Trading Aset Kripto di Indodax
icon search
icon search

Top Performers

open sidebar

Paket Pelajaran Dasar

Home / Paket Pelajaran Dasar / judul_artikel

Trading di Indodax

bundle pack - trading di indodax

Daftar Isi

Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk trading di Indodax!

Daftar dan Verifikasi (KYC)

bundle pack - verifikasi kyc

Visualisasi daftar dan Verifikasi (KYC)

Langkah mendaftar akun bagi Kamu yang belum memiliki akun Indodax:

  1. Buka website Indodax dan klik tombol “Masuk”. Kemudian, isi data diri dengan sesuai. Jangan lupa untuk memasukkan nomor telepon Kamu yang belum pernah terdaftar di Indodax
  2. Gunakan password yang terdiri dari huruf besar, angka, dan simbol. Lalu, klik pada bagian “Klik untuk memverifikasi”. Setelah itu, klik “Lanjut Pendaftaran”.
  3. Selanjutnya, cek email yang digunakan ketika registrasi akun untuk memverifikasi email. Jika sudah, klik tautan pada email dan login dengan menggunakan email yang sudah di registrasi. 
  4. Lalu, halaman Indodax akan terbuka dengan profil Kamu di bagian kiri atas menu, itu berarti Kamu sudah berhasil membuat akun Indodax.

Langkah-Langkah Verifikasi (KYC) jika Kamu sudah memiliki akun Indodax:

  1. Setelah login ke akun Indodax. Lalu, masuk pada bagian Menu. 
  2. Kemudian, pilih Profil & Setting

Lalu, klik pada bagian “Klik sini untuk melakukan verifikasi”. Pada bagian ini Kamu perlu menyiapkan ID card/KTP. Karena verifikasi data memerlukan KTP, kami sarankan pemilik akun di Indodax berusia 18 tahun ke atas. Jika Kamu belum berusia 18 tahun, maka lakukanlah perubahan nama dahulu ke nama orangtua/wali, dan lampirkan KTP orangtua/wali Kamu beserta Kartu Keluarga.

Google Authenticator

bundle pack - google authenticator

Visualisasi Google Authenticator

Google Authenticator merupakan aplikasi keamanan gratis yang dapat melindungi akun dari pencurian kata sandi. Aplikasi ini mudah dioperasikan dan dapat melindungi akun penggunanya dengan autentikasi dua faktor (2FA).

bundle pack - verifikasi GA

Visualisasi Pengaktifan Google Authenticator

Cara mengaktifkan Google Authenticator pada akun Indodax dengan device berbeda:

  1. Masuk ke akun Indodax. Kemudian, klik pada bagian menu “Google Authenticator”. Sebelum mengaktifkan Google Authenticator pada akun, pastikan Kamu sudah mengunduh aplikasi Google Authenticator di App Store atau Play Store. 
  2. Setelah aplikasi ter-install, Kamu bisa scan QR Code yang sudah tampil di halaman Google Authenticator Indodax, menggunakan aplikasi Google Authenticator di handphone
  3. Setelah itu, masukkan PIN yang muncul di handphone pada kolom PIN yang terdapat di bawah gambar QR Code. Lalu, klik “Simpan”.

Cara mengaktifkan Google Authenticator pada akun Indodax dengan device yang sama:

  1. Jika Kamu memakai perangkat yang sama untuk menggunakan aplikasi Google Authenticator dan Indodax, Kamu bisa menggunakan Setup Key, dimana Kamu hanya perlu menyalin dan menempel karakter di bawah barcode yang ada di menu Google Authenticator.
  2. Kemudian masukkan kode tersebut di aplikasi Google Authenticator lalu klik “Save”.

Mulai sekarang setiap login akan diminta untuk memasukan kode dari Google Authenticator. Indodax  juga akan meminta PIN setiap kali proses penarikan aset kripto maupun Rupiah untuk memperketat keamanan akun. Untuk itu pastikan PIN yang Kamu berikan hanya kepada Indodax resmi ya!

Dengan melakukan langkah ini, Kamu bisa mendapat keamanan berlapis tanpa melalui customer support. Selain itu, Kamu juga dapat mengecek perangkat yang melakukan login pada akun Indodax melalui halaman keamanan ini. Juga terdapat fitur ganti password yang menjadi lebih mudah.

Selain fitur ganti pasword, Indodax selalu melakukan pembaruan fitur trade aset crypto pada platform Indodax yang dimiliki. Sehingga kecepatan dalam proses bertransaksi lebih cepat dan aman. 

Dengan adanya fitur-fitur canggih di Indodax, platform Indodax jadi lebih stabil dan aktivitas jual beli aset kripto jadi lebih mudah dan aman.

Tunggu apa lagi Yuk, daftar sekarang di Indodax!

Deposit dan Withdraw Rupiah

Sebelum bisa membeli aset kripto di Indodax, Kamu harus melakukan deposit terlebih dahulu.

bundle pack - deposit withdraw

Visualisasi Deposit dan Withdraw Rupiah

Deposit di Indodax melalui transfer bank dengan Virtual Account:

  1. Jika Kamu sudah di halaman awal Indodax, Kamu bisa klik menu Wallet. Lalu, pilih IDR/Rupiah. Kemudian, Kamu bisa klik “Deposit/Withdraw”.
  2. Setelah itu, ada beberapa ketentuan yang harus dibaca. Jika sudah Kamu baca dan dimengerti, silakan klik “Saya Mengerti, Lanjutkan Deposit”.
  3. Lalu, akan muncul halaman Setor Rupiah. Pada bagian ini, masukkan nominal deposit yang Kamu inginkan. Kemudian, pada Sumber Dana, pilih Transfer Bank (Virtual Account). Lalu, klik “Lanjutkan”.
  4. Setelah itu, salin nomor akun bank yang tertera. Jangan lupa untuk memastikan rekening yang dituju adalah atas nama Kamu dan generate Virtual Account sudah sesuai ya!
  5. Setelah selesai transfer melalui bank yang dipilih, harap lakukan konfirmasi dengan mengisi data dengan benar dan sertakan bukti transfer Kamu.

Deposit di Indodax melalui transfer bank dengan e-Wallet: 

  1. Jika Kamu sudah di halaman awal Indodax, Kamu bisa klik menu Wallet. Lalu, pilih IDR/Rupiah. Kemudian, Kamu bisa klik “Deposit/Withdraw”.
  2. Setelah itu, ada beberapa ketentuan yang harus dibaca. Jika sudah Kamu baca dan dimengerti, silakan klik “Saya Mengerti, Lanjutkan Deposit”.
  3. Setelah memasukkan nominal deposit, pada bagian Sumber Dana, pilih Uang Elektronik. Lalu, klik “Lanjutkan”. 
  4. Pastikan nomor ponsel Kamu telah terdaftar pada E-Wallet dan memiliki saldo yang cukup. Indodax akan mengirimkan notifikasi pembayaran ke akun E-Wallet sejumlah deposit setelah Kamu klik tombol “Bayar”. 

Kemudian, Indodax akan memotong sejumlah satu koma lima persen dari jumlah deposit untuk biaya layanan. Kamu akan menerima deposit Rupiah senilai jumlah deposit yang telah dikurangi biaya layanan. Proses akan dibatalkan secara otomatis apabila dalam tiga puluh detik pembayaran tidak diterima.

Beli dan Jual Aset Kripto

Kamu sudah memiliki saldo pada wallet di akun Indodax Kamu? Artinya, Kamu dapat langsung melakukan jual dan beli aset kripto, lho!

bundle pack - beli jual aset kripto

Visualisasi Beli dan Jual Aset Kripto

Langkah membeli aset kripto, seperti Bitcoin:

  1. Login ke akun Indodax Kamu dan masuk ke bagian Marketplace
  2. Lalu, pilih salah satu aset kripto yang Kamu inginkan. Setelah dipilih, akan muncul bagian Beli Bitcoin atau Jual Bitcoin sesuai dengan aset kripto yang Kamu pilih.
  3. Karena Kamu ingin membeli aset kripto, maka yang harus Kamu lakukan adalah masuk ke bagian Beli Bitcoin. Untuk Order Type, Kamu bisa pilih Market/Instan untuk pembelian aset kripto secara langsung dan cepat atau pilih Limit untuk membeli aset kripto ketika harga aset kripto tersebut menyentuh harga yang Kamu input di metode Limit.
  4. Lalu, masukkan nominal yang ingin dibeli. Kamu juga dapat melihat estimasi aset kripto yang akan Kamu dapatkan nantinya pada bagian Estimasi dengan cara klik Hitung, lho!
  5. Jika semuanya sudah sesuai, Kamu bisa klik Beli Bitcoin. Kemudian, akan muncul konfirmasi pembelian dan Kamu bisa klik Place Order.
  6. Selanjutnya, akan muncul konfirmasi keterangan pembelian aset kripto Kamu, yang artinya pembelian aset kripto Kamu telah berhasil. Sekarang, Kamu sudah memiliki aset kripto!

Langkah menjual aset kripto, seperti Bitcoin:

  1. Login ke akun Indodax Kamu dan masuk ke bagian Marketplace
  2. Lalu, pilih salah satu aset kripto yang Kamu inginkan. Setelah dipilih, akan muncul bagian Beli Bitcoin atau Jual Bitcoin sesuai dengan aset kripto yang Kamu pilih.
  3. Karena Kamu ingin menjual aset kripto, maka yang harus Kamu lakukan adalah masuk ke bagian Jual Bitcoin. Untuk Order Type, Kamu bisa pilih Market/Instan untuk penjualan aset kripto secara langsung dan cepat atau pilih Limit untuk menjual aset kripto ketika harga aset kripto tersebut menyentuh harga yang Kamu input di metode Limit.
  4. Setelah, masukkan nominal yang ingin dijual. Kamu juga dapat melihat estimasi rupiah yang akan Kamu dapatkan nantinya pada bagian Estimasi dengan cara klik Hitung, lho!
  5. Jika semuanya sudah sesuai, Kamu bisa klik Jual Bitcoin. Kemudian, akan muncul konfirmasi penjualan.

Selanjutnya, akan muncul konfirmasi keterangan penjualan aset kripto Kamu, yang artinya penjualan aset kripto Kamu telah berhasil.

Deposit dan Withdraw Aset Kripto

bundle pack - deposit withdraw aset kripto

Visualisasi Deposit dan Withdraw Aset Kripto

1.Untuk deposit Bitcoin ke akun Indodax, Kamu perlu login dulu ke akun Indodax

Lalu, klik menu Wallet dan pilih Bitcoin. Kemudian, Kamu akan mendapatkan alamat Bitcoin yang dibuat khusus untuk Kamu dan dapat digunakan berulang kali. Contoh alamat Bitcoin:
1Gxfy6MBiFHJjssjmJ14QSA9SUPDxvr8JD.

Kirim Bitcoin yang ingin di depositkan ke alamat tersebut dengan cara copy paste alamat Bitcoin yang tertera atau bisa juga dengan scan QR Code disebelah kanan untuk mempermudah deposit Bitcoin dari smartphone/tablet.

Tunggu sepuluh hingga tiga puluh menit hingga Bitcoin muncul secara otomatis di dalam saldo akun Indodax Kamu. Deposit Bitcoin tidak dikenakan biaya.

2.Untuk memindahkan saldo Bitcoin ke wallet pribadi, Kamu perlu login ke akun Indodax

Lalu, klik Deposit/Withdraw Bitcoin pada menu Wallet dan ikuti petunjuk yang tertera. Masukkan jumlah Bitcoin yang ingin dipindahkan ke wallet Bitcoin. Indodax mengenakan biaya tetap sebesar nol koma nol nol nol lima Bitcoin untuk berapapun jumlah Bitcoin yang ditarik.

Kemudian, masukkan alamat Bitcoin Kamu, dan masukkan pin Google Authenticator atau pin SMS. Klik Kirim. Cek email Kamu, kemudian klik link konfirmasi yang Indodax kirimkan ke email. Bitcoin akan masuk ke wallet dalam waktu satu sampai enam puluh menit.

3. Pilih aset kripto yang ingin dituju

Seperti yang Kamu ketahui, ada beberapa aset kripto yang alamat wallet-nya tidak unik atau sama persis bagi seluruh pemiliknya, yang berbeda hanyalah kode unik (Memo) yang berada di exchange tersebut, dalam hal ini, Indodax menggunakan beberapa jaringan.

Yaitu, jaringan BEP20 atau ERC20, jaringan Stellar, jaringan Ripple dan beberapa jaringan lainnya, berikut ini adalah cara mengirim saldo aset kripto Kamu menggunakan memo.

Setelah Kamu login di website Indodax, pilih aset kripto yang ingin dituju. Misalnya deposit BNB.

Lalu, pada bagian Terima BNB dan menggunakan jaringan BEP20, klik Copy untuk menyalin alamat wallet Kamu dan juga Memo yang tertera. Kemudian, tempel di exchange atau wallet yang ingin Kamu gunakan.

Ingat, Kamu wajib memasukkan Memo saat melakukan transfer. Deposit akan masuk setelah dua puluh menit terkonfirmasi pada sistem Blockchain.

Biaya deposit berbeda-beda tergantung dengan jaringan yang digunakan. Jika mengirim token selain BNB ke alamat di atas akan menyebabkan dana Kamu menggantung di wallet besar/penampungan.

4. Jika ingin melakukan deposit aset kripto sesuai dengan jaringan yang digunakan, Kamu perlu login ke akun Indodax, lalu pilih token yang ingin di deposit

Setelah Kamu pilih, klik Deposit/Withdraw. Lalu, ketika muncul tampilan token yang diinginkan, pastikan Kamu memilih jaringan yang sesuai. Lalu, salin alamat wallet Kamu.

Selanjutnya, Kamu bisa membuka aplikasi wallet apa saja yang digunakan, seperti Metamask, Trustwallet, dan lain-lain.

Lalu, kirim aset kripto dari wallet tersebut ke alamat wallet Kamu yang sudah disalin. Kamu tinggal menunggu transaksi dikonfirmasi dan aset kripto Kamu sudah terkirim ke alamat Indodax.

Afiliasi dan Referral

 bundle pack - afiliasi dan referal

Visualisasi Afiliasi dan Referral

Ya. Indodax memiliki program afiliasi yang dapat Kamu akses di sini. Referensikan Indodax ke teman Kamu dan minta mereka untuk mendaftar menggunakan link afiliasi Kamu.

Kamu akan mendapatkan komisi 10% dari biaya perdagangan referensi Kamu untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

Berikut adalah contoh cara menghitung bonus referral Kamu: Kamu mengajak teman A Kamu untuk mendaftar di Indodax menggunakan link afiliasi Kamu. A tertarik untuk melakukan trading Bitcoin di Indodax, dan dia setuju untuk membeli Bitcoin senilai 500 juta Rupiah.

Karena biaya komisi 10% berasal dari biaya perdagangan kami yaitu 0,3% dari total transaksi, Kamu akan mendapatkan 10% dari komisi yang kami dapatkan (yaitu 0,3% x 500.000.000 IDR = 1.500.000 IDR). Jadi 10% dari Rp 1.500.000 adalah Rp 150.000 dan itulah yang Kamu dapatkan untuk biaya komisi.

Semua komisi didasarkan pada harga spot exchange Indodax. Penghasilan pasif Kamu akan ditambahkan ke saldo Indodax Kamu secara otomatis.

 

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!