallet yang menyediakan private key fisik harus disimpan dengan baik.

Contoh Crypto Wallet 

Berikut beberapa contoh crypto wallet yang populer dan sering digunakan:

1. Metamask

MetaMask adalah wallet crypto yang digunakan untuk menyimpan dan mengelola crypto yang didukung oleh Blockchain Ethereum. 

MetaMask merupakan aplikasi browser yang dapat diinstal pada peramban seperti Google Chrome, Brave, Firefox dan lainnya. 

2. Ledger Live

Ledger Live dikembangkan oleh perusahaan Ledger, yang menyediakan fitur untuk menyimpan, mengelola, dan melakukan transaksi dengan berbagai aset kripto seperti Bitcoin dan Ethereum. 

3. Trust Wallet

Trust wallet adalah crypto wallet yang digunakan untuk menyimpan, mengelola dan melakukan transaksi dengan berbagai aset kripto dan menyediakan fitur seperti pembayaran dengan QR code serta dukungan untuk DApp (Decentralized Application. 

 

Kesimpulan:

1. Crypto Wallet adalah aplikasi dompet digital yang berguna untuk menyimpan, mengelola, dan melakukan transaksi dengan aset kripto.

2. Wallet kustodial memiliki private key yang dikelola dan disimpan oleh suatu perusahaan atau pihak ketiga sedangkan Wallet Non-kustodial merupakan jenis dompet kripto yang memungkinkan pengguna memiliki akses penuh atas aset kripto mereka.

3. Beberapa jenis crypto wallet yang tersedia adalah Cold Wallet, Warm Wallet dn Hot Wallet.

Pada materi berikutnya, kamu akan mempelajari dan membahas materi pembelajaran dasar mengenai “Analisis Kripto”.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!