Mengenal Polkastarter Cara Kerja, Fitur & Tokennya
icon search
icon search

Top Performers

Apa Itu Polkastarter? Ini Fitur & Cara Membelinya!

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Apa Itu Polkastarter? Ini Fitur & Cara Membelinya!

Apa Itu Polkastarter? Ini Fitur & Cara Membelinya!

Daftar Isi

Inovasi baru dalam konsep pengumpulan dana yang terdesentralisasi dihadirkan oleh Polkastarter. Adapun Polkastarter adalah platform penggalangan dana terdesentralisasi di jaringan Polkadot yang menggunakan teknologi blockchain sebagai landasannya. 

 

Platform ini memungkinkan tim dan perusahaan blockchain untuk memperoleh dana awal dari komunitas dan meluncurkan proyek mereka secara terbuka kepada publik. Dalam hal ini, Polkastarter berperan sebagai platform peluncuran crowdfunding terdesentralisasi untuk proyek kripto yang sedang dikembangkan.

 

Nah, untuk lebih memahami tentang apa itu Polkastarter, fitur-fitur utamanya, cara kerjanya, hingga cara membelinya, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Apa Itu Polkastarter?

Mengutip laman plisio.net, Polkastarter adalah sebuah pertukaran terdesentralisasi (DEX) yang inovatif dan menjadi sorotan dalam dunia kripto karena pendekatannya yang unik terhadap Initial DEX Offerings (IDO)

 

Dibangun di atas infrastruktur blockchain generasi ketiga dari Polkadot, Polkastarter berhasil menanggulangi tantangan utama terkait skalabilitas dan interoperabilitas yang dihadapi oleh model-model penggalangan dana sebelumnya, seperti ICO dan IEO.

 

Melalui aktivasi pengumpulan dan lelang token lintas rantai, Polkastarter menyajikan platform serbaguna bagi proyek-proyek blockchain tahap awal untuk menghimpun dana dan mendistribusikan token secara efisien. 

 

Kemampuan multi-rantai platform ini mendukung berbagai rantai Lapisan 1 dan 2, termasuk Ethereum, Polygon, Celo, dan Avalanche. Hal itu memungkinkan berbagai protokol blockchain untuk berinteraksi secara lancar sehingga membawa tingkat interoperabilitas baru.

 

Dengan infrastruktur terdesentralisasi, Polkastarter memungkinkan proyek-proyek untuk meningkatkan modal melalui metode inovatif seperti proses penawaran tertutup atau lelang Belanda. Selain itu, platform ini menawarkan fleksibilitas kepada pengguna untuk menukar aset di luar protokol standar, seperti ERC-20 atau BEP-2.

 

Fitur-fitur Utama Polkastarter

 

Apa Itu Polkastarter? Ini Fitur & Cara Membelinya!

 

Mengutip laman plisio.net, inti dari fungsi Polkastarter terletak pada kemampuannya untuk memfasilitasi transaksi lintas rantai aset digital melalui rantai relai Polkadot yang mendorong interoperabilitas antar berbagai blockchain. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan perdagangan aset dari berbagai protokol blockchain secara lancar. 

 

Selain itu, Polkastarter memanfaatkan fitur keamanan Polkadot untuk memberikan jaminan keamanan terhadap aset pengguna, sementara jaringan relay mendukung perdagangan yang cepat dan efisien.

 

Dalam hal tata kelola, Polkastarter dijalankan oleh komunitasnya, di mana semua keputusan terkait platform diambil melalui pemungutan suara komunitas. Pendekatan ini memberikan kekuatan kepada pemegang token POLS untuk berpartisipasi secara aktif dalam ekosistem platform, mempengaruhi jenis lelang, utilitas token, dan modifikasi fitur produk.

 

Polkastarter juga mengukuhkan posisinya dalam penggalangan dana untuk proyek mata uang kripto sehingga memungkinkan crowdfunding yang efisien. Manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh perusahaan di dalam ekosistem, tetapi juga menawarkan potensi diskon kepada pembeli selama proses lelang. Platform ini menjanjikan kecepatan transaksi tinggi, mampu memproses hingga 160.000 transaksi per detik, dan memiliki potensi mencapai 1.000.000 transaksi per detik

 

Sistem penggalangan dana terdesentralisasi multi-rantai pada platform ini memberikan biaya transaksi yang efisien dan mendukung berbagai jenis blockchain, termasuk Ethereum, BNB Chain, Polygon, Celo, dan Avalanche. Hal itu memungkinkan proyek untuk diluncurkan di berbagai blockchain dan menerima token yang kompatibel selama penjualan IDO. 

 

Beberapa fitur utama melibatkan Fixed Swap Pools, pertanian IDO, integrasi KYC untuk keamanan tambahan, dan dukungan untuk tren populer game play-to-earn melalui Polkastarter Gaming Guild.

 

Kumpulan Swap Tetap Polkastarter berbeda dengan model Automated Market Maker (AMM) konvensional karena melaksanakan pesanan swap dengan harga tetap dan memberikan stabilitas harga. Platform ini juga bersiap untuk memperkenalkan pertanian IDO untuk mendorong peserta untuk mempertaruhkan token mereka guna mendapatkan hadiah tambahan sehingga mengurangi tekanan penjualan.

 

Fitur KYC Polkastarter menambahkan lapisan keamanan sehingga memastikan hanya pengguna terverifikasi yang dapat berpartisipasi dalam IDO. Hal itu memberikan fleksibilitas bagi proyek dalam menetapkan persyaratan KYC dan mengendalikan batasan geografis bagi peserta.

 

Terakhir, aplikasi seluler Polkastarter, yang dapat diakses melalui perangkat Android dan iOS, memperluas fungsionalitasnya bagi pengguna seluler. Aplikasi ini menyediakan solusi manajemen proyek terintegrasi yang disinkronkan dengan akun online sehingga memastikan akses terkini ke proyek dari mana pun pengguna berada.

 

Dengan adanya fitur-fitur inovatif, fokus pada pengalaman pengguna, tata kelola, dan keamanan, Polkastarter telah siap untuk memainkan peran penting dalam evolusi pertukaran terdesentralisasi dan ekosistem blockchain yang lebih luas di masa depan.

 

Cara Kerja Polkastarter

Terkait cara kerjanya, Polkastarter beroperasi dengan menggunakan sistem lotere yang unik, memberikan pengguna berbagai metode untuk meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan tempat dalam IDO. 

 

Sistem ini didasarkan pada konsep POLS Power, yang terkait secara langsung dengan jumlah token POLS atau LP yang dimiliki oleh pengguna. Ada tiga metode utama untuk meningkatkan POLS Power, yaitu:

 

  • Memegang POLS

Menyimpan setiap 250 POLS di dompet kamu memberikan satu “tiket”, yang setara dengan satu entri dalam proses daftar putih. Penting untuk dicatat bahwa POLS tidak diperdagangkan untuk tiket ini. Sebaliknya, jumlah POLS yang kamu miliki terkait dengan jumlah tiket yang kamu dapatkan. Oleh karena itu, semakin banyak POLS yang kamu miliki, semakin besar kemungkinan kamu untuk terpilih dalam daftar putih.

 

  • Staking POLS

Melakukan staking POLS dianggap setara dengan menyimpannya, terhitung dalam Kekuatan POLS.

 

  • Menyediakan Likuiditas

Pada pool likuiditas seperti ETH – POLS di Uniswap dan BNB – POLS di PancakeSwap, setiap token LP memiliki nilai 100 POLS dan 20 POLS masing-masing. Dengan demikian, memiliki 2,5 ETH – POLS atau 12,5 BNB – POLS LP token (setara dengan sekitar 250 POLS) memberikan satu tiket. Sama seperti saat memegang POLS, memiliki lebih banyak token LP meningkatkan peluang seleksi kamu.

 

Mengenal Token Polkastarter (POLS)

Aset kripto asli Polkastarter, POLS, adalah token utilitas serbaguna yang memegang peran sentral dalam ekosistemnya yang menyediakan sejumlah fungsi kunci di seluruh aspek tata kelola, staking, penambangan likuiditas, dan pembayaran biaya transaksi. 

 

Sebagai token ERC-20, POLS juga tersedia dalam versi BEP-20 di Binance Smart Chain, dengan pasokan maksimum sebanyak 100.000.000 token, dan mayoritasnya telah beredar. POLS berperan sebagai tulang punggung biaya transaksi di platform Polkastarter yang memungkinkan perdagangan yang efisien dan aman. 

 

Sebagai token governance, token ini memberikan hak suara kepada pemegangnya dan kemampuan untuk mengajukan proposal yang mempengaruhi pengembangan platform, termasuk fitur baru, utilitas token, dan jenis token yang terdaftar. 

 

Rencana masa depan Polkastarter mencakup peralihan ke struktur tata kelola DAO (Organisasi Otonomi Terdesentralisasi) yang sepenuhnya otomatis, memberdayakan pemegang POLS dalam proses pengambilan keputusan. Selain dari aspek tata kelola, pemegang token POLS dapat terlibat dalam aktivitas staking. Mempertaruhkan POLS di pool likuiditas memungkinkan pemegangnya mendapatkan sebagian dari hadiah pool dan mengakses pool eksklusif. 

 

Token POLS juga mendukung penambangan likuiditas, di mana imbalan didistribusikan kepada mereka yang menyediakan likuiditas di pasar sekunder. Salah satu aspek menarik dari POLS adalah penggunaannya dalam proses IDO Polkastarter. 

 

POLS Power, sebuah fitur inovatif, menentukan kesempatan pengguna untuk terlibat dalam penjualan IDO dan NFT. Ini menggabungkan saldo POLS yang memenuhi syarat di seluruh platform, termasuk token di dompet dan POLS yang dipertaruhkan. Pengguna memperoleh akses ke IDO melalui sistem lotere, di mana setiap 250 POLS memberikan satu tiket. Semakin banyak tiket, semakin tinggi kemungkinan terpilih, dan saldo POLS yang lebih besar meningkatkan nilai tiket tersebut.

 

Polkastarter telah merinci struktur tokenomics-nya, termasuk alokasi untuk penjualan benih, penjualan pribadi, dana likuiditas, pertumbuhan ekosistem, tim dan penasihat, serta cadangan dasar. Riwayat harga token menunjukkan pertumbuhan yang solid sejak diluncurkan dan mencerminkan kesuksesan dan potensi platform

 

Dengan menggabungkan berbagai fungsi ini, POLS bukan hanya sebagai mata uang, melainkan juga sebagai alat untuk mendorong partisipasi, memastikan keamanan dan efisiensi platform, serta membangun ekosistem demokratis di mana pemegang token memiliki pengaruh yang signifikan dalam arah pengembangan platform. Pendekatan multifungsi ini menempatkan Polkastarter dan token POLS-nya sebagai elemen tidak terpisahkan dalam lanskap keuangan terdesentralisasi yang terus berkembang.

 

Risiko dan Tantangan

 

Apa Itu Polkastarter? Ini Fitur & Cara Membelinya!

 

Mengutip laman plisio.net, seperti banyak proyek lain di sektor DeFi yang sedang berkembang pesat, Polkastarter menghadapi tantangan dan risiko yang sama, terutama dalam hal keamanan kode kontrak pintar. 

 

Potensi pelanggaran keamanan merupakan ancaman yang signifikan, sebagaimana terlihat dalam lanskap DeFi yang lebih luas, di mana insiden peretasan telah menyebabkan kerugian finansial besar, dengan jumlah mencapai $200.000.000 pada tahun 2020 akibat peristiwa tersebut.

 

Risiko utama terletak pada potensi penemuan kerentanan dalam kode kontrak pintar Polkastarter, yang dapat memberikan celah bagi peretas untuk mengeksploitasi dan mengakses dana platform. Pelanggaran keamanan semacam ini semakin umum terjadi di ekosistem DeFi yang menegaskan perlunya langkah-langkah perlindungan yang kuat.

 

Pelanggaran dalam infrastruktur Polkastarter dapat mengakibatkan dampak yang meluas, berpotensi merusak reputasi platform dan menyebabkan penarikan proyek serta pengguna. Untuk mengurangi risiko ini, penting bagi Polkastarter untuk melakukan audit keamanan menyeluruh terhadap kode mereka. Tindakan proaktif semacam itu dapat secara signifikan meningkatkan kepercayaan dan keyakinan di antara pengguna dan mitra.

 

Meskipun demikian, pada saat ini tidak ada indikasi adanya kerentanan dalam sistem Polkastarter. Proyek ini, yang didukung oleh tim pendiri, telah menetapkan rencana pengembangan yang kuat, didukung oleh riset dan pengembangan yang cermat. 

 

Selain dari aspek keamanannya, Polkastarter menawarkan fitur yang unik dan inovatif di sektor DEX, yang berpotensi memainkan peran penting dalam membentuk tren dan aplikasi masa depan di ekosistem DeFi. Dengan atribut tersebut, Polkastarter dapat menjadi pemain berpengaruh di dunia DeFi, dengan syarat bahwa mereka terus mengutamakan dan mengelola keamanan serta kepercayaan pengguna dengan baik.

 

Masa Depan Polkastarter

Mengutip laman plisio.net, melihat ke depan, visi Polkastarter mencakup integrasi sepenuhnya ke dalam ekosistem Polkadot untuk memanfaatkan tingkat skalabilitas yang tinggi yang dimilikinya. Sementara menanti peluncuran mainnet Polkadot, Polkastarter telah aktif beroperasi di Ethereum, Polygon, dan Binance Smart Chain. 

 

Rencananya mencakup ekspansi lebih lanjut dengan tujuan meningkatkan kapasitas transaksi hingga 160,000 transaksi per detik dan melakukan migrasi penuh ke Polkadot untuk mendukung pertukaran lintas rantai. Langkah ini melibatkan penyempurnaan mekanisme tata kelola, serta meluncurkan Organisasi Otonomi Terdesentralisasi (DAO) secara penuh. 

 

Dengan kemajuan ini, Polkastarter bukan sekadar pertukaran terdesentralisasi biasa, melainkan juga pelopor dalam dunia keuangan terdesentralisasi dan teknologi blockchain.

 

Bagaimana Cara Membeli Polkastarter di INDODAX?

Jika kamu ingin membeli Polkastarter di INDODAX maka sebaiknya kamu mengecek terlebih dahulu harga Polkastarter hari ini di halaman INDODAX Market. Untuk memperoleh Polkastarter (POLS), kamu bisa mengunjungi situs web INDODAX.

 

Di samping itu, kamu juga dapat mengunduh Aplikasi Mobile INDODAX melalui App Store atau Google Play Store pada perangkat kamu. Berikut ini langkah-langkah untuk membeli aset kripto Polkastarter (POLS) di INDODAX, yaitu:

 

  • Daftar di INDODAX jika belum menjadi anggota atau masuk ke akun INDODAX yang sudah dimiliki.
  • Melakukan deposit dapat dilakukan dengan mengikuti petunjuk yang diberikan tentang cara melakukan deposit.
  • Setelah berhasil melakukan deposit dan saldo tercatat dalam akun INDODAX, kunjungi pasar INDODAX.
  • Cari POLS pada pasar IDR (POLS to IDR) dan klik untuk menuju halaman aset kripto tersebut.
  • Pada halaman aset kripto, tentukan jumlah saldo dan masukkan harga beli POLS yang diinginkan atau lakukan pembelian instan dengan harga saat itu.
  • Tunggu beberapa waktu sampai harga meningkat.
  • Setelah harga naik, kamu dapat menjual aset dengan harga yang lebih tinggi menggunakan metode Instan.
  • Jika ingin menjual dengan metode Limit maka kamu dapat membuat order jual setelah pembelian aset dan pastikan harga jual yang dimasukkan lebih tinggi.

 

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Polkastarter adalah platform pertukaran terdesentralisasi (DEX) yang populer di dunia aset kripto yang dibangun di atas jaringan Polkadot. Platform ini memperkenalkan pendekatan inovatif terhadap Initial DEX Offerings (IDO) dan memiliki fokus kuat pada interoperabilitas lintas rantai.

 

Dengan menggunakan token utilitasnya, POLS, Polkastarter memberikan berbagai fungsi, di antaranya partisipasi dalam tata kelola platform, staking, dan penambangan likuiditas. POLS pun menjadi hal yang penting dalam proses IDO dengan konsep POLS Power yang memberikan peluang bagi pemegangnya untuk berpartisipasi dalam penjualan token tahap awal dan NFT.

 

Sebagai disclaimer, berinvestasi aset kripto dapat membawa risiko yang tinggi dan memberikan kerugian finansial. Hal itu karena nilai aset kripto sangat volatil dan mungkin mengalami perubahan yang signifikan dalam periode singkat. 

 

Maka dari itu, menjadi penting untuk digaris bawahi bahwa keputusan untuk berinvestasi sebaiknya didasarkan pada penelitian yang cermat dan pemahaman mendalam tentang dinamika pasar kripto dan juga selalu update pengetahuanmu dengan membaca kumpulan artikel menarik lainnya seputar kripto di INDODAX Academy.

Nah, sekarang kamu sudah memahami tentang apa itu Polkastarter, fitur-fitur utamanya, cara kerjanya, hingga cara membelinya.

 

Selanjutnya, jika kamu berniat untuk menggunakan layanan pribadi untuk melakukan jual beli aset kripto dalam jumlah yang melebihi kapasitas order book dan tertarik untuk mempelajari lebih lanjut maka kamu dapat mengunjungi halaman OTC bitcoin  di INDODAX.

 

Perlu diketahui bahwa harga dalam layanan OTC akan selalu mengikuti pergerakan harga pasar sebab transaksi dilakukan di pasar spot. Meskipun volume pembelian meningkat, ini tidak menjamin penurunan harga. Fokus layanan ini adalah memberikan kenyamanan selama proses transaksi bagi pengguna. Tim khusus akan memberikan panduan lewat seluruh prosedur untuk memastikan keamanan dan menjaga privasi pengguna.

 

Tunggu apa lagi? Ayo, segera mulai lakukan transaksi OTC Bitcoin di INDODAX sekarang juga!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto
18/04/2024
Worldcoin: Revolusi Biometrik AI Dunia dalam Kripto

Dalam beberapa waktu belakangan, OpenAI telah menjadi sorotan di dunia

18/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin
17/04/2024
CryptoTab, Browser Terbaru yang Buat Kamu Kaya Bitcoin

CryptoTab adalah solusi unik yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan Bitcoin

17/04/2024
Ether.fi (ETHFI) Kini Hadir di INDODAX!
16/04/2024
Ether.fi (ETHFI) Kini Hadir di INDODAX!

Bukan sekadar aplikasi terdesentralisasi biasa, EtherFi membuka pintu ke dunia

16/04/2024