Biswap (BSW): Pengertian, Cara Kerja dan Roadmapnya
icon search
icon search

Top Performers

Mengenal Biswap: Pengertian, Cara Kerja, dan Fitur Uniknya

Home / Artikel & Tutorial / judul_artikel

Mengenal Biswap: Pengertian, Cara Kerja, dan Fitur Uniknya

Mengenal Biswap: Pengertian, Cara Kerja, dan Fitur Uniknya

Daftar Isi

Berbicara tentang bursa terdesentralisasi (Decentralized Exchange/DEX), kini telah muncul berbagai platform dengan beragam fitur menarik. Fiturnya terdiri dari biaya transaksi yang rendah, pasar NFT, liquidity mining, hingga yield farming yang menguntungkan. 

 

DEX sendiri adalah platform perdagangan kripto yang beroperasi tanpa keterlibatan pihak ketiga atau otoritas sentral. Dari beragam DEX yang tersedia, Biswap menjadi salah satu opsi yang patut dipertimbangkan.

 

Biswap adalah bursa terdesentralisasi (DEX) yang dioperasikan untuk token BEP-20 di Binance Smart Chain. Sebagai DEX pionir, Biswap memanfaatkan sistem rujukan tiga jenis dan menawarkan biaya transaksi platform yang paling rendah.

 

Nah, untuk lebih memahami tentang apa itu Biswap dan pendirinya, cara kerjanya, apa yang membuatnya unik, roadmap-nya, hingga fiturnya, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

 

Apa Itu Biswap dan Siapa Pendirinya?

Mengutip coinmarketcap.com, Biswap (BSW) adalah bursa terdesentralisasi (DEX) untuk token BEP-20 di Binance Smart Chain (BSC). Biswap menjanjikan biaya transaksi terendah dari semua bursa BSC, yaitu sebesar 0,1% dan berkomitmen untuk terus berinovasi dalam DeFi melalui produk dan layanan berkualitas tinggi. 

 

Sistem rujukan Biswap memungkinkan pengguna untuk mengundang orang lain dan menerima biaya rujukan dari farm, launch pool, swap, dan lotere. Produk inti Biswap mencakup fungsi DEX standar seperti AMM, kolam likuiditas, yield farming, pasar NFT, dan peluncuran IDO.

 

Biswap diperkenalkan ke publik pada tahun 2021 dan mencantumkan total 27 anggota tim di laman resmi mereka. Seluruh tim bersifat pseudonim dan disajikan di situs hanya dalam bentuk avatar komik. CEO-nya adalah “EK”, seorang veteran kripto yang dilaporkan memiliki tujuh tahun pengalaman di bidang ini. 

 

Hampir setiap anggota tim Biswap mencantumkan beberapa tahun pengalaman di bidang masing-masing meskipun tidak ada rincian yang disediakan. Biswap tidak menyebutkan investor mana pun yang mungkin dimilikinya.

 

Cara Kerja Biswap

 

Mengenal Biswap: Pengertian, Cara Kerja, dan Fitur Uniknya

 

Mengutip bingx.com, cara kerja Biswap adalah dengan menggunakan model automated market maker (AMM) untuk memfasilitasi perdagangan di platform tersebut. Hal itu berarti bahwa pengguna tidak perlu bergantung pada buku pesanan terpusat untuk melakukan perdagangan kripto. 

 

Sebaliknya, Biswap menggunakan kolam likuiditas untuk menyediakan likuiditas untuk pasangan perdagangan. Pengguna dapat menukar kripto mereka dengan berinteraksi dengan kolam likuiditas di platform.

 

Apa yang Membuat Biswap Unik?

Mengutip coinmarketcap.com, salah satu hal yang membuat Biswap unik adalah Biswap mencoba untuk mencolokkan diri dengan biaya transaksi yang lebih rendah dibandingkan dengan bursa terdesentralisasi lainnya. 

 

Sebagai contoh, Biswap mengeklaim hanya mengenakan biaya sebesar 0,1%; dibandingkan dengan 0,25% di Pancakeswap; 0,3% di Mdex, Apeswap, dan bursa terdesentralisasi BSC lainnya. 

 

Sebanyak 0,05% dikembalikan kepada penyedia likuiditas sebagai imbalan dan 0,05% digunakan untuk pembakaran token BSW. 

 

Biswap berhak untuk meningkatkan biaya ini di masa depan dan menambahkan alokasi untuk tim. Namun, Biswap berjanji untuk tetap menjaga agar biayanya lebih rendah dari rata-rata industri.

 

Pengguna dapat terlibat dalam penambangan biaya transaksi, artinya mereka dapat menerima hingga 90% dari biaya swap sebesar 0,1%, bergantung pada pasangan perdagangan. Selain itu, mereka dapat menyediakan likuiditas ke kolam dan mendapatkan imbalan farming BSW. 

 

Fitur penting lainnya dari Biswap adalah pasar NFT-nya yang memungkinkan pengguna untuk membeli NFT menggunakan empat kripto, yaitu BNB, USDT, BUSD, dan WBNB. 

 

Adapun lotere Biswap menjadi keunikan lainnya dari Biswap. Perlu diketahui, lotere Biswap adalah lotere di mana pengguna dapat memenangkan “hadiah BSW substansial” dengan berpartisipasi. Setiap pengguna dapat membeli jumlah tiket yang tidak terbatas, dengan 80% dikembalikan ke kolam hadiah.

 

Biswap juga memiliki NFT bernama NFT Earn yang terdiri dari NFT Launchpad, NFT Staking Pool, NFT Boost, dan NFT Level Upgrade. Pengguna dapat membeli “Robi NFT” dan menyimpan atau meningkatkannya untuk mendapatkan keuntungan.

 

Terakhir, Biswap menyediakan IDO Launchpad yang memungkinkan proyek blockchain lain meluncurkan token mereka melalui Biswap. 

 

DEX ini mengeklaim memiliki lebih dari 300.000 pengguna DEX aktif dan memberikan insentif kepada proyek-proyek baru untuk berpartisipasi dengan program insentif sebesar $10.000.000.

 

Roadmap Biswap 

Mengutip docs.biswap.org, rencana pengembangan Biswap mencakup berbagai rilis dan aspek pertumbuhan proyek. Seluruh tim Biswap mendekatinya dengan tanggung jawab. 

 

Biswap sendiri melakukan perencanaan strategis, mengumpulkan pendapat komunitas, dan menganalisis visi semua pemangku kepentingan proyek. Setelah melakukan riset pasar kripto, tren saat ini dan potensial, volatilitas, dan perubahan yang cepat, tim fokus pada DEX. 

 

Tujuan Biswap adalah memberikan pengalaman yang unik di antara DEX di Jaringan BNB kepada penggunanya. Setelah Quarter 2 (Q2), tim Biswap akan melakukan tinjauan terhadap Rencana Pengembangan. Bergantung pada kondisi pasar dan permintaan komunitas, rencana untuk Q3—Q4 dapat disesuaikan.

 

Mengenal Koin Asli Biswap (BSW)

Token asli dari Biswap adalah BSW. Pasokan maksimum BSW adalah 700.000.000, dengan tingkat emisi BSW saat ini sebesar 16 BSW per blok.

 

BSW adalah token utilitas yang mendukung ekosistem Biswap dan memfasilitasi kegiatan yang ditawarkan di platform. Token BSW menggerakkan model insentivasi Biswap dan berfungsi sebagai imbalan untuk partisipasi dalam jaringan.

 

Mengenal Fitur Biswap Decentralized Exchange (DEX) 

 

Mengenal Biswap: Pengertian, Cara Kerja, dan Fitur Uniknya

 

Mengutip academy.binance.com, bursa Biswap memungkinkan pengguna untuk melakukan perdagangan token yang diterbitkan di Jaringan BNB dengan biaya perdagangan sebesar 0,2%. Seperti platform AMM lainnya, Biswap tidak memiliki buku pesanan untuk mencocokkan penjual dan pembeli. 

 

Sebaliknya, pengguna melakukan perdagangan di kolam likuiditas. Likuiditas disediakan oleh penyedia likuiditas, yang diberi insentif dengan token Kolam Likuiditas (atau token LP) untuk berkontribusi pada kolam-kolam tersebut.

 

Penyedia likuiditas dapat menggunakan token LP untuk mendapatkan bagian dari biaya perdagangan atau menyetorkan mereka di pertanian Biswap. Mereka dapat menghapus likuiditas dan mengambil bagian mereka dari kolam kapan saja.

 

Perlu diingat bahwa menyediakan likuiditas melibatkan risiko finansial karena penyedia likuiditas tunduk pada kerugian impermanent. Pastikan kamu menyadari semua pro dan kontra menyediakan likuiditas sebelum mengambil tindakan. Berikut ini fitur-fitur Biswap DEX, yaitu:

 

1. Fee Rewards

Untuk mendorong pertukaran di platformnya, Biswap mengganti biaya transaksi kepada pengguna dalam bentuk BSW. Ketika kamu melakukan pertukaran di Biswap, ada biaya perdagangan sebesar 0,2%. Hingga 50% dari biaya perdagangan akan dikirimkan ke saldo “Fee Return” kamu dalam bentuk token BSW.

 

2. Farming & Staking

Pengguna dapat menyetorkan token LP di Biswap Farms dan melakukan staking untuk mendapatkan imbalan BSW. Beberapa token LP paling populer adalah:

 

  • BNB – BSW LP
  • BNB – BUSD LP
  • BNB – USDT LP
  • BUSD – USDT LP
  • ETH – BTCB LP

 

Pengguna juga dapat melakukan staking pada token BSW mereka di Launchpool. Halaman Analisis Biswap menyediakan informasi lebih lanjut tentang jaringan tersebut.

 

3. Lotere

Pengguna dapat berpartisipasi dalam Lotere Biswap dan memenangkan hadiah BSW dengan membeli tiket lotere menggunakan BSW.

 

4. NFT Marketplace

Pengumpul seni digital dan penggemar NFT dapat menggunakan BSW untuk melakukan perdagangan NFT di Pasar NFT Biswap. Manfaat yang ditawarkan oleh Pasar NFT Biswap meliputi:

 

  • Biaya komisi rendah: Dengan biaya komisi sebesar 1%, saat ini biaya komisi ini adalah yang terendah di Jaringan BNB.
  • Lelang NFT eksklusif: Peserta lelang dapat memperoleh 5% dari selisih harga antara penawaran mereka sendiri dan penawaran terdekat berikutnya.
  • Koleksi NFT Biswap yang Unik: Jika kamu berhasil membeli NFT dari Koleksi NFT Biswap maka kamu dapat menyetorkannya di Kolam Staking NFT (NFT Staking Pool).
  • Dapatkan “Robi Boosts” saat kamu membeli atau menjual di Pasar NFT Biswap: “Robi Boosts” memungkinkan pengguna untuk mendapatkan lebih banyak di kolam Staking NFT. Ketika transaksi NFT selesai, pembeli dan penjual menerima bagian yang sama dari biaya komisi dalam “Robi Boosts”.

 

5. NFT Launchpad

Robot kripto virtual dapat dibeli sebagai NFT Robbies di Peluncur (Launchpad) NFT Biswap. Setiap NFT Robbies memiliki jumlah “Robi Boosts” yang acak. Semakin tinggi “Robi Boosts”, semakin tinggi harga yang dapat diperoleh dan imbalan yang dapat diperoleh di Kolam Staking NFT.

 

6. NFT Staking Pool

Pengguna dapat melakukan staking NFT Robbies melalui Kolam Staking NFT Biswap. Imbalan dalam Kolam Staking NFT bergantung pada seberapa banyak “Robi Boosts” yang dimiliki NFT kamu.

 

7. Biswap Referral Program

Pengguna yang membantu mengembangkan komunitas Biswap juga dapat memperoleh imbalan BSW. Dengan menggunakan program rujukan tiga jenis yang unik, kamu dapat mengundang teman untuk mendaftar dan berpartisipasi demi imbalan rujukan. Dapatkan BSW ketika mereka ikut serta di:

 

  • Pertukaran: Kamu dapat memperoleh hingga 20% dalam imbalan rujukan setiap kali referensi kamu melakukan pertukaran di Bursa Biswap.
  • Farms & Launchpools: Kamu dapat memperoleh 5% dari pendapatan referensi kamu dari pertanian (farms) dan launchpool. Imbalan rujukan kamu akan siap untuk penarikan setelah referensi kamu menarik token BSW ke dompet mereka.
  • Lotere: Jika referensi kamu membeli tiket lotere maka kamu sebagai pemberi referensi akan menerima 2% dari jumlah yang dihabiskan sebagai imbalan rujukan.

 

Bagaimana Jaringan Biswap Diamankan?

Mengutip coinmarketcap.com, BSW adalah token BEP-20 di Binance Smart Chain (BSC). BSC menggunakan mekanisme konsensus proof-of-stake (PoS). Sebanyak 21 validator terpilih setiap 24 jam untuk memvalidasi transaksi dan menjaga keamanan teknologi blockchain

 

Validator harus melakukan staking Binance Coin (BNB) dengan Binance dalam jumlag tertentu untuk memenuhi syarat. Biswap juga memiliki program hadiah bug. Kamu dapat memperoleh antara $10 hingga $100.000 untuk melaporkan bug, bergantung pada tingkat keamanan isu tersebut.

 

Bagaimana Cara Menghubungkan MetaMask ke Biswap?

Mengutip academy.binance.com, ada beberapa langkah untuk menghubungkan MetaMask ke Biswap. Pertama, hubungkan dompet MetaMask kamu ke BNB Smart Chain. 

 

Setelah terhubung ke jaringan BNB, pergi ke halaman utama Biswap dan klik tombol Connect Wallet (“Hubungkan Dompet”)

 

Pastikan kamu beralih dari jaringan Mainnet Ethereum ke BNB Smart Chain. Setelah menghubungkan dompet kamu ke Biswap, kamu akan dapat menjelajahi seluruh ekosistem Biswap untuk mengakses semua produk Biswap.

 

Cara Yield Farming Biswap dengan Mudah

Dengan menggunakan yield farming di Biswap, kamu dapat menyimpan sementara token milikmu untuk secara otomatis menghasilkan bunga. Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara melakukan yield farming di Biswap Finance, yaitu:

 

1. Persiapkan Dompet Kripto

Untuk dapat menggunakan Biswap, kamu perlu membuat dompet kripto yang kompatibel dengan BNB Chain. Setelah itu, kamu harus mengisi dompet dengan beberapa aset kripto BNB dan BSW. Pastikan kamu melakukannya sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

 

2. Akses Biswap

Pada langkah kedua, kunjungi situs www.biswap.org dan klik tombol Connect Wallet. Kemudian, pilih dompet yang ingin kamu hubungkan, seperti Metamask atau Coinbase. 

 

Setelah itu, kamu akan diminta untuk memberikan izin agar dompet terhubung ke Biswap. Klik Connect dan kamu akan masuk ke platform Biswap.

 

3. Peroleh Token Liquidity Provider (LP) BNB-BSW

Langkah selanjutnya, akses bagian penyedia likuiditas atau liquidity provider di Biswap Finance, lalu klik Liquidity. Setelah itu, klik Add Liquidity+ dan ubah kripto pertama menjadi BNB dan kripto kedua menjadi BSW.

 

Kemudian, masukkan jumlah BNB atau BSW yang ingin kamu staking. Karena kamu perlu melakukan staking dengan jumlah yang sama dari kedua token untuk menyediakan likuiditas dalam bursa, jumlah yang setara dari token lain akan dihitung dan dimasukkan secara otomatis.

 

Sekarang, klik Approve BSW dan konfirmasi pop-up yang muncul di layar. Perlu diingat, kamu sebaiknya tidak melakukan staking semua token BNB secara sekaligus karena ada biaya di jaringan yang harus dibayar menggunakan BNB.

 

Berikutnya, klikSupply dan lakukan konfirmasi pada dompet kripto kamu. Jika kamu telah melewati seluruh tahapan ini maka kamu dapat menggunakan token LP yang kamu miliki untuk farming dan memperoleh bunga tambahan.

 

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, Biswap adalah protokol DeFi (Decentralized Finance) yang menawarkan berbagai layanan, di antaranya pertukaran terdesentralisasi (DEX), farming, staking, NFT marketplace, dan fitur lainnya. 

 

Dalam ekosistem Biswap, token utamanya adalah BSW yang memberikan insentif kepada pengguna untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan. Biswap sendiri memanfaatkan Binance Smart Chain untuk memberikan kecepatan transaksi yang tinggi dengan biaya yang rendah. 

 

Lebih jauh, penting bagi pengguna untuk memahami risiko yang ada dalam berbagai kegiatan di Biswap, di antaranya yield farming, staking, dan perdagangan (trading) kripto secara umum. Hal itu karena pasar kripto dapat sangat volatil dan perubahan harga dapat berpengaruh terhadap nilai portofolio secara signifikan.

 

Maka dari itu, sebelum berpartisipasi, sangat disarankan untuk melakukan riset yang cermat, memahami mekanisme setiap layanan, dan hanya menggunakan dana yang bersedia diinvestasikan. 

 

Yuk Investasi Aset Crypto di INDODAX dengan Fitur Staking (EARN)

Nah, sekarang kamu sudah memahami apa itu Biswap dan pendirinya, cara kerjanya, apa yang membuatnya unik, roadmap-nya, hingga fiturnya.

 

Selanjutnya, apabila kamu berminat untuk investasi aset crypto maka ada baiknya kamu memilih Indonesia crypto exchange yang aman dan tepercaya di INDODAX.

 

Adapun di INDODAX saat ini ada fitur yang bernama staking crypto ataupun crypto earn. Sebagai pengingat kembali, fitur staking crypto pada dasarnya memungkinkan kamu untuk mengamankan aset kripto milikmu dengan cara serupa seperti menyimpan dana di rekening tabungan.

 

Aset kripto yang dikunci melalui fitur INDODAX Earn ini akan memberikan imbalan, mirip dengan bunga yang diperoleh dari tabungan.

 

Sebagai disclaimer, trading kripto memiliki risiko yang tinggi dan pasar kripto yang cenderung fluktuatif. Maka dari itu, keputusan untuk terjun dalam aktivitas trading kripto harus berdasarkan pemahaman yang mendalam tentang pasar kripto.

 

Terkait hal itu, penting untuk melakukan riset dan mempelajari seluk-beluk dunia kripto sebelum mengambil keputusan investasi aset kripto. 

 

Penting untuk dicatat bahwa fitur staking kripto INDODAX Earn ini dapat diakses dengan mudah, kapan saja, dan di mana saja, baik melalui Aplikasi Mobile maupun desktop di situs web INDODAX, yakni pada halaman INDODAX Earn staking kripto.

 

Ayo, segera berinvestasi aset kripto sekarang juga dengan fitur staking crypto INDODAX Earn!

Apakah artikel ini membantu?

Beri nilai untuk artikel ini

You already voted!
Artikel Terkait

Temukan lebih banyak artikel berdasarkan topik yang diminati.

INDODAX Market Signal 26 Februari 2024
26/02/2024
INDODAX Market Signal 26 Februari 2024

Pada minggu terakhir di bulan Februari ini, jajaran aset kripto

26/02/2024
10 Prinsip Ekonomi Menurut Gregory Mankiw: Contoh & Cirinya
26/02/2024
10 Prinsip Ekonomi Menurut Gregory Mankiw: Contoh & Cirinya

Kehidupan sehari-hari selalu terkait erat dengan konsep-konsep dasar ekonomi yang

26/02/2024
Balancer (BAL) dalam Dunia Crypto, Fitur & Cara Membelinya
23/02/2024
Balancer (BAL) dalam Dunia Crypto, Fitur & Cara Membelinya

Seiring berjalannya waktu, perkembangan dalam dunia cryptocurrency atau aset kripto

23/02/2024