7 Tips Presale Token Crypto Aman & Menguntungkan!
icon search
icon search

Top Performers

7 Tips Presale Token Crypto Agar Tidak Salah Arah

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

7 Tips Presale Token Crypto Agar Tidak Salah Arah

7 Tips Presale Token Crypto Agar Tidak Salah Arah

Daftar Isi

Presale crypto atau pra-penjualan token kripto kerap menjadi primadona di kalangan investor. Membeli token pada harga murah sebelum rilis tentu menggiurkan. Jika berhasil, keuntungan berlipat bisa didapatkan kala token diperdagangkan di bursa nanti. 

 

Namun dibalik peluang tersebut, presale token crypto juga tidak lepas dari potensi risiko investasi yang tinggi. Agar kamu tidak salah arah dalam berpartisipasi presale token crypto, penting untuk mengikuti 7 tips-tips penting berikut.

 

Apa itu Presale Token Crypto?

 

Sebelum membahas ke 7 tips, ada baiknya kita pahami dulu pengertian presale token crypto. Presale token crypto adalah penawaran pra-penjualan token oleh tim proyek kepada investor sebelum token tersebut dirilis dan diperdagangkan di bursa kripto. Presale biasanya diadakan untuk menggalang dana guna mengembangkan proyek lebih lanjut.

 

Investor yang berpartisipasi dalam presale bisa membeli token dengan harga diskon atau bonus ekstra. Jika proyeknya sukses dan digunakan banyak orang, harga token tersebut akan melonjak dari harga presale awalnya, menghasilkan keuntungan besar bagi investor.

 

Mengapa Harus Berhati-hati dengan Presale Token Crypto?

 

Meski menggiurkan, presale token crypto juga mengandung risiko investasi besar yang perlu diwaspadai. Masalahnya adalah tidak sedikit proyek kripto yang ternyata merupakan skema penipuan (scam) untuk mengumpulkan dana dari investor. Belum lagi ada juga proyek-proyek yang memang tidak layak atau gagal berkembang seperti yang dijanjikan.

 

Jika token yang kamu beli di presale tidak kunjung dirilis atau tidak terdaftar di bursa bermutu, maka kamu bisa kehilangan seluruh modal investasi. Risiko lainnya seperti peretasan (hacking), kebocoran informasi, hingga masalah regulasi juga mengancam. Itulah mengapa ekstra berhati-hati menjadi kunci saat berpartisipasi presale token crypto.

7 Tips Dalam Berpartisipasi Presale Token Crypto

 

7 Tips Dalam Berpartisipasi Presale Token Crypto

 

 

Agar kamu tidak tersesat dan menyesal nantinya, simaklah ke 7 tips berikut, penasaran apa saja tipsnya? Mari kita bahas sampai tuntas:

 

1. Cari Presale Crypto Potensial

 

Memulai investasi presale dimulai dengan mencari proyek-proyek crypto yang sedang menawarkan penjualan token. Informasi presale biasanya tersebar di media sosial seperti Twitter, Telegram, Discord, Reddit, dan lainnya. Media informasi kripto seperti Coingape, CoinMarketCap, dan berbagai launchpad juga dapat menjadi sumber terpercaya.

 

Dalam mencari presale potensial, perhatikan juga komunitas di balik proyek tersebut. Komunitas aktif dengan anggota yang antusias bisa menjadi indikasi minat yang tinggi terhadap proyek ini. Tetapi jangan terpancing promosi berlebihan semata.

 

2. Riset Mendalam Proyek

 

Setelah menemukan presale yang menarik, langkah krusial sebelum berpartisipasi adalah melakukan riset mendalam atau due diligence atas proyek tersebut. Pertama, cermati reputasi dan rekam jejak tim pengembang di baliknya. Lalu pastikan roadmap yang ditawarkan masuk akal dan realistis.

 

Berikutnya, pelajari dengan saksama use case token yang mereka rilis serta potensi pasar dan permintaan ke depannya. Apakah benar-benar potensial atau tidak? Periksalah juga hasil audit keamanan dari pihak independen atas smart kontrak yang digunakan. Ini krusial agar token kamu aman dari peretasan.

 

Terakhir, cek berapa banyak alokasi token untuk tim dan waktu penguncian (vesting) agar tidak terjadi aksi dump token berlebihan usai listing.

 

3. Daftar Whitelist dan Ikuti Komunitas

 

Hampir semua penawaran presale mensyaratkan pendaftaran whitelist terlebih dulu bagi calon investor. Whitelist ini adalah daftar pra-setujuan peserta, yang biasanya disertai syarat-syarat seperti mengerjakan tugas tertentu, melakukan verifikasi KYC, dan lainnya.

 

Untuk mendaftar whitelist, pastikan kamu bergabung di grup komunitas resmi proyek seperti Discord, Telegram, atau Twitter mereka. Di sana kamu akan mendapatkan informasi terbaru terkait instruksi whitelist, detail presale, hingga pembaruan roadmap proyek.

 

Keuntungan jika kamu lolos whitelist adalah bisa mendapatkan prioritas alokasi token presale. Bukan mustahil, ada pula bonus token ekstra atau harga khusus yang ditawarkan bagi peserta whitelist.

4. Persiapkan Wallet/Dompet dan Dana

 

Untuk ikut presale, kamu membutuhkan wallet/dompet kripto non-custodial dan dapat diakses sepenuhnya oleh diri sendiri. Pilih dompet yang kompatibel dengan blockchain tempat proyek tersebut dibangun. Misalnya menggunakan MetaMask untuk proyek berbasis Ethereum atau Trust Wallet untuk Binance Smart Chain.

 

Selain itu, pastikan menyediakan dana kripto yang cukup tidak hanya untuk investasi di presale, namun juga untuk membayar biaya gas atau transaksi. Khusus untuk blockchain Ethereum, gas fee bisa cukup tinggi sehingga perlu estimasi sekitar 5-10% dari total investasi kamu.

 

5. Ikuti Prosedur Presale dengan Teliti

 

Di hari pelaksanaan presale, ikuti setiap petunjuk yang diberikan tim proyek dengan cermat. Karena setiap proyek mungkin memiliki instruksi berbeda-beda. Seperti ke alamat wallet/dompet mana dana harus dikirim, batasan waktu presale, dan lainnya.

 

Waktu presale biasanya sangat terbatas, mungkin hanya dalam hitungan jam atau beberapa hari saja. Untuk meningkatkan peluang, siapkan alamat wallet, dana kripto, dan perlengkapan lain jauh-jauh hari agar tidak terburu-buru saat pelaksanaannya.

 

6. Diversifikasi dan Awasi Tren

 

Meski sudah melakukan penelitian matang, dinamika perkembangan proyek kripto memang sering tidak menentu. Untuk memitigasi risiko, jangan pernah menginvestasikan seluruh dana kamu hanya pada satu proyek presale. Lakukan diversifikasi atau penyebaran investasi ke beberapa proyek berbeda ya.

 

Di sisi lain juga, kamu tetap mengawasi pergerakan tren pasar kripto secara keseluruhan. Jika ada sinyal bearish menguat, siapkan strategi exit yang tepat seperti menjual sebagian token untuk mengurangi risiko kerugian.

 

7. Tetap Berhati-hati dan DYOR

 

Meski telah melalui 6 langkah sebelumnya, tetap penting untuk mengingatkan diri sendiri agar selalu berhati-hati dan tidak tergesa-gesa dalam berpartisipasi presale kripto. Melakukan investasi dengan emosi dan gegabah justru bisa membawa kerugian besar.

 

Jadikan prinsip DYOR (Do Your Own Research) atau lakukan penelitian sendiri sebagai pedoman utama sebelum memutuskan berinvestasi di suatu proyek presale. Jangan hanya terpengaruh promosi atau rekomendasi semata tanpa mengkonfirmasi kebenarannya terlebih dulu.

 

Luangkan waktu untuk mempelajari seluruh detail proyek seperti white paper, tim pengembang, teknologi yang digunakan, hingga prospek jangka panjangnya. Sumber daya seperti diskusi di forum, review independen, dan analisis pakar juga bisa membantu mendalami sebuah proyek.

 

Sikap skeptis dan kritis tetap diperlukan meski semua langkah sebelumnya sudah dilalui. 

 

Pastikan transaksi presale benar-benar aman dengan double cek alamat dompet resmi proyek. Waspadai kemungkinan scam penipuan yang menggunakan identitas proyek palsu.

 

Terakhir, hindari kesalahan berinvestasi di luar batas kemampuan finansial kamu. Tetapkan batas risiko yang sanggup ditanggung jika investasi tidak berjalan sesuai rencana. Dengan sikap berhati-hati dan DYOR, kamu dapat meminimalisir risiko sekaligus memaksimalkan peluang keberhasilan dari partisipasi presale kripto.

 

Intinya, langkah terakhir ini menekankan kembali prinsip mendasar agar investor tetap waspada dan tidak terburu-buru meski telah mengikuti semua prosedur sebelumnya. Sikap hati-hati dan penelitian mendalam senantiasa menjadi kunci di sepanjang perjalanan investasi presale token  kripto. 

 

Kesimpulan

 

Presale token crypto memang menawarkan peluang keuntungan besar bagi investor dengan cukup membeli token pada harga murah pra-rilis. Namun dibalik peluang menguntungkan itu, terdapat juga risiko investasi yang tinggi jika kamu tidak berhati-hati.

 

Melalui 7 tips penting yang telah dijabarkan diatas, mulai dari mencari presale potensial, melakukan riset mendalam, mendaftar whitelist, mempersiapkan dompet dan dana, mengikuti prosedur presale dengan teliti, melakukan diversifikasi investasi sambil mengawasi tren pasar, hingga prinsip utama tetap berhati-hati dan DYOR (Do Your Own Research), kamu dapat meminimalisir risiko sekaligus memaksimalkan peluang sukses berpartisipasi dalam presale token crypto.

 

Ingatlah bahwa seperti investasi pada umumnya, presale token crypto juga mengandung risiko. Kesuksesan akhirnya sangat bergantung pada seberapa mampunya kamu memilih proyek berkualitas dan menerapkan strategi investasi yang tepat.

 

Jadi jangan pernah mengabaikan proses penelitian dan berhati-hati meski tergiur dengan promosi presale yang menggiurkan. Tetap waspada, teliti, dan dingin dalam mengambil keputusan agar investasi presale token crypto kamu tidak salah arah dan berujung kerugian.

 

Selain itu berikut ini ada artikel menarik yang membahas tentang 10 daftar presale crypto yang bisa kamu baca. 

 

Dan semoga dengan mengikuti tips di atas, kamu dapat meraih keuntungan maksimal dari momentum presale token crypto ke depannya. Selamat mencoba!

 

*Disclaimer

Konten ini bertujuan memperkaya informasi pembaca. Selalu lakukan riset mandiri dan pertimbangkan dengan baik sebelum berinvestasi. Gunakan dana yang tidak terlalu vital bagi kebutuhan kamu sebelum terlibat dalam investasi. Segala aktivitas jual beli bitcoin dan investasi aset kripto lainya menjadi tanggung jawab pembaca.

 

   Author: RB & AL

 

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Trader Waspada, JP Morgan Prediksi Kripto Bangkit
12/07/2024
Trader Waspada, JP Morgan Prediksi Kripto Bangkit

Market crypto akhir-akhir ini benar-benar menguji mental para investor. Harga

12/07/2024
Inovasi Keuangan: Santa Monica Buka Kantor Bitcoin
12/07/2024
Inovasi Keuangan: Santa Monica Buka Kantor Bitcoin

Kota Santa Monica baru-baru ini membuat gebrakan di ranah keuangan

12/07/2024
Pasar Kripto Terkoreksi Jelang Rilis Data CPI AS Juli
11/07/2024
Pasar Kripto Terkoreksi Jelang Rilis Data CPI AS Juli

Pasar kripto kembali mengalami koreksi signifikan menjelang rilis data Consumer

11/07/2024