Phantom Wallet: Cara Membuat & Tips Menggunakannya Dengan Aman
icon search
icon search

Top Performers

Mengenal Phantom Wallet: Dompet untuk Ekosistem Solana

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Mengenal Phantom Wallet: Dompet untuk Ekosistem Solana

Mengenal Phantom Wallet: Dompet untuk Ekosistem Solana

Daftar Isi

Salah satu platform penting dalam dunia kripto yang menyajikan solusi canggih untuk pengelolaan aset digital adalah Phantom Wallet. 

 

Adapun Phantom Wallet dikenal sebagai dompet kripto asli Solana yang paling terkenal dengan dukungan untuk DeFi, NFT, dan GameFi di jaringan SOL. 

 

Dompet ini dapat terintegrasi dengan browser web terpopuler, seperti Chrome, Firefox, Microsoft Edge, dan Brave. Selain itu, tersedia juga aplikasi untuk perangkat berbasis iOS dan Android.

 

Seiring dengan meningkatnya ketenaran blockchain Solana sebagai alternatif dari Ethereum, Phantom Wallet juga menjadi populer. 

 

Terlebih lagi, dalam waktu dekat, rencana Phantom Wallet adalah untuk dapat terhubung dengan platform besar seperti Ethereum dan Polygon.

 

Karena itu, Phantom Wallet memudahkan pengguna dalam pembelian, penyimpanan, dan transaksi aset digital di blockchain Solana. 

 

Nah, berikut ini ulasan selengkapnya terkait Phantom Wallet, mulai dari pengertian, cara membuat hingga tips keamanannya.

 

Apa Itu Phantom Wallet?

Mengutip laman id.beincrypto.comPhantom Wallet merupakan dompet web3.0 non-custodial yang sangat terkenal sebagai wallet kripto untuk blockchain Solana. Wallet kripto ini menyerupai MetaMask, yang digunakan untuk blockchain Ethereum.

 

Phantom memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian, penjualan, dan penyimpanan aset digital seperti aset kripto dan NFT. 

 

Dompet ini dapat diakses baik melalui perangkat mobile maupun desktop. Selain dukungan untuk Solana, baru-baru ini Phantom mengumumkan rencananya untuk mendukung token berbasis Ethereum dan ERC-20 dalam aplikasinya.

 

Fitur-fitur Phantom Wallet

 

Mengenal Phantom Wallet: Dompet untuk Ekosistem Solana

 

Dompet kripto Phantom Wallet menawarkan sejumlah fitur yang membuatnya menjadi pilihan ideal bagi pemegang token SOL. Beberapa fitur unggulannya, antara lain:

 

  • Solana Staking: Staking SOL dengan dukungan dari 10 validator berbeda, menyediakan Annual Percentage Yield (APY) dengan kisaran 5%—9%.

  • Penyimpanan NFT berbasis Solana: Fasilitas penyimpanan yang aman dan optimal untuk koleksi NFT berbasis Solana.

  • Dukungan untuk dApps di Ekosistem Solana: Phantom Wallet mendukung aplikasi terdesentralisasi (dApps) di ekosistem Solana.

  • Token Swap: Memungkinkan pengguna untuk menukar token secara langsung di dalam aplikasi, mempermudah proses pertukaran aset kripto tanpa perlu meninggalkan dompet.

 

Phantom Wallet Meluncurkan Dompet Kripto di Ethereum dan Polygon

Sebagai informasi, Phantom Wallet telah mengumumkan niatnya untuk memperluas cakupan dengan meluncurkan dompet kripto ini di Ethereum dan Polygon. 

 

Tim Phantom sedang aktif menjajaki jaringan lain dan berjanji untuk memberikan pembaruan terkini seiring perkembangan proyek ini.

 

Selain itu, tim Phantom juga merencanakan integrasi fitur tambahan, seperti dukungan untuk decentralized exchange (DEX) dan Decentralized Finance (DeFi)

 

Para pengembang memastikan bahwa dompet ini akan terus berkembang dengan tujuan memenuhi kebutuhan pengguna secara konsisten.

 

Bagaimanakah Cara Membuat Phantom Wallet?

Perlu diketahui, terdapat dua cara untuk membuat Phantom Wallet, yaitu melalui ekstensi dan lewat aplikasi. Mengutip laman id.beincrypto.com, berikut ini panduannya, yaitu:

 

A. Browser Extension di PC

 

  • Kunjungi phantom.app/download dan pilih tipe browser yang kamu gunakan. Ikuti langkah-langkah sesuai petunjuk untuk menambahkan Phantom ke browser kamu. Setelah berhasil diinstal, kamu akan melihat Phantom muncul di tab baru.

  • Untuk pengguna baru, pilih Create New Wallet dan buatlah password yang kuat.

  • Untuk pengguna yang sudah memiliki wallet, klikI already have a wallet dan masukkan seed phrase untuk mengembalikan wallet kamu.

  • Setelah memasukkan password, pilih Continue”.

  • Selalu simpan Secret Recovery Phrase kamu dengan aman karena ini kunci akses ke wallet kamu.

  • Klik Continue setelah kamu merasa aman dengan seed phrase milikmu.

  • Selanjutnya, kamu akan diberikan keyboard shortcut untuk mengakses Phantom app secara cepat. Klik Continue untuk melanjutkan.

  • Sekarang, kamu sudah siap menggunakan Phantom. Lihatlah ikon Phantom di toolbar browser kamu. Misalnya, pengguna Chrome dapat menemukannya di bagian kanan atas browser

 

Jika tidak terlihat maka periksa ikon puzzle dan klik untuk melihat ekstensi yang telah terinstal. Phantom akan ada di sana jika kamu memilih untuk mem-pin ikon tersebut sehingga mudah terlihat.

 

B. Aplikasi Mobile

 

  • Kunjungi phantom.app/download dan pilih marketplace sesuai dengan jenis handphone yang kamu miliki (iOS/Android). Lalu, ikuti petunjuk langkah demi langkah untuk menambahkan Phantom di ponsel kamu.

  • Setelah terinstal, buka aplikasi dan amati tampilan layar pengguna baru Phantom untuk membuat wallet baru.

  • Untuk pengguna baru, pilih Create New Wallet dan lakukan otentikasi perangkat (sesuai dengan jenis ponsel) untuk melindungi dompet dari akses yang tidak sah.

  • Untuk pengguna yang telah memiliki wallet, klik I already have a wallet dan masukkan seed phrase kamu untuk memulihkan wallet kamu.

  • Selalu simpan Secret Recovery Phrase kamu dengan aman karena ini adalah kunci akses ke wallet kamu.

 

Tips Keamanan bagi Pengguna Phantom Wallet 

 

Mengenal Phantom Wallet: Dompet untuk Ekosistem Solana

 

Mengutip laman help.phantom.app, Phantom menyediakan rangkaian fitur keamanan terkemuka di industri dan tim dukungan yang bersedia membantu menjaga keamanan pengguna. 

 

Meskipun begitu, keamanan dimulai dari pengguna itu sendiri. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk membantu menjaga keamanan dompet Phantom milikmu, di antaranya:

 

  1. Jangan pernah membagikan frasa pemulihan rahasia kamu, termasuk kepada staf dukungan maupun situs web yang berinteraksi dengan kamu. Frasa itu hanya diperlukan untuk mengembalikan dompet kamu, misalnya jika perangkat kamu hilang atau rusak.

  2. Amankan sistem operasi kamu:
    – Windows
    – Mac
    – Linux

  3. Gunakan kata sandi yang sangat kuat untuk Phantom

  4. Aktifkan pengunci otomatis di bawah Pengaturan > Keamanan & Privasi

  5. Hindari beberapa jenis file secara keseluruhan, utamanya dari sumber yang tidak dikenal (contohnya melalui email atau menjelajahi internet).

  6. Jangan pernah berinteraksi dengan token atau NFT yang tidak diminta. Penipu mengirimkan token “airdropped”, berharap pengguna akan mengunjungi situs mereka dan berinteraksi dengan dApp mereka yang kemudian menarik dana dari dompet.

  7. Baca pesan simulasi transaksi dari Phantom Wallet. Adapun Phantom Wallet menyediakan pesan simulasi transaksi yang menjelaskan apa yang akan dilakukan transaksi. Jika simulasi transaksi tidak sesuai dengan harapan kamu atau jika simulasi gagal maka jangan melanjutkan.

  8. Hanya kunjungi dApps dan situs yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Situs baru yang muncul dalam sehari dan menghilang keesokan harinya berisiko tinggi untuk memalsukan pengguna.

 

Saran tambahan:

 

  • Gunakan dua akun dompet, yang pertama untuk interaksi web3 sehari-hari, dan yang kedua hanya untuk tujuan penyimpanan. Dompet kedua seharusnya hanya melakukan pengiriman/penerimaan dengan dompet pertama. Untuk melakukannya, cukup klik ikon hamburger pada Phantom, lalu klik +, kemudian klik Create a wallet.

  • Gunakan dompet perangkat keras seperti perangkat Ledger. Simpan aset digital berharga kamu di perangkat Ledger dan hanya berinteraksi dengan solusi Web3.

  • Secara berkala, luangkan waktu untuk mencabut akses ke dompet kamu pada Ethereum dan Solana.

 

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Phantom Wallet adalah dompet kripto asli Solana yang paling terkenal dengan dukungan untuk DeFi, NFT, dan GameFi di jaringan SOL. 

 

Dompet ini dapat terintegrasi dengan browser web terpopuler, seperti Chrome, Firefox, Microsoft Edge, dan Brave. Selain itu, tersedia juga aplikasi untuk perangkat berbasis iOS dan Android.

 

Lebih jauh, penting untuk dicatat bahwa artikel ini disajikan sebagai sumber pembelajaran semata, bukan sebagai saran untuk melakukan investasi kripto. 

 

Mengingat tingginya volatilitas dalam pasar investasi kripto, pembaca disarankan untuk melakukan penelitian dan pertimbangan yang matang sebelum membuat keputusan investasi.

 

Sebagai tambahan informasi, kamu juga dapat membaca artikel menarik lainnya, seperti Metamask wallet yang canggih dan aman hanya di INDODAX Academy.

 

Untuk memperluas pemahaman tentang teknologi blockchain, kamu sangat disarankan untuk membaca artikel-artikel terbaru di INDODAX Academy.

 

INDODAX Academy menyajikan berbagai materi, mulai dari konsep dasar hingga aspek yang lebih mendalam terkait teknologi blockchain.

 

Dengan membaca artikel di INDODAX Academy, kamu dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai teknologi ini, termasuk penerapannya, dan informasi terkini seputar dunia kripto.

 

Setelah memahami dan mendapatkan informasi terkini mengenai dunia aset kripto, kamu dapat mempertimbangkan untuk memulai investasi kripto bersama INDODAX.

 

Yuk Investasi Aset Crypto di INDODAX dengan Fitur Staking (EARN)

Nah, sekarang kamu sudah paham dan mengerti tentang Phantom Wallet, mulai dari pengertian, cara membuat, hingga tips keamanannya.

 

Selanjutnya, jika kamu berminat untuk berinvestasi aset crypto maka ada baiknya kamu memilih Indonesia crypto exchange yang aman dan terpercaya di INDODAX.

 

Di INDODAX saat ini terdapat suatu fitur yang dikenal sebagai staking crypto ataupun crypto earn. Penting diingat, fitur staking crypto pada dasarnya memungkinkan kamu untuk mengamankan aset kripto milikmu dengan cara serupa seperti menyimpan dana di rekening tabungan.

 

Nantinya, aset kripto yang kamu kunci melalui fitur INDODAX Earn ini akan memberikan imbalan, seperti bunga yang diperoleh dari tabungan.

 

Fitur staking crypto INDODAX Earn ini dapat diakses dengan mudah, kapan dan di mana pun, baik melalui Aplikasi Mobile maupun desktop di situs web INDODAX, yaitu pada halaman staking crypto INDODAX Earn.

 

Ayo, mulai investasi aset kripto sekarang juga dengan fitur staking crypto hanya di INDODAX!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Balancer (BAL) dalam Dunia Crypto, Fitur & Cara Membelinya
23/02/2024
Balancer (BAL) dalam Dunia Crypto, Fitur & Cara Membelinya

Seiring berjalannya waktu, perkembangan dalam dunia cryptocurrency atau aset kripto

23/02/2024
Apa Itu OpenAI: Fungsi & Perannya dalam Industri Crypto
22/02/2024
Apa Itu OpenAI: Fungsi & Perannya dalam Industri Crypto

Sejak ChatGPT diperkenalkan pada November 2022, OpenAI sebagai otak di

22/02/2024
Apa Itu Casper (Ethereum) & Perbedaan PoW Vs PoS
21/02/2024
Apa Itu Casper (Ethereum) & Perbedaan PoW Vs PoS

Ethereum terus memimpin dalam inovasi dalam perkembangan teknologi blockchain hingga

21/02/2024