Apa Itu Solscan? Berikut Pengertian dan Cara Menggunakannya
icon search
icon search

Top Performers

Apa Itu Solscan dan Cara Menggunakannya

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Apa Itu Solscan dan Cara Menggunakannya

apa itu solana

Daftar Isi

Di dunia blockchain ada yang namanya blockchain explorer. Blockchain explorer adalah sebuah situs web untuk pengguna mencari seputar informasi transaksi kripto yang dilakukan pada jaringan blockchain.

Salah satu jaringan blockchain explorer yang sering digunakan adalah solscan. Salah satu fungsi jaringan ini yakni sebagai pelacak transaksi. Meski begitu, Solscan memiliki kegunaan lainnya.

Diantaranya, mencari informasi pada blockchain Solana, meliputi transaksi kripto, alamat, smart contract, dan token. 

Solscan dapat merubah transaksional yang detail menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Solscan juga dapat memberikan informasi lainnya, seperti ke mana uang staking diarahkan. 

Apa itu Solscan?

apa itu solscan

Solscan adalah blockchain explorer dan platform analitik untuk blockchain Solana yang bisa melacak informasi dari aktivitas kripto, termasuk transaksi, blok, harga, smart contract, dan lain-lain.

Solscan melakukan berbagai pemeriksaan pada kode kontrak, termasuk pemeriksaan kerentanan yang diketahui, masalah kualitas kode, dan risiko keamanan lainnya. 

Hal ini juga dapat memberikan rekomendasi untuk praktik terbaik dan cara untuk meningkatkan keamanan kontrak. 

Apa itu Solana?

Solana adalah sebuah blockchain proof-of-stake (PoS) yang dapat digunakan oleh para developer untuk membangun token, smart contract, dan DApps (decentralized application). Solana hadir dengan meningkatkan kecepatan jaringan. 

Solana dibuat tahun 2017 oleh Anatoly Yakovenko, mantan eksekutif di Qualcomm, Jaringan Solana memproses transaksi lebih dari 710 ribu transactions per second (TPS) tanpa perlu solusi penskalaan. 

Secara keseluruhan, Solana adalah platform blockchain yang menjanjikan yang menawarkan kecepatan transaksi yang dilakukan cepat, biaya rendah, dan skalabilitas tinggi.

Walhasil, Solana menjadi pilihan yang menarik bagi pengembang dan pengguna yang ingin membangun dan menggunakan aplikasi terdesentralisasi.

Cara kerja Solscan

cara kerja solscan

Langkah pertama saat menggunakan Solscan adalah dengan menginstal compiler Solidity yang tersedia di GitHub.

Setelah itu perlu mengkloning repositori Solscan dan menjalankan perintah Solscan dengan lokasi file Solidity sebagai inputnya.

Selanjutnya masukkan simbol ticker crypto yang diinginkan ke dalam bagian pencarian yang tersedia pada beranda Solscan.

Setelah proses yang sebelumnya sudah dijalankan akan diarahkan ke halaman utama mata uang atau data transaksi di Solscan. 

Langkah berikutnya, dapat meninjau dan menjelajahi semua fitur yang ditawarkan oleh Solscanner.

Terlepas dari fitur yang telah ada, Solscan menyediakan berbagai alat dan sumber daya yang terbukti bermanfaat bagi pengguna kripto. 

Fungsi serta kegunaan Solscan

Menggunakan Solscan untuk menetapkan kerangka kerja sebagai platform independent, dengan tujuan memfasilitasi transparansi pada blockchain Solana.

Dengan terdapatnya transparansi, transaksi di jaringan Solana bisa menggunakan blockchain explorer milik Solscan.

Sistem transparansi Solscan juga bisa melacak dana uang yang mengalir maupun transaksi yang masih tertunda. Dengan menggunakan Solscan tentunya bisa menjadi tahu apa yang sedang terjadi.

Semua informasi yang terdapat SolScan datang langsung dari blockchain Solana, sehingga dapat dipastikan keakuratannya.

Menggunakan platform Solscan atau blockchain explorer apa pun, akan membantu dalam memahami mekanisme DApps dan transaksi yang sedang dilakukan.

Berikut beberapa fungsi dan kegunaan SolScan:

1. Memindai kontrak Ethereum: 

Solscan dapat digunakan untuk memindai kontrak Ethereum dan melakukan berbagai pemeriksaan kode, termasuk pemeriksaan kerentanan yang diketahui, masalah kualitas kode, dan risiko keamanan lainnya.

2. Memberikan rekomendasi: 

Solscan dapat memberikan rekomendasi untuk praktik terbaik dan cara meningkatkan keamanan kontrak.

3. Mengidentifikasi dan memperbaiki masalah: 

Dengan mengidentifikasi potensi masalah dalam kode kontrak, Solscan dapat membantu pengembang dan profesional keamanan memperbaiki masalah tersebut sebelum kontrak diterapkan pada blockchain Ethereum.

4. Memastikan keamanan kontrak: 

Solscan dapat membantu memastikan bahwa kontrak aman dan Kamu sebelum digunakan di blockchain, yang dapat membantu mencegah kesalahan yang merugikan dan memastikan bahwa kontrak berfungsi sebagaimana mestinya.

Secara keseluruhan, Solscan adalah alat yang berguna bagi siapa saja yang bekerja dengan kontrak Ethereum, dan dapat membantu memastikan bahwa kontrak aman dan sebelum digunakan di blockchain.

Apa yang bisa dilakukan Solscan?

Solscan pada dasarnya bekerja dengan cara memindai informasi di sebuah blockchain Solana dan memperbaruinya secara akurat.

Jika Kamu pernah melakukan sebuah transaksi di Solana, maka setiap langkahnya akan ada di Solscan. 

Solana adalah blockchain generasi ketiga yang dirancang untuk memfasilitasi smart contract dan pembuatan aplikasi terdesentralisasi (DApp).

Proyek ini sangat mendukung berbagai platform keuangan terdesentralisasi (DeFi) serta non fungible token (NFT).

Cara Mencari Transaksi dan Alamat di Solscan

cara mencari transaksi dan alamat solscan

Setiap transaksi pada jaringan Solana sudah dilengkapi dengan sebuah tanda tangan pengenal. 

Tanda tangan pengenalnya sendiri dilengkapi dengan rangkaian angka dan huruf yang panjang dan dapat ditemukan pada smart contract.

Jadi, saat sedang melakukan transaksi di Solana dan ingin melacaknya, Kalian dapat menggunakan Solscan. Berikut adalah cara menggunakan Solscan untuk melacak transaksi:

  1. Salin tanda tangan transaksi kamu ke bagian kolom pencarian.
  2. Setelah itu dapat menekan tombol enter, Solscan akan menampilkan semua detail tentang transaksi, termasuk overview, perubahan saldo Solana, dan perubahan saldo token.
  3. Bagian overview akan menunjukkan apakah transaksi berhasil, berapa lama transaksi itu dijalankan, dan ID nomor blokir.
  4. Kedua tab dari balance change juga akan menampilkan saldo akun sebelum dan sesudah melakukan transaksi.
  5. Selanjutnya, cari alamat dompet dengan cara yang sama seperti melakukan transaksi. Masukkan alamat di bagian kolom pencarian dan tekan tombol enter.
  6. Dalam hal ini, jika ingin melihat akun yang terlibat dalam transaksi di atas, cukup satu kali klik rangkaian kode di sebelah entri signer.

Nantinya ini akan membawa ke halaman akun tempat Kamu  yang dapat melihat segala sesuatu tentang dompet, termasuk transaksi sebelumnya, saldo Solana, dan bahkan akun lain yang terhubung dengannya.

Cara Menemukan Token di Solscan

Fitur lain yang berguna pada Solscan adalah kemampuannya untuk melacak token. Yang perlu Kamu lakukan cukup dengan memasukkan nama token atau alamat kontrak ke dalam kolom pencarian di beranda dan tekan enter.

Untuk menemukan token di SolScan, Kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs web SolScan (https://solscan.io/) dan klik tab “Cari” di menu atas.
  2. Di kolom pencarian, masukkan alamat kontrak token yang ingin Kamu temukan. Kamu dapat menemukan alamat kontrak token dengan mencarinya di penjelajah blockchain atau menanyakan pengembang token.
  3. Klik pada tombol “Cari” untuk mencari kontrak token.
  4. Jika kontrak token ditemukan, SolScan akan menampilkan halaman dengan informasi tentang kontrak tersebut, termasuk nama, simbol, dan total persediaan. Kamu juga dapat melihat kode kontrak, serta setiap transaksi atau peristiwa yang terkait dengan kontrak tersebut.
  5. Jika kontrak token tidak ditemukan, SolScan akan menampilkan pesan bahwa kontrak tidak dapat ditemukan.

Cara Berinvestasi Solana di Indodax 

cara berinvestasi solana di indodax

Untuk berinvestasi Solana di Indodax, Kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka situs web Indodax dan daftar akun.
  2. Verifikasi akun Kamu dengan mengirimkan dokumen yang diperlukan dan menyelesaikan proses verifikasi.
  3. Setelah akun Kamu terverifikasi, login ke akun Indodax Kamu dan masuk ke halaman “Wallet“.
  4. Di halaman “Dompet”, Kamu akan melihat daftar aset kripto yang tersedia. Klik tombol “Deposit” di sebelah aset kripto Solana (SOL) untuk menyetor dana ke akun Indodax Kamu.
  5. Ikuti petunjuk untuk mentransfer Solana dari dompet eksternal Kamu atau tukarkan ke akun Indodax Kamu.
  6. Setelah Solana Kamu masuk ke akun Indodax Kamu, Kamu dapat membuka halaman “Tukar” untuk membeli atau menjual Solana.
  7. Pada halaman “Tukar”, pilih pasar “SOL/IDR” dan masukkan jumlah Solana yang ingin Kamu beli atau jual, serta harga yang ingin Kamu bayar atau terima.
  8. Tinjau pesanan Kamu dan pastikan semuanya sudah benar, lalu kirimkan pesanan Kamu untuk menyelesaikan transaksi.

Bisa disimpulkan, Solscan menggunakan sistem yang sama dengan EtherScan, yang membuatnya pasti lebih mudah untuk dipahami.

Sistem transparansi Solscan juga bisa melacak dana uang yang mengalir maupun transaksi yang masih tertunda. 

Dengan menggunakan Solscan tentunya bisa menjadi tahu apa yang sedang terjadi.

Solscan pada dasarnya bekerja dengan cara memindai informasi di sebuah blockchain Solana dan memperbaruinya secara akurat.

Setelah membaca artikel mengenai Solscan dan jika Kamu ingin berinvestasi maupun trading Solana to IDR maka Kamu dapat membelinya di halaman Indodax market.

Kamu juga dapat mempelajari dengan melihat fitur grafik atau chart Coin Solana to IDR di Indodax market.

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Falling Wedge Pattern, Pola untuk Tentukan Strategi Trading
01/02/2023
Falling Wedge Pattern, Pola untuk Tentukan Strategi Trading

Dalam dunia trading, kemampuan seorang trader dalam membaca pergerakan pasar

01/02/2023
VGA Mining Terbaik yang Bikin Hash Rate Mentok
30/01/2023
VGA Mining Terbaik yang Bikin Hash Rate Mentok

Dewasa ini masyarakat semakin diberikan beragam pilihan instrumen investasi yang

30/01/2023
Yuk Kenali Apa Itu Desentralisasi pada Aset Kripto
26/01/2023
Yuk Kenali Apa Itu Desentralisasi pada Aset Kripto

Dunia crypto mempunyai salah satu keunikan yaitu sistemnya menganut desentralisasi. 

26/01/2023