17 Game Play to Earn Populer yang Menghasilkan!
icon search
icon search

Top Performers

17 Daftar Game Play-to-Earn Populer

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

17 Daftar Game Play-to-Earn Populer

17 Daftar Game Play-to-Earn Populer

Daftar Isi

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, fenomena game play-to-earn (P2E) menjadi sorotan utama dalam dunia game online. Konsep P2E telah membawa perubahan baru dalam industri game dengan memberikan pemain kesempatan untuk menghasilkan aset digital atau aset berharga dalam lingkup game tersebut.

 

Game Play-to-Earn (P2E) adalah jenis game daring yang menghadirkan konsep di mana pemain memiliki kemampuan untuk menghasilkan pendapatan atau aset nyata melalui partisipasi aktif dalam permainan.

 

Nah, untuk lebih memahami tentang apa itu game Play-to-Earn (P2E), keunikannya, hingga daftar game P2E terpopuler saat ini, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Apa Itu Game Play to Earn?

Pada dasarnya, game P2E adalah game online yang memungkinkan pemain untuk memperoleh dan menilai prestasi dalam kehidupan nyata. Imbalan yang diperoleh dapat berupa aset virtual di dalam permainan, seperti token kripto, lahan virtual, kostum karakter, senjata, dan non-fungible token (NFT) lainnya.

 

Game Play-to-Earn (P2E) telah membawa perubahan besar dalam industri game dengan memberikan peluang kepada pemain untuk menghasilkan pendapatan riil dalam bentuk aset kripto.

 

Dengan model ini, pemain dapat memperoleh imbalan melalui penyelesaian tugas, pertarungan dengan pemain lain, dan kemajuan dalam berbagai tingkatan permainan. 

 

Imbalan tersebut hadir dalam berbagai bentuk aset di dalam permainan, termasuk token kripto, tanah virtual, kostum dan senjata karakter, serta non-fungible token (NFT). 

 

Berkat sifat desentralisasi game ini, pemain memiliki kebebasan untuk membeli, mentransfer, dan menjual aset-aset tersebut di luar lingkup dunia virtual permainan untuk mendapatkan mata uang riil.

 

Keberhasilan game P2E telah memunculkan minat yang signifikan di kalangan komunitas kripto serta menarik perhatian baik dari pemain yang mencari penghasilan tambahan maupun investor yang melihat potensi ekonomi baru dalam industri game.

 

Bagaimana Game NFT Play to Earn Memadukan Blockchain dengan Game?

 

17 Daftar Game Play-to-Earn Populer

 

Mengutip synodus.com/blog/blockchain, Non-Fungible Token (NFT) telah menciptakan revolusi mendalam dalam industri game dengan mengubah secara mendasar dinamika kepemilikan aset dalam permainan.

 

Berbeda dengan item permainan tradisional yang kurang memiliki nilai intrinsik atau keunikan, NFT adalah aset digital yang ada pada blockchain, masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda dan kelangkaan yang dapat diverifikasi.

 

Model play-to-earn memanfaatkan teknologi blockchain dan NFT sehingga membuat pemain bisa menghasilkan uang atau kripto dengan berpartisipasi dalam aktivitas permainan. 

 

Pendekatan inovatif ini memungkinkan para gamer untuk menguangkan waktu yang dihabiskan dalam lingkungan permainan.

 

Apa yang Membuat Game to Earn Unik?

Mengutip synodus.com, dalam game NFT play-to-earn, pemain mendapatkan hadiah berupa token kripto, atau NFT langka dengan menyelesaikan tugas, pencarian, atau mencapai tonggak-tonggak tertentu dalam permainan. Hadiah-hadiah ini aman tersimpan di dalam blockchain serta menciptakan nilai bagi para pemain.

 

Untuk menghasilkan uang atau kripto selama bermain, pemain akan mengumpulkan pendapatan dengan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas dalam permainan, seperti pencarian, pertempuran, dan memperoleh aset berharga dalam permainan (NFT). 

 

Hadiah-hadiah yang diperoleh ini dapat diperdagangkan atau digunakan dalam ekonomi permainan.

 

Daftar Game Play to Earn NFT Populer

Hingga saat ini, beberapa game NFT tertentu terus menunjukkan pertumbuhan stabil di pasar. Selain itu, game NFT baru juga muncul dalam beberapa waktu belakangan. Karena itu, peluang untuk menghasilkan uang melalui game NFTplay-to-earn” masih sangat menjanjikan. 

 

Dengan kolaborasi yang mendapat perhatian dan pasar yang terus berkembang, game NFT masih mendapatkan pengakuan dan menjadi tren signifikan dalam industri game. Berikut ini daftar game Play to Earn NFT populer yang perlu diketahui, antara lain:

 

1. Axie Infinity

Axie Infinity, sebagai game NFT berbasis Ethereum pertama yang berhasil mencapai penjualan $1.000.000.000 pada 8 Agustus 2021, telah memperoleh popularitas yang mengesankan. 

 

Dikembangkan oleh perusahaan Vietnam yang dikenal sebagai Sky Mavis, Axie Infinity menjadi game NFT paling dicari saat ini, dengan lebih dari 1.000.000 pengguna aktif.

 

Konsep dasar game Axie Infinity terinspirasi oleh game Pokemon, di mana pemain dapat membangun tim makhluk yang disebut Axies. 

 

Game ini memungkinkan pemain untuk menggunakan Axies mereka dalam pertarungan melawan pemain lain di mode Arena atau menghadapi musuh dalam mode Petualangan.

 

Dalam ekosistem kripto game ini, terdapat dua aset utama, yaitu Axie Infinity Token (AXS to IDR) dan Smooth Love Potion (SLP to IDR). Pemain dapat memperoleh AXS melalui peringkat PVP game, sementara SLP dapat diperoleh dengan menyelesaikan level dalam mode petualangan dan meraih kemenangan.

 

Setiap Axies adalah NFT yang memiliki bagian tubuh unik yang menentukan keterampilan dan kelangkaannya. Harga Axies bervariasi, mulai dari $100 hingga $1.000. 

 

Beberapa Axies yang sangat langka bahkan terjual dengan harga ratusan ribu dolar AS, seperti Axie #1733 (Venom), yang dijual seharga 110 ETH pada 23 Maret 2019 dan kemudian dijual lagi seharga 104,25 ETH pada 25 September 2020.

 

Menariknya, meskipun Axie Infinity adalah game NFT play-to-earn, Axie Marketplace berhasil menjadi marketplace terbesar kedua menurut DappRadar, hanya kalah dari OpenSea

 

Dengan lebih dari 975.000 pedagang dan volume perdagangan mencapai $2.880.000.000, Axie Marketplace membuktikan popularitas dan daya tariknya dalam ekosistem NFT.

 

2. Gods Unchained

Gods Unchained merupakan game pertukaran kartu yang berjalan di blockchain. Dalam game ini, fokus utama adalah melawan pemain lain dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat dan meningkatkan peluang memperoleh kartu berkualitas.

 

Seperti halnya dengan game NFT lainnya, dalam Gods Unchained, kamu memiliki kemampuan untuk melakukan perdagangan aset dalam permainan, yang dalam hal in adalah kartu digital. 

 

Bagi pemain baru yang belum memiliki kartu, tidak perlu khawatir. Gods Unchained termasuk dalam kategori play-to-earn NFT game yang dapat dimainkan secara gratis. 

 

Di sini, pemain akan diberikan satu set kartu awal yang dapat digunakan untuk bertarung melawan pemain lain dengan peringkat sejajar. Namun, penting untuk dicatat bahwa set kartu awal tidak langsung terdaftar di blockchain

 

Pertama, pemain harus memenangkan pertarungan untuk mendapatkan Flux, yang dapat digunakan untuk menciptakan dua kartu duplikat dan menggolongkannya ke dalam blockchain Ethereum.

 

Game ini memiliki token kripto khusus yang disebut token GODS, yang beroperasi sebagai token ERC-20. Token GODS dapat digunakan untuk membuat NFT, membeli paket dari Gods Unchained Marketplace, dan memperoleh lebih banyak hadiah dengan menyimpan token tersebut di Immutable X.

 

Token GODS juga memiliki fungsi hak suara, memungkinkan pemegangnya berpartisipasi dalam proposal tata kelola dan perkembangan ekosistem game di masa mendatang. 

 

Saat ini, token GODS menjadi salah satu token game paling bernilai di dunia kripto dan menjadikan Gods Unchained sebagai permainan crypto play-to-earn online yang tetap layak dimainkan hingga tahun 2024 ini.

 

3. Plant VS Undead

Plant VS Undead adalah game NFT play-to-earn yang memungkinkan para pemain untuk mengelola pertanian mereka sambil menghasilkan uang dalam bentuk aset kripto Light Energy (LE).

 

Saat ini, token LE dapat dikonversi menjadi token kripto yang dikenal sebagai PVU (Plant vs Undead). Seperti halnya dengan aset kripto lainnya, token ini dapat diperdagangkan di berbagai decentralized exchange (DEX) yang tersedia.

 

Untuk memperoleh LE, pemain perlu melakukan berbagai kegiatan, seperti panen benih, menyelesaikan misi harian seperti menyiram tanaman milik pemain lain, dan menyelesaikan beberapa misi lain di sekitar pertanian. 

 

Selain itu, pemain juga memiliki opsi untuk menjual NFT tanaman di pasar, di mana NFT tanaman umumnya dihargai sekitar 10 token PVU, sementara tanaman langka dapat terjual dengan harga lebih dari 100 token PVU.

 

Game ini berjalan di Binance Smart Chain, meskipun pemain juga dapat menggunakan dompet MetaMask jika terhubung ke BSC.

 

4. Illuvium

Illuvium adalah game Open World RPG 3D yang berbasis di Ethereum Blockchain dengan gameplay pertempuran otomatis. 

 

Seperti halnya gameplay RPG pada umumnya, pemain memiliki tugas utama untuk memenangkan pertempuran, menyelesaikan pencarian, dan meningkatkan peringkat. Selain itu, pemain juga akan menerima hadiah dalam bentuk aset kripto, yaitu token ILV.

 

NFT Illuvial merepresentasikan makhluk dengan keterampilan berbeda, yang dapat dikumpulkan dan ditingkatkan untuk meningkatkan kemenangan dalam pertempuran. 

 

Baik NFT Illuvials maupun item lain dalam game dapat diperdagangkan di Illuvium marketplace, sebagaimana halnya dengan NFT game lainnya.

 

Illuvium semakin mendapatkan popularitas setelah terintegrasi dengan Immutable X, protokol solusi Layer 2 untuk skema NFT tanpa biaya. Integrasi ini memungkinkan Illuvium menawarkan perdagangan peer-to-peer tanpa biaya gas kepada komunitasnya sehingga memberikan perbedaan signifikan dengan game berbasis blockchain lainnya.

 

Dengan rencana rilis pada kuartal pertama tahun 2022, Illuvium akan membawa pengalaman bermain game dan perdagangan ke berbagai platform DeFi yang memberikan peluang bagi para pemain untuk menikmati gameplay dan pengalaman trading yang menyenangkan.

 

5.  Gala Games

Gala Games adalah platform game berbasis blockchain yang menawarkan berbagai kategori game kripto. Koin GALA diberikan sebagai hadiah dan token utilitas untuk transaksi dalam lingkungan permainan.

 

Dalam Gala Game NFT Marketplace, token tidak hanya diperdagangkan, melainkan beberapa item dalam game juga dapat dibeli dan dikoleksi. Meskipun item dikoleksi dalam game, Gala Games dengan sengaja menggunakan blockchain untuk memberikan kepemilikan eksklusif atas item game sebagai NFT dan Token ERC-20 di blockchain Ethereum.

 

Dengan kata lain, setiap item dalam game dan status warisan yang dikumpulkan oleh pemain akan menjadi aset yang dapat diverifikasi di blockchain, bahkan ketika akun mereka ditangguhkan dari platform

 

Hal itu merupakan perbedaan signifikan dengan game lain, di mana Game Master dan Admin memiliki kendali penuh sebagai pembuat item tertinggi dalam game

 

Pengembang berencana untuk mengintegrasikan Gala Games dengan game kripto lainnya di masa depan yang memungkinkan pemain untuk mentransfer NFT antar game

 

Berdasarkan data terakhir, terdapat lima (5) Play To Earn NFT crypto games yang berada di bawah Gala Games, yaitu Mirandus, Spider Tank, Town Star, Fortified, dan Echoes of Empires.

 

Berita baiknya bagi penggemar Gala Games, tiga (3) game baru, seperti The Walking Dead: Empires, Legacy, dan Last Expedition telah diperkenalkan di Galaverse pada Desember 2021 lalu.

 

6. The Sandbox

The Sandbox adalah game play-to-earn crypto yang sedang naik daun dan berhasil menarik perhatian banyak pihak. Selain itu, pemain dapat menggunakan token utilitas SAND untuk melakukan transaksi di marketplace dan melakukan perdagangan lahan digital. 

 

The Sandbox memiliki pasokan tanah yang terbatas sebanyak 166.464 tanah yang meningkatkan permintaan dan membutuhkan investasi yang signifikan untuk memperolehnya. Dalam hal grafis dan antarmuka, pemain The Sandbox memiliki kebebasan untuk memilih cara memonetisasi konten mereka sambil mengingat pengalaman bermain game Minecraft, baik dari segi pemandangan maupun item dalam bentuk blok.

 

Cara terbaik untuk bermain sambil menghasilkan uang di The Sandbox adalah dengan menukar tanah dan objek lainnya serta menyelesaikan tugas dalam permainan.

 

7. Decentraland

Decentraland adalah game kripto virtual 3D yang didukung oleh blockchain Ethereum. Pemain dapat menjelajahi tanah, membuat avatar, dan menciptakan konten unik sesuai dengan preferensi mereka.

 

Selain itu, pemain dapat menggunakan koin MANA sebagai token dalam game untuk melakukan jual beli item game dan mengikuti berbagai aktivitas sosial yang seru. 

 

Sebagai pionir teknologi Metaverse, game NFT crypto ini menghadirkan gameplay dengan pengalaman Virtual Reality (VR) dan grafis berkualitas ultra. Para pemain juga diberikan kebebasan untuk melakukan perdagangan di NFT Marketplace.

 

8. Bomb Crypto Game

Pemain Bomb Crypto dapat memperoleh token BCOIN dengan memanfaatkan Bomb Heroes, sebuah platform NFT, untuk melibas monster. Hingga saat ini, telah ada lebih dari 12 Bomb Heroes NFT yang dirilis di situs resmi.

 

Selain BCOIN, Bomb Crypto juga memberikan pemain pengalaman vintage dan nuansa nostalgia yang menjadikannya salah satu game kripto play-to-earn crypto terbaik tahun 2024 dan mendapat kepopuleran di pasar.

 

17 Daftar Game Play-to-Earn Populer

 

9. Age of Rust

Jika kamu mencari game kripto online play-to-earn dengan konten berbasis cerita interaktif, Age of Rust bisa menjadi pilihan yang tepat. 

 

Bayangkan, kamu akan terbangun di dunia yang dipenuhi kehancuran pada abad ke-44 di mana kekuasaan direbut oleh kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan mesin. 

 

Dalam game ini, kamu diberikan kesempatan untuk menjelajahi dunia misterius dan memecahkan teka-teki guna mengumpulkan token. 

 

Age of Rust merupakan game RPG pasca-apokaliptik yang dikembangkan menggunakan protokol ENJIN dan berbasis blockchain Ethereum. Tujuan awalnya adalah untuk mendorong minat dalam dunia blockchain.

 

Pemain memiliki kesempatan untuk berburu harta karun lebih dari 24 BTC yang disembunyikan oleh pembuat game. Menariknya, Bitcoin (BTC) tersebut saat ini memiliki nilai lebih dari $1.000.000 dan 370.000 koin ENJ yang merupakan token utilitas di dalam ekosistem Protokol ENJIN.

 

10.  Guild of Guardian

Guild of Guardian merupakan game fantasi RPG di mana pemain memiliki kemampuan untuk membeli dan menjual pahlawan mereka, membentuk tim, dan bertarung melawan pemain lain. 

 

Selain itu, pemain dapat menggabungkan kekuatan tim untuk menaklukkan dungeon dan mengumpulkan sumber daya guna meningkatkan kemampuan pahlawan. Game ini dapat diakses melalui platform iOS dan Android.

 

Kelebihan lainnya, Guild of Guardian adalah salah satu game NFT play-to-earn yang bisa dimainkan secara gratis. Selain menikmati permainan, pemain juga bisa memperoleh NFT dan GEM yang merupakan token asli dari game tersebut.

 

11. Mirandus

Permainan play-to-earn crypto berikutnya adalah Mirandus. Game ini termasuk dalam kategori massive multiplayer online role-playing (MMORPG) yang berjalan di platform Gala Games. 

 

Dalam Mirandus, pemain diajak untuk menjelajah, bertarung, dan berdagang dengan sesama pemain sambil melakukan penambangan aset langka yang dikenal sebagai Materium.

 

12. Battle Infinity

Battle Infinity adalah game pertarungan multiple play-to-earn yang beroperasi di Binance Smart Chain, dikenal sebagai The Multiverse of Metaverse. Game ini memberikan pengalaman pertempuran yang menarik dalam gameplay.

 

Selain itu, game ini menyajikan dunia metaverse secara eksklusif yang memungkinkan para pemain untuk berinteraksi dengan sesama pemain dan menjelajahi arena pertemuan virtual IBAT.

 

13. STEPN

STEPN adalah aplikasi gaya hidup Web3 dengan elemen GameFi dan SocialFi terintegrasi. Pengguna dapat membeli dan memperkaya diri mereka dengan NFT dalam bentuk sepatu kets menggunakan token GMT, yaitu token governance asli di dalam game ini.

 

Dengan berjalan dan berlari di luar ruangan, pengguna akan memperoleh token GST, sub-token dalam game dengan pasokan yang tidak terbatas. 

 

Melalui pendekatan GameFi, STEPN bertujuan untuk memberikan gaya hidup yang lebih sehat kepada jutaan pengguna sekaligus berkontribusi dalam melawan perubahan iklim dan memfasilitasi koneksi pengguna ke dunia Web 3, sesuai dengan pendekatan SocialFi yang diusung oleh aplikasi ini.

 

14. Thetan Arena

Thetan Arena adalah game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) pertama yang didasarkan pada teknologi blockchain. Pemain dapat bermain bersama dengan teman mereka dalam tim tiga orang.

 

Dalam game ini, terdapat tiga kategori hero, yaitu Tank, Marksman, dan Assassin. Setiap hero memiliki keterampilan, kemampuan, dan kelangkaan (rarity) yang berbeda. Thetan Arena menyediakan berbagai mode game, termasuk Battle Royale, Deathmatch, dan Tower Siege

 

Sebagai play-to-earn crypto, pemain memiliki kesempatan untuk mendapatkan gTHC, yaitu token game saat bermain game ini.

 

15. Ember Sword

Ember Sword adalah game peran daring (online) multi pemain (MMORPG) dengan sistem pertarungan tanpa kelas. Pemain memiliki opsi untuk membeli empat jenis tanah di Ember Sword dan mereka akan menerima pendapatan dari kepemilikan tanah tersebut. 

 

Progres dalam game yang satu ini bergantung pada bagaimana pemain meningkatkan keterampilan mereka dari level 0 hingga 100.

 

16. Nine Chronicles

Nine Chronicles adalah MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) yang sepenuhnya terdesentralisasi dan bersifat open-source yang membuka kesempatan bagi pemain untuk menjelajahi dunia fantasi yang penuh petualangan.

 

Game ini dijalankan di blockchain Planetarium dan mencuri perhatian karena fokusnya yang kuat pada desentralisasi. Komunitas pemain P2E (Play-to-Earn) dan penggemar teknologi blockchain menyambut Nine Chronicles dengan antusias serta menganggapnya sebagai standar emas untuk desentralisasi dalam dunia gaming.

 

17. Phantom Galaxies

Phantom Galaxies adalah game yang menggabungkan elemen RPG dan pertarungan antariksa dengan grafis berkualitas tinggi. Dikembangkan oleh Animoca Brands dan Blowfish Studios, game ini dibangun di atas jaringan Polygon dan mengusung alur cerita yang terinspirasi dari perang antariksa dan pertempuran mecha.

 

Pemain memiliki kemampuan untuk memiliki avatar unik, merchandise menarik, dan real estate antariksa, dan semuanya dapat diwakili dalam bentuk NFT.

 

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, dalam dunia game Play-to-Earn (P2E), konsep utamanya adalah memungkinkan pemain untuk menghasilkan nilai nyata dari waktu dan usaha yang diinvestasikan dalam permainan. 

 

Potensinya pun sangat besar, dengan hadiah berupa aset kripto, tanah virtual, dan NFT yang dapat meningkatkan nilai pemain. Namun, penting bagi pemain untuk memahami risiko yang terlibat dan mengembangkan strategi yang baik.

 

Pemahaman akan risiko ini meliputi pemahaman terhadap volatilitas aset kripto, potensi kerugian investasi, dan keamanan dalam transaksi online

 

Dengan strategi yang baik, pemain dapat mengelola risiko mereka, mengoptimalkan penghasilan, dan meningkatkan pengalaman bermain.

 

Penting untuk diingat, bermain game Play-to-Earn seharusnya tetap menyenangkan dan menghibur. Maka dari itu, penting untuk menjelajahi dunia game Play-to-Earn ini dengan bijak, menikmati pengalaman bermain, dan terus mengembangkan pemahaman tentang dinamika dan inovasi dalam industri game ini. 

 

Yuk Investasi Aset Crypto di INDODAX dengan Fitur Staking (EARN)

Nah, sekarang kamu sudah memahami tentang apa itu game Play-to-Earn (P2E), keunikannya, hingga daftar game P2E terpopuler saat ini.

 

Selanjutnya, apabila kamu berminat untuk investasi aset crypto maka sebaiknya kamu memilih crypto exchange yang aman dan tepercaya di INDODAX.

 

Adapun di INDODAX, saat ini ada fitur yang bernama staking crypto ataupun crypto earn. Penting diketahui bahwa fitur staking kripto INDODAX Earn memberikan peluang untuk mengamankan aset kripto milikmu dengan cara yang serupa dengan menyimpan dana di rekening tabungan. Melalui fitur ini, aset kripto yang kamu kunci akan memberikan imbalan, mirip dengan bunga yang diperoleh dari tabungan konvensional.

 

Perlu juga diingat kembali, fitur staking kripto INDODAX Earn ini dapat diakses dengan mudah, kapan dan di mana saja, baik melalui Aplikasi Mobile maupun desktop di situs web INDODAX, yakni di halaman INDODAX Earn staking kripto.

 

Tunggu apa lagi? Ayo, segera berinvestasi aset kripto mulai sekarang juga dengan fitur staking kripto hanya di INDODAX!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

Mengenal Drawdown Trading: Tips Mengatasi Kerugian
23/05/2024
Mengenal Drawdown Trading: Tips Mengatasi Kerugian

Saat memasuki dunia trading dan investasi, kita akan menemui banyak

23/05/2024
Vanar Chain (VANRY): Teknologi Revolusioner pada NFT & Metaverse
22/05/2024
Vanar Chain (VANRY): Teknologi Revolusioner pada NFT & Metaverse

Pada era digital saat ini, teknologi blockchain telah menjadi pusat

22/05/2024
World Trade Exhibition Center (WTEC) Kini Hadir di INDODAX!
21/05/2024
World Trade Exhibition Center (WTEC) Kini Hadir di INDODAX!

Kini, aset kripto World Trade Exhibition Center (WTEC) telah tersedia

21/05/2024